Aksi SIAP DARLING Hijaukan Kawasan Candi Gedongsongo

dokpri. Darling Squad bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation

Dear friends,

Hari Kamis 05/03/2020 lalu, saya bersama beberapa rekan blogger berkesempatan ikut aksi Siap Darling yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation di komplek percandian Gedongsongo. Saya hepi banget karena untuk kedua kalinya saya bisa ikutan aksi Siap Darling yang diadakan oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Aksi Siap Darling yang pertama bisa kalian baca di Aksi #SiapDarling bersama Mahasiwa Hijaukan Kawasan Candi Prambanan

Kali ini Bakti Lingkungan Djarum Foundation bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah berkomitmen untuk menghijaukan komplek candi Gedongsongo.

Ada sekitar 868 pohon dan semak yang ditanam di berbagai titik yang tersebar di komplek candi Gedongsongo melalui program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling). Bibit semak dan pohon yang ditanam di komplek candi Gedongsongo berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang berlokasi di Kudus. Jenis pohon yang ditanam pada aksi Siap Darling ini antara lain Hujan Mas, Bambu Jepang, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa dan Akar Wangi. 

dokpri. Para Darling Squad sedang melakukan penanaman pohon

Sebanyak 250 mahasiswa yang diajak pada kegiatan Candi Darling kali ini. Para mahasiswa ini berasal dari sejumlah universitas di Indonesia seperti Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta, UIN Walisongo Semarang, Universitas Negeri Semarang dan beberapa universitas lainnya.  

dokpri. Darling Squad sedang joget nanam

Oh iya, sehari sebelumnya sebanyak 50 Darling Squad mengikuti green camp di komplek candi Gedongsongo. Mereka mendirikan tenda di sekitar candi 4 dan mengikuti Focus Group Discussion (FGD) untuk beradu ide dan gagasan kreatif tentang bagaimana upaya untuk menyelamatkan lingkungan. Kalo ide dan gagasan yang mereka ajukan keren, bisa aja tuh mereka berkolaborasi dengan Bakti Lingkungan Djarum Foundation untuk bikin aksi penyelamatan lingkungan.

Setelah mengikuti FGD, 50 Darling Squad bergabung dengan 200 Darling Squad lainnya melakukan kegiatan penanaman semak dan pohon di komplek Candi Gedongsongo. Hal ini sesuai tujuan dari Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang ingin mengobarkan semangat kaum milenial yang merupakan generasi penerus bangsa untuk mencintai lingkungan dan menjaga kelestarian alam serta warisan sejarah.

dokpri. Vice President Director Djarum Foundation , FX. Supanji

Vice President Director Djarum Foundation FX. Supanji mengatakan bahwa Siap Darling menjadi media bagi generasi milenial yang peduli dan punya semangat besar untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dengan tindakan nyata yang menyenangkan. 

Harapannya, langkah aksi Siap Darling ini mampu menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan sehingga komplek Candi Gedongsongo semakin nyaman dan bisa menarik para wisatawan mampu menjadi obyek wisata unggulan di Semarang. 

Bakti Lingkungan Djarum Foundation memang concern terhadap situs-situs yang termasuk warisan budaya leluhur. Program Siap Darling ini telah melakukan penghijauan di komplek candi Prambanan, candi Ratu Boko, candi Ijo dan juga Kawah Ijen. Rencananya program ini akan berjalan hingga tahun 2025 mendatang dan menyasar ratusan candi di Indonesia meliputi candi-candi yang ada di Jawa, Sumatera, Bali hingga Kalimantan.

dokpri. Penanaman pohon bunga
Upaya Bakti Lingkungan DFjarum Foundation untuk melestarikan situs sejarah melalui program Siap Darling ini disambut positif oleh Kepala Balai Pelestarian Cagar  Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Sukronedi, S.Si., MA.  Program Siap Darling ini juga diyakini mampu menumbuhkan dan memupuk rasa cinta generasi milenial terhadap lingkungan dan warisan budaya leluhur, sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah dan juga merawat apa yang telah diwariskan para leluhur kepada kita.

Program Siap Darling di komplek percandian Gedongsongo tak hanya mengajak para Darling Squad tetapi juga Ahmad Abdul atau Abdul Idol untuk turut serta melakukan penanaman pohon. Abdul merasa senang dan bangga karena bisa melakukan aksi nyata dalam upaya pelestarian lingkungan.

dokpri. Abdul Idol turut serta menanam pohon
Hepi banget deh bisa ikutan program Siap Darling, karena bisa melihat secara langsung bagaimana antusiasnya  para Darling Squad yang sebagian besar merupakan generasi milenial melakukan aksi nyata melestarikan lingkungan.

Program Siap Darling ini memang bertujuan mendorong generasi milenial untuk tak sekedar peduli tetapi juga mau terlibat langsung untuk melakukan aksi nyata, bergerak bersama mengejar mimpi serta memperbaiki jejak kerusakan di bumi. Maka dari itu, di setiap kegiatannya, Siap Darling selalu mengajak mahasiswa untuk bergabung menjadi Darling Squad dan bersama-sama melakukan kegiatan pelestarian lingkungan dengan cara menanam pohon.

Nah, buat kalian para generasi milenaial yang ingin menjadi Darling Squad, masih terbuka kesempatan kalian untuk terlibat dalam upaya penyelamatan lingkungan melalui aksi Siap Darling. Jadilah generasi milenial yang peduli lingkungan, bikin aksi nyata untuk menyelamatkan lingkungan kalian dan lakukan pelestarian warisan sejarah dan budaya warisan leluhur agar bisa dinikmati juga oleh generasi penerus di masa yang akan datang.

Cara gabungnya gampang banget. Buka www.siapdarling.id   dan bergabunglah dengan ribuan Darling Squad di seluruh Indonesia yang akan selalu menebarkan aksi untuk bumi kita tercinta.

Mari lakukan aksi menyelamatkan bumi!

1 comment

  1. Barokallah ya bun, kita bisa ikutan melestarikan lingkungan dengan siap darling ini . Moga-moga lain kesempatan kita bisa ikut lagi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com