Resolusi Tahun 2020 : Makin Langsing, Makin Sehat

Dear friends,

Apa Resolusimu?

Tahun 2019 akan segera berakhir. Dalam hitungan hari, kita akan meninggalkan tahun 2019 dan memasuki tahun yang baru, yaitu tahun 2020. Sudahkan kalian membuat resolusi untuk tahun 2020 yang akan datang? Sudahkan kalian membuat resume tentang apa saja yang telah dilakukan atau tercapai tahun 2019 ini? 

Jangan-jangan resolusi tahun depan adalah menyelesaikan resolusi tahun ini. LOL.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya selalu membuat coretan-coretan di jurnal saya yang berisi harapan atau tujuan yang ingin saya capai. Tujuannya adalah supaya kita terpacu dan semangat untuk mewujudkannya ketika kita melihat catatan-catatan itu. Jangan pernah meremehkan kekuatan catatan karena di sanalah ada afirmasi positif yang akan mempengaruhi alam bawah sadar kita, sehingga apapun yang kita lakukan akan mengarah kepada tujuan yang telah kita tuliskan. ((bleh, saya udah mirip motivator belum?)). LOL.


Kalau dilihat-lihat, resolusi saya dari tahun ke tahun secara garis besar hampir sama. Seputar pekerjaan, kesehatan, keuangan, gitu-gitu lah.

Tahun lalu, saya punya resolusi untuk hidup lebih sehat dan memiliki tubuh yang lebih langsing dan sehat. Alhamdulillah tahun ini, sedikit demi sedikit saya menerapkannya. Badan saya pun berangsur mengalami penurunan berat badan. Dari yang semula 92 kg, hingga saat ini berkisar 74 kilogram. Hampir semua teman saya mengatakan bahwa performa saya makin membaik akhir-akhir ini. Mereka bilang saya makin terlihat sehat dan lebih fresh.

dokpri. Bandingkan penampilan saya dari tahun ke tahun

Puncaknya adalah, ketika saya memposting sebuah foto yang merupakan kompilasi foto saya dari tahun 2014, 2017 dan 2019. Teman-teman saya sepakat mengatakan bahwa saya terlihat lebih fresh dan lebih ramping dari tahun-tahun sebelumnya.

Resolusi yang Tercapai

Alhamdulillah beberapa resolusi yang saya tuliskan akhir tahun lalu bisa tercapai tahun ini. Tahun lalu saya menuliskan ingin hidup lebih sehat dan kembali berolahraga.  Bulan April lalu, saya mulai mengatur pola makan dengan mengurangi konsumsi nasi, mengurangi gula, mengurangi gluten dan banyak makan sayur serta buah. Saya juga menyelingi dengan melakukan diet IU 5 hari dalam sebulan. Hasilnya? Dalam waktu 4 bulan berat badan saya menyusut hingga 14 kilo.

Saat melakukan diet IU saya hanya makan 1 buah apel untuk sarapan, ubi rebus untuk makan siang dan milkshake untuk makan malam serta banyak minum air putih saja. Namun, saya tidak merekomendasikan diet ini karena efeknya yang membuat tubuh menjadi lemas sepanjang hari. Kenapa diet itu tetap saya lakukan? Karena saya ingin mempercepat proses penurunan berat badan saya ((jangan ditiru ya, temans)).

dokpri. Menu diet IU

Kalau dulu, saya sering banget jajan "junk food", sekarang tidak lagi. Saya sudah mulai memilih makan makanan sehat. Kini saya lebih sering makan makanan yang kaya akan serat seperti sayur, buah serta kacang-kacangan. Usia yang makin bertambah dan keinginan untuk hidup lebih sehat dan berkualitas, membuat saya berubah.

Dengan tubuh yang kini lebih sehat dan lebih ringan tidak serta merta membuat saya berhenti menerapkan pola hidup sehat. Saya pastikan ini akan berjalan terus hingga masa yang akan datang.

pict source. pinterest. Seger banget ya

Resolusi hidup sehat akan selalu ada dan tertulis sepanjang tahun, sebagai pengingat diri bahwa tubuh kita punya hak untuk dirawat dan diperhatikan.

Resolusi kedua yang tercapai tahun ini adalah bisa kerja sambil traveling ke beberapa kota di Indonesia. Sekurangnya 17 kota yang saya kunjungi dan sebagian dari kota-kota tersebut adalah kota impian saya. Saya bersyukur sekali atas nikmat ini. Selain kesehatan, nikmat lain yang saya rasakan adalah adanya kesempatan.

Kesempatan itu tak akan saya sia-siakan hingga kapanpun. Kapan lagi bisa kerja sambil traveling? Saya pikir, kesempatan ini datang karena saya sehat dan produktif. Coba kalo saya nggak sehat, mana ada kesempatan datang pada saya?

dok. Sembutopia

Makanya, saya kini rajin mencoba membuat makanan atau minuman sehat sendiri. Membuat ramuan minuman sehat, membuat salad sayur, membuat jadwal untuk olahraga dan meluangkan waktu untuk istirahat.

Selain itu, saat ini saya sedang mencoba istiqomah untuk olahraga bareng teman. Kalau ada teman yang satu tujuan, pastinya lebih semangat kan.

Jadi, resolusi saya di tahun 2020 mendatang tetap menjalankan pola hidup sehat, agar tubuh semakin langsing dan semakin sehat.

Nah, bagaimana dengan kalian? Apa resolusi kalian di tahun depan, teman-teman? Boleh dong dishare di kolom komentar!


12 comments

  1. Wah kerennya Mbak, bisa susut banyak banget! Mbak Ita makin kece aja nih dari hari ke hari. Aku juga pengen lah punya tubuh sehat, semoga istiqomah ya Mbak kita berdua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..alhamdulillah mba Raan. Emang kudu istiqomah ini, aku masih sering cheat kok

      Delete
  2. Wah resolusinya untuk menurunkan berat badan tercapai nih ya Mbak. Selamat hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Nisa, hihi. Doakan semoga istiqomah yaa

      Delete
  3. Wah semoga di tahun 2020 ini bisa lebih langsing lagi nih ya Mbak aamiin hihi

    ReplyDelete
  4. Makan makanan yang sehat dan olahraga ini memang sangat bermanfaat nih ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dek, bermanfaat banget buat kesehatan kita

      Delete
  5. Resolusi saya di tahun 2020 juga maunya lebih langsing lagi nih Mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangat buat hidup sehat biar bisa langsing

      Delete
  6. Kalau kita membuat resolusi memang sudah seharusnya bisa mewujudkannya ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, resolusi juga bikin kita lebih semangat menjalani hidup

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com