Makan Buah dan Sayur, Apa Saja Manfaatnya?


Dear friends,

Awal minggu lalu, sebuah kabar duka mengejutkan kita semua. Seorang artis muda meninggal dunia secara mendadak diduga karena serangan jantung. Usianya masih muda. 40 tahun. Seusia saya. Terus terang berita itu membuat saya sedih sekaligus takut. Sedih karena saya ikut merasakan betapa beratnya beban duka si istri yang ditinggalkan. Takut karena si artis yang meninggal itu adalah seseorang yang memiliki gaya hidup sangat sehat. Dia adalah seorang yang rajin berolahraga, selalu menjaga asupan makanannya dan memiliki pola hidup yang sangat baik. 

Yang ada dalam pikiran saya, kalau dia yang sangat sehat aja bisa kena "heart attack", apalagi saya yang gaya hidupnya ngaco? Bahkan di usia 40 ini, saya baru mau muai berbenah. Baru mau mengatur kembali pola hidup saya, agar bisa selalu sehat. 

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga bagi seseorang. Bila tubuh sehat, kita akan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan bebas. Maka selagi sehat, manfaatkan saat-saat seperti ini untuk menjaganya. Apalagi saat ini berbagai jenis virus dan penyakit mulai bermunculan. Kita harus waspada dan melakukan antisipasi, jangan sampai virus dan penyakit ini menyerang tubuh kita. 

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, dipastikan kualitas hidup yang sehat dapat terjaga.

Sebenarnya menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, kita musti konsisten dalam melakukannya. Hal ini perlu dibiasakan, mulai dari hal kecil seperti istirahat dengan cukup dan olahraga secara teratur. 

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Olahraga secara Teratur



Olahraga tak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga mampu mencegah dan mengelola masalah kesehatan yang diderita, seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, hingga kanker. 

Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat olahraga tersebut, maka disarankan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Maka luangkan waktu selama setidaknya 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Berhenti Merokok

Bagi kalian yang merokok, disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok sedini mungkin. Rokok dapat membahayakan kesehatan kalian. Selain merokok, hentikan pula kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol demi kesehatan tubuh. 

Menjaga Kebersihan 

Cara menjaga kesehatan lainnya adalah dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar. Dengan begitu, kita akan terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Cobalah mengonsumsi aneka jenis sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka jenis kacang-kacangan, serta paprika. Sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 



Selain sayuran, aneka jenis buah juga sangat baik untuk kesehatan, seperti apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur. 

dokpri. cemilan tiap pagi

Sejak akhir tahun 2019 lalu, saya mulai rutin mengonsumsi buah-buahan, terutama apel. Saya memang tersugesti dengan ungkapan bahwa makan satu buah apel sehari bisa menjauhkan kita dari dokter. Artinya, jika kita rutin mengonsumsi apel, tubuh kita akan selalu sehat. 



Lalu, apa saja sih manfaat dari mengonsumsi buah dan sayur secara rutin?
  1. Melancarkan pencernaan
  2. Menurunkan risiko penyakit jantung
  3. Menurunkan risiko diabetes
  4. Menurunkan tekanan darah
  5. Menurunkan risiko kanker
  6. Menyehatkan mata
  7. Mencegah obesitas
  8. Menjaga imunitas tubuh
Begitu banyak manfaatnya makan buah dan sayur bagi kesehatan kita. Sebuah cara yang tidak mahal untuk menjaga kesehatan kita, bukan? Sehat tak harus mahal.  Tak harus pergi ke pusat kebugaran berbayar ataupun mengonsumsi makanan mahal. Jaga kesehatan dengan cara dan kondisi kita.

Ayo, mulai jaga kesehatan kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati. 


No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com