Yuk Lebih Dini Cegah Kanker Payudara Dengan Mendeteksi Penyebabnya!

Dear  friends,

Segala kejadian baik dan buruk pasti ada sebabnya. Meski dalam kasus tertentu, ada sejumlah kejadian istimewa yang terjadi begitu saja sesuai kehendak-Nya. Begitu pula dengan kanker payudara. Kecil kemungkinan bagi penyakit ini untuk tiba-tiba hinggap di tubuh manusia, jika tidak disulut oleh faktor penyebab kanker payudara. Makanya, kewaspadaan dan pencegahan harus selalu kita tingkatkan agar terhindar dari penyakit yang merepotkan ini. 



Dikatakan merepotkan, sebab kanker payudara merupakan salah satu dari penyakit paling mematikan yang bisa menyerang pria maupun wanita. Setiap tahunnya, terjadi jumlah peningkatan yang signifikan terkait jumlah pengidap kanker payudara. Pengobatannya pun tinggi biaya, serta harus dilalui dengan proses yang menyakitkan. 

Maka alangkah baiknya jika kita pandai-pandai melakukan pencegahan, dengan menghindari segala faktor yang menyebabkan kanker payudara. Adapun hal-hal yang menjadi penyebab kanker payudara akan dijelaskan dalam uraian berikut ini. 

1. Faktor Usia
Seperti hukum alam yang berlaku umum, semakin tua usia seseorang, semakin sulit pula proses regenerasi sel-sel tubuhnya. Dampaknya, tubuh secara perlahan akan melemah dan bisa jadi rentan terdampak sejumlah penyakit. Ketika usia terus bertambah, peluang kanker payudara hinggap juga terbuka lebar. Terutama bagi kaum hawa, kanker payudara bisa menyerang, karena disulut oleh pertambahan usia yang semakin menua. 

2. Paparan Radiasi
Seseorang yang pernah terkena menjalani radioterapi disebut-sebut rentan terserang kanker payudara. Ini disebabkan dalam proses tersebut, tubuh terkena paparan radiasi secara intens sehingga membuka peluang munculnya kanker payudara.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat
Seseorang yang sering mengonsumsi alkohol akan rentan diterpa berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker payudara. Kebiasaan buruk lainnya yang menyulut kanker datang adalah merokok dan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung pengawet. Jarang olahraga juga memicu tubuh kedatangan ragam penyakit berbahaya, termasuk kanker payudara.  

4. Faktor Keturunan
Jika salah satu anggota keluarga dekat kita memiliki riwayat penyakit kanker payudara, maka risiko terserang kanker juga bisa berpeluang besar menimpa diri kita. Ini disebabkan sel kanker yang bisa bermutasi pada gen BRCA1 dan BRCA2 sehingga dapat membuat kanker payudara dapat diwariskan dengan mudah kepada keturunan. 

5. Wanita Dengan Kondisi Tertentu
Wanita dewasa yang berusia di atas 30 tahun dan belum pernah hamil atau menyusui disebut-sebut berisiko tinggi terkena kanker payudara. Sebaliknya, pengalaman hamil dan menyusui menandakan organ reproduksi berfungsi sehingga risiko terkena kanker payudara lebih rendah. Di sisi lain, wanita yang mengalami menstruasi pertama di usia yang terlalu muda, yakni di bawah 12 tahun juga rentan terkena kanker payudara beberapa tahun kemudian. 

Pada intinya, terdapat beberapa faktor penyebab kanker payudara yang mungkin saja bisa diantisipasi, tapi bisa juga tidak. Makanya, kewaspadaan harus selalu diterapkan, tapi juga jangan merasa khawatir berlebihan. 

Untuk mengantisipasi serangan kanker payudara yang terkadang tak terduga, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter secara berkala. Jika mendapati ada gejala aneh di area payudara, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan mengarahkan Anda untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Misalnya dengan melakukan pemeriksaan sendiri (SADARI), klinis (SADANIS), atau mammografi (tes pencitraan menggunakan sinar X).

Demikianlah artikel tentang penyebab kanker payudara. Mari selalu simak https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/ agar pengetahuan kalian mengenai kanker payudara bertamba. 


3 comments

  1. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    ReplyDelete
  2. ini artikel bagus banget dan harus di baca buat perempuan perembuan...

    ReplyDelete
  3. Ulasannya sangat lengkap dan sangat bermanfaat sekali..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com