Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan


Dear friends,

Rambut rontok berlebihan pasti bikin kita kesel. Apalagi tiap nyisir rambut atau keramas, pasti adaa aja yang rontok. Kalau dibiarkan, pasti lama-lama akan botak kepalanya. Duh, jangan sampe deh. 

Bagaimanapun, tiap orang pasti menginginkan punya rambut yang sehat, indah dan bebas dari kerontokan. Namun, untuk mendapatkan rambut indah sesuai impian tidaklah mudah. Kita harus terlebih dulu mencari faktor penyebab terjadinya kerontokan rambut yang kita alami. Penyebab terjadinya kerontokan rambut diantaranya karena kehamilan, stres, pengaruh hormon, penyakit tertentu, obat-obatan, atau kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut yang berlebihan, kita bisa mencegahnya dengan melakukan beberpa cara di bawah ini :

Memijat Kulit Kepala Secara Teratur

Untuk perawatan rambut rontok bisa dilakukan dengan cara memijat kulit kepala menggunakan minyak hangat seperti minyak almond, minyak kelapa, atau minyak wijen secara teratur. Ini bisa membantu menghilangkan stres dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga bisa menstimulasi folikel rambut. Cara ini dipercaya bisa membantu menyingkirkan masalah seperti ketombe dan infeksi kulit kepala.

Mengonsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu yang dipercaya dapat memperkuat akar rambut. Misalnya seperti kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan asam lemak omega 3 yang dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kerontokan rambut.

Selain itu, makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti ikan salmon dan telur juga perlu dikonsumsi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan protein dalam makanan tersebut yang menjadi zat penyusun rambut  sehingga bila asupan protein cukup, struktur rambut akan semakin kokoh dan tidak mudah rontok. Konsumsi juga buah dan sayuran, hal ini juga membantu untuk mengatasi rambut rontok yang cukup efektif.

Tidak Menyisir Rambut Saat Basah

Sebisa mungkin kita tidak menyisir rambut ketika basah sehabis keramas. Hal ini akan menyebabkan rambut menjadi lemah ketika masih basah. Menyisir rambut saat basah justru akan melemahkan folikel rambut dengan mudah. Selain itu, jangan pula mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Biarkan rambut kering secara alami.

Hindari Stress

Stres bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kenaikan atau penurunan berat badan, penyakit diabetes, stroke, termasuk juga kerontokan rambut. Orang yang stres biasanya mengalami kerontokan rambut. Jadi, sebaiknya kamu menghindari stres. Caranya dengan melakukan berbagai kegiatan positif seperti berolahraga,  melakukan meditasi, rekreasi  bersama teman dan keluarga, atau melakukan apapun yang membuat kita merasa bahagia.

Menggunakan Produk yang Sesuai dengan Kondisi Rambut

Merawat rambut rontok menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi rambut sangat disarankan. Jangan sembarangan menggunakan produk yang tidak kita ketahui bahan-bahannya. Pilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut kita. Bila perlu, bantu dengan perawatan menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya atau daun mangkokan. Lakukan secara terus-menerus hingga kerontokan rambut mulai berkurang atau bahkan sehat kembali.

Menjaga dan merawat rambut yang mengalami kerontokan memang tidak mudah. Butuh ketelatenan untuk mengembalikan kondisi rambut kepada kondisi semula. Jika kita telaten merawatnya, bukan mustahil kita akan kembali memiliki rambut yang sehat, lebat dan tidak mudah rontok.





No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com