Harga Genset Kecil, Tips Keamanan, dan Cara Pengoperasiannya



Dear friends,

Genset merupakan benda yang mampu merubah bahan bakar menjadi energi listrik. Genset sendiri sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendukung bisnis ataupun hanya untuk kebutuhan rumah tangga. 

Dari kebutuhan konsumsi genset, maka produsen menciptakan jenis genset dengan harga genset yang juga berbeda. Harga genset besar tentunya berbeda dibandingkan harga genset kecil.  Perbedaan harga genset itu ditentukan oleh patokan kapasitas dalam genset tersebut. Bukan hanya itu saja, perbedaan harga genset kecil bisa juga karena memiliki tipe dan merek yang berbeda. 

Secara umum, harga genset kecil cukup terjangkau. Mulai dari yang hagranya kurang dari Rp1 juta sampai yang berkisar Rp 1 jutaan juga banyak tersedia. Kalian dapat coba melihatnya langsung di Bhinneka.com.

Tips Keamanan Menggunakan Generator Set

Bagi kalian yang ingin membeli genset baik itu berukuran kecil ataupun besar tentunya sama-sama perlu tahu bagaimana cara aman menggunakan genset. Oleh karena itu, di bawah ini ada tips aman menggunakan generator set,  sebagai berikut : 

1. Melakukan pengoperasian genset ditingkat permukaan dan genset tidak mengalami atau terkena kelembapan berlebih. Apalagi terkena kotoran, debu, beserta uap yang korosif. 
2. Dilarang melakukan pengisian tangki bahan bakar genset secara berlebih. Tentunya ini akan menimbulkan potensi berbahaya tersendiri. 
3. Jangan sampai kalian memasukkan bahan bakar dari genset disaat mesin sedang bekerja dan kondisi genset masih panas. Lebih baik kalian tunggu mesin genset dingin sebelum melakukan penambahan bahan bakar genset. 
4. Kalian perlu memperhatikan letak penyimpanan genset. Jangan sampai menempatkan generator set di tempat yang berbahaya seperti dekat dengan titik api. 
5. Kalian harus mematuhi segala yang telah tercantum di dalam buku pedoman.tujuannya supaya saat pengoperasian genset berlangsung dengan aman.
6. Di sekitar genset harus tidak ada benda yang berbahaya atau berpotensi untuk terbakar. Setidaknya pada posisi 5 meter di sekitar genset harus aman sehingga potensi bahaya dapat dicegah.
7. Melakukan pemeriksaan secara berkala. Bisa juga cari service genset jika mengalami gangguan. 
8. Jangan membebani genset secara berlebihan. Perlu kalian ketahui bahwa jangan sampai mengoperasikan peralatan (genset) diluar batasnya. Ikuti petunjuk yang benar saat mengoperasikan genset dan pahami kapasitas genset tersebut.  
9. Jangan mengotak-atik keadaan genset pada saat mesin beroperasi. 

Cara Mengoperasikan Genset :

Setelah mengetahui beberapa tips aman menyalakan genset, maka kali ini akan membahas mengenai cara mengoperasikan genset. Nah, berikut ini beberapa tipsnya:   

1. Membaca buku pedoman penggunaan genset
Ketika anda membeli genset tentunya akan mendapatkan pedoman di dalamnya. Tentunya dengan memahami buku petunjuk penggunaan genset akan memudahkan anda dalam menggunakan atau mengoperasikan genset. 

2. Mengetahui bahan bakar genset
Salah satu cara untuk mengoperasikan genset yang anda beli adalah dengan mengetahui bahan bakar yang digunakan. Dengan menyediakan bahan bakar tersebut, akan membuat mesin genset berjalan lancar. Bahan bakar genset tergantung jenis genset. Anda bisa mengetahui saat pertama kali hendak membelinya.

3. Pemeriksaan kondisi mesin
Lakukan pemeriksaan kondisi mesin secara rutin, baik memperhatikan kondisi Accu dan juga kondisi oli mesin. Sebelum genset dinyalakan, pastikan komponen tersebut tidak ada masalah. Kalau ada masalah, maka akan mempengaruhi perfoma genset. 

4. Memastikan saklar genset di posisi benar
Pastikan posisi saklar genset di posisi yang benar. Jangan memasukkan saklar genset di posisi yang tidak benar karena akan berakibat fatal.

Itulah teknis cara menyalakan genset. Benda yang satu ini memang perlu kehati-hatian saat menyalakannya, meskipun sebetulnya caranya juga mudah. 

Kalian dapat membeli genset secara online di Bhinneka.com. Harga genset kecil, mulai dari yang menengah hingga besar semuanya tersedia. Kalian juga dapat melihat spesifikasinya dengan lebih jelas. Jika ada yang kurang jelas, kalian pun dapat menghubungi customer service yang tersedia. 

Harga genset mini ukuran 1.000, 1.200 dan 2000 watt dapat ditemukan di toko online Bhinneka. Harga genset itu pun sangat bersaing akrena Bhinneka memiliki banyak supplier dari produsen genset terkenal. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan harga terbaik. 

Pembelian genset kecil online di Bhinneka terjamin aman. Sebab Bhinneka merupakan toko online yang selama ini begitu terkenal dan memiliki toko fisik di Jakarta dan Surabaya. Jika ada masalah, kalian pun bisa langsung menghubungi toko genset online terpercaya ini.


1 comment

  1. Wahhh saya baru dengar nih ada genset merek ini. Jadi penasaran pengen coba juga deh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com