Ngeblog dan Manfaatnya buat Saya


Dear friends,

Ngeblog dan manfaatnya buat saya banyak banget. Sejak mulai ngeblog 10 tahun lalu, saya sudah mulai merasakan beberapa manfaatnya bagi saya. Nggak cuma dalam hal materi tetapi juga dalam hal non materi. Dari yang awalnya hanya punya segelintir teman, kini saya punya banyak teman dari berbagai daerah bahkan dari luar pulau. 

Jujur saja, niat awal saya ketika mulai ngeblog adalah sebagai catatan pengingat akan peristiwa-peristiwa yang saya alami saya. Tak pernah terbersit sedikitpun di benak saya waktu itu untuk menjadikan blog sebagai mata pencaharian (yhaa...dulu emang belum ngerti siiy). Begitu tahu, blog bisa menghasilkan, ya udah kenapa enggak jadi blogger profesional sekalian?

Passion saya di dunia blogging semakin meningkat, terlebih ketika saya mulai sering diundang ke berbagai event. Datang ke sebuah event adalah sebuah kesempatan untuk mengenal blogger lain sekaligus menimba ilmu dari para senior yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia blogging.

Saya juga bisa mendapatkan berbagai tips ngeblog yang bisa saya aplikasikan di blog saya.  Saya akui, gaya menulis saya masih biasa-biasa saja. Tak ada yang istimewa. Tetapi, saya punya kemauan yang keras untuk belajar bagaimana menulis yang baik. Saya banyak belajar dari komunitas tempat saya bernaung. Bersyukur banget punya bnayak teman yang tidak pelit ilmu, yang sering mengingatkan dan saling support.

Lalu, apa manfaat ngeblog buat saya?

Menjaga Kewarasan

Menurut penelitian, seorang perempuan butuh mengeluarkan 20ribuan kata per hari. Kayaknya nggak mungkin semuanya bisa tersalurkan deh. Makanya, sisanya saya salurkan melalui blog saja. Menulis blog bisa menjaga kewarasan saya, bisa menjadi sarana untuk mengungkapkan apa yang tak bisa saya ungkapkan secara lisan.

Mewujudkan Cita-cita

Di Pulau Kelor, Taman Nasional Komodo Labuan Bajo

Dulu, saya pernah bercita-cita punya pekerjaan yang bisa dikerjakan sambil traveling. Berkat blog saya bisa mewujudkannya. Nggak hanya bisa traveling ke beberapa kota di Indonesia, saya juga mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan yang saya inginkan. Alhamdulillah.

Menambah Jaringan

Bersama Blogger Makassar


Dulu, saya tak memiliki banyak teman. Lingkup pertemanan saya terbatas, tetapi setelah masuk ke dunia blogging lingkup pertemanan saya meluas. Tak hanya teman di satu wilayah, tetapi juga bertambah hingga ke luar daerah. Hal ini mengunungkan saya ketika harus menghadiri event di luar kota atau luar pulau. Saya bisa dengan cepat menemukan teman-teman yang dibutuhkan untuk menghadiri event.

Menambah Rezeki

Nggak bisa dipungkiri bahwa saat ini dunia blogging cukup menjanjikan. Banyak brand yang melirik blogger untuk bekerjasama. Tentu saja kerjasama ini bisa membuat blogger mendapatkan benefit. Biasanya sih dalam bentuk uang cash atau produk untuk direview. Makanya banyak blogger yang berusaha keras membuat konten yang berkualitas di blog agar dilirik brand (termasuk saya. LOL).

Menambah Pengalaman

Saat menjadi blogger, tak jarang saya dan teman-teman diundang ke daerah atau kota lain, misalnya saja untuk Famtrip di suatu daerah wisata baru. Melalui event itu, selalu saja ada hal baru yang bisa dijadikan sebagai wawasan dan pengalaman baru. Dari yang awalnya nggak tahu jadi tahu.

Buat saya, menulis blog banyak sekali manfaatnya. Asalkan terus berusaha dan menikmati prosesnya, saya yakin suatu saat kita akan menikmati hasilnya. Yakin deh, nggak ada yang nggak mungkin jika kita mau berusaha. Buat kalian yang ingin jadi blogger profesional, segera lakukan langkah pertama, yaitu Bikin Blog.




1 comment

  1. Alhamdulillah, banyak sekali rejeki yang kita dapatkan dari ngeblog ya mba. Tak hanya yang berupa materi, tapi juga pertemanan dan kesempatan upgrade kemampuan diri.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com