Membantu Sesama Meski di Rumah Saja? Bisa!


Dear friends,

Membantu sesama meski di rumah saja? Bisa! - Pandemi corona yang melanda dunia dari akhir tahun lalu membawa dampak luar biasa, terutama di sektor perekonomian. Masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah yang terdampak langsung, mengeluhkan penurunan pendapatan yang cukup signifikan. Terutama yang penghasilannya harian. 

Apalagi ketika pemerintah menerapkan anjuran untuk tetap di rumah saja dan melakukan PSBB. Tak hanya pendapatan yang menurun, bahkan ada yang sudah tidak punya apa-apa sama sekali, bahkan untuk makan saja tidak bisa. 

Kondisi ini akhirnya mengetuk hati banyak orang, terutama orang-orang mampu. Ada selebgram yang buka donasi yang hasilnya dibagikan dalam bentuk sembako dan diberikan kepada orang-orang tidak mampu. 

Ada juga yang memberikan donasi dengan cara meletakkannya di pintu pagar dengan tulisan "silakan ambil secukupnya" untuk semua orang yang membutuhkan. Isi bantuannya sih hanya beberapa bungkus mie instan, telur dan sedikit beras. Tapi percayalah, yang sedikit itu pasti bermanfaat sekali bagi orang yang betul-betul membutuhkan. Donasi dengan cara ini rupanya menginspirasi banyak orang. Awalnya hanya si pemilik rumah yang meletakkan kantong-kantong berisi bantuan di pagar, lama kelamaan ada orang yang menambah beberapa kantong plastik bantuan. Lalu, akhirnya banyak orang yang meniru ide ini dan diterapkan di pintu pagar rumahnya. Biasanya mereka yang mengambil bantuan ini adalah para pekerja harian, OJOL atau pemulung. Ternyata kebaikan seperti ini menular begitu cepat di masa pandemi ini, ya.

Saya juga ngiri banget pada orang-orang yang ringan tangan membantu orang-orang yang terdampak oleh covid-19 ini. Saya juga ingin melakukan sesuatu. Tetapi bagaimana bisa berbuat sesuatu hanya dari rumah saja?

Bisa. Tentu saja bisa. Kita bisa berbuat sesuatu meski dari rumah. 

Saya sebagai seorang content creator bisa berbuat sesuatu dari rumah untuk membantu sesama. Bagaimana caranya?
  • Berbagi Informasi Positif melalui Sosial Media
    Salah satu penyebab orang mudah terpapar virus corona adalah karena daya tubuh yang lemah. Daya tahan tubuh yang lemah disebabkan karena tingkat kekhawatiran yang tinggi akan sesuatu. Hal ini diakibatkan karena isu-isu hoax yang disebarkan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab yang membagikan informasi keliru soal covid-19. 

  • Ikut Serta Menggalang Bantuan untuk Komunitas/ Lingkungan Terdekat
    Kita bisa berperan serta dalam penggalangan donasi bagi masyarakat yang terdampak covia-19 dengan cara sharing informasi mengenai donasi ke sosial media yang kita punya. Makin banyak yang melihat dan membaca informasi yang kita share, diharapkan banyak juga yang terketuk untuk ikut berdonasi. 

  • Membantu Relawan untuk Sharing Aktivitas yang Bisa Menginspirasi Banyak Orang
    Selama pandemi ini, banyak sekali relawan yang turut membantu pemerintah dalam penanganan covid-19 ini. Kita bisa membagikan hal ini agar bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Hal ini juga bisa menyadarkan orang yang menganggap remeh wabah covid-19 ini. Dengan begitu maysrakat jadi sadar untuk menjaga kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja. 

Bisa jadi kita menganggap apa yang kita lakukan sepele dan biasa saja, tapi saya yakin dampaknya luar biasa. Daripada tidak bergerak sama sekali. Ya, kan?

   

No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com