Pinjaman Modal Usaha Syarat Mudah



Setiap bentuk usaha tentu membutuhkan modal. Modal ini terbagi menjadi 2. Pertama adalah modal awal dan yang kedua modal untuk memperbesar usaha (scaling up). Tak pelak pinjaman modal usaha syarat mudah menjadi salah satu incaran bagi para pelaku bisnis terlebih yang masih berskala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Namun meski pinjaman tersebut hadir dengan syarat yang mudah, dan bertujuan untuk memperbesar skala usaha yang digeluti, ada baiknya pertimbangan-pertimbangan khusus harus tetap menjadi patokan seorang pelaku usaha. Alasannya seperti berikut ini. 

1. Pinjaman Adalah Beban Finansial
Mungkin saja setelah mendapatkan pinjaman maka sejumlah uang sudah bisa dikantongi. Memperoleh tambahan uang, terkadang menjadikan seseorang kurang jeli. Hal ini bermakna juga bahwa pinjaman yang diambil salah sasaran. 

Karena itu ada baiknya meski pinjaman sudah didapat dan dengan syarat yang mudah sekalipun, tetapi harus dipandang bahwa segala bentuk pinjamana adalah beban finansial yang harus dikembalikan pada kreditur saat jatuh tempo. 

2. Hitung Kebutuhan Apa Saja Yang Perlu Didanai
Setiap debitur yang cerdas sudah memperhitungkan matang-matang dari segi finansial agar pinjaman jangan sampai tidak tepat guna. 

Setiap pos pengeluaran sudah dipetakan sedari awal sebelum mengajukan pinjaman. Hal ini tujuannya agar uang pinjaman tidak salah sasaran dan menghambat laju pertumbuhan usaha kedepannya. 
Dua hal tadi perlu dipahami agar pinjaman modal usaha yang didapatkan tak salah sasaran dalam pemanfaatan. 

Tata Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Kemudahan syarat bukan berarti tanpa syarat atau bebas dari beban administrasi. Ada beberapa kebutuhan sekaligus prasyarat yang secara kolektif harus diperhatikan oleh seorang calon debitur. 
Yang pertama tentu saja profil usaha dari si calon debitur usaha itu sendiri. 

Profil usaha ini mencakup skala atau besaran usaha yang digeluti calon debitur. 
Menurut UU No 20/2008, yang tergolong pengusaha digolongkan menggeluti usaha mikro bila memiliki besaran kekayaan sebanyak Rp 50.000.000, sedangkan bila kekayaan bersihnya mencapai Rp 50.000.000 hingga Rp 500.000.000 tergolong pengusaha kecil. 

Bila kekayaan bersih yang dimiliki sudah mencapai kisaran angka di atas Rp 500.000.000 hingga Rp 10 Milliar maka pengusaha tersebut sudah tergolong skala menengah. 

Membedakan skala usaha ini penting. Karena dengan terlebih dahulu sudah membedakan skala usaha maka akan berkaitan dengan syarat-syarat yang harus dilengkapi saat mengajukan pinjaman. 

Bagi pengusaha Mikro, syarat yang harus dipenuhi sebenarnya tidaklah terlalu banyak. Cukup dokumen-dokumen pelengkap seperti KTP, dan KK serta Surat Nikah bagi calon debitur yang sudah menikah. 

Untuk bukti memiliki usaha, cukup bukti SKU atau Surat Keterangan Usaha yang diterbitkan dari Desa atau Kelurahan tempat domisili dan menjalankan usahanya. Yang harus menjadi catatan, besaran pengajuannya biasanya berkisar Rp 50 juta kebawah. Untuk pengusaha skala kecil dan menengah jumlah pinjaman yang diajukan bisa lebih besar dari Rp 50 juta. Hanya saja persyaratan tambahan perlu diajukan juga. 

Persyaratan tambahan ini diantaranya adalah : NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Usaha dan Perdagangan) serta SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha). Sampai disini tentu bisa diketahui bukan bahwa untuk skala UMKM syarat-syarat pengajuan pinjaman yang diperlukan tidaklah berbelit. 

Hanya saja, pertimbangan selanjutnya adalah akan mengajukan ke lembaga keuangan seperti apa.  Untuk itu, tips terbaik adalah mengakses informasi melalui portal finansial terpercaya CekAja.com agar memperoleh gambaran pinjaman modal usaha terbaik dengan syarat mudah. 

Tak hanya informasi, perbandingan produk pinjaman yang bisa ditemukan di CekAJa.com, jadi segera klik https://www.cekaja.com/small-business-banking/ sekarang juga untuk menemukan pinjaman modal terbaik sesuai kebutuhan usaha anda. 


6 comments

  1. Terimakasih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat ini Mbak.

    ReplyDelete
  2. Bisa menjadi solusi ketika ada keperluan mendadak nih ya Mbak.

    ReplyDelete
  3. Sekarang memang semuanya serba mudah ya Mbak, berkat teknologi yang semakin canggih.

    ReplyDelete
  4. rekomendasi banget ya Mbak, solusi aman deh pokoknya.

    ReplyDelete
  5. Ternyata cukup mudah ya Mbak cara mendapatkannya. Terimakasih banyak informasinya Mbak.

    ReplyDelete
  6. Informasi yang sangat bermanfaat nih, terimakasih banyak ya Kak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com