Caraku Mencintai Diri Sendiri



Dear friends,

Self love? Mencintai diri sendiri? Mungkin sebagian orang akan beranggapan bahwa self-love ini terdengar egois, namun kenyataannya self love ini adalah bagaimana kita bisa mencintai dan memperlakukan diri kita. Buktinya, jarang kita menanyakan ke diri sendiri bagaimana mencintai diri kita, tapi sangat sering kita mencari sumber yang menyatakan cara mencintai orang lain.

Kalau mau didefinisikan, kurang lebih self love itu berarti kita bisa menghargai, menghormati, dan memahami diri sendiri. Kita bisa realistis dan jujur pada diri sendiri tentang kekurangan dan kekuatan kita, dan menjadi diri sendiri dengan nyaman. Mirip seperti kita mencintai orang lain seutuhnya juga, bukan? 

Namun, tentu kehidupan tidak selurus definisi. Ada begitu banyak hal tak terduga di luar kendali kita yang menggoyahkan self love ini. Mirip seperti saat kita menjalin hubungan dengan orang lain, kadang kita sendiri salah ngomong. Kadang juga kita salah langkah.

Bagi saya yang seorang Pisces dan memiliki sifat selalu mendahulukan orang lain daripada diri sendiri, cukup susah untuk mengaplikasikannya. Rasa tidak enakan, takut membuat kecewa orang lain kadang  membuat saya mengesampingkan kebahagiaan saya sendiri. Kelemahan saya adalah tidak tegaan. Saya pernah dibuat kecewa dan marah oleh seseorang sampai-sampai saya berjanji pada diri saya sendiri, kalau saya bertemu dengan seseorang itu, saya akan buat perhitungan dengannya. Tapi kenyataannya? Kata-kata yang sudah saya siapkan berhari-hari untuknya berantakan begitu melihat wajahnya yang memelas. Saya tidak tega. Meski sikap dan perlakuannya sudah melukai hati saya, tapi saya tak mampu berkata apa-apa. Kejadian ini tidak hanya sekali dua kali, tetapi berkali-kali. 

Sejak kecil saya selalu diajarkan untuk mengalah, demi mencegah konflik. Pesan itu seolah mendarah daging dalam diri saya dan akhirnya malah menjadi bumerang bagi saya. Saya membiarkan diri saya selalu tersakiti dan tenggelam dalam rasa kecewa. 

Membiarkan diri terluka dan kecewa ternyata menyakitkan. Saya selalu dirundung kesedihan, over thinking, merasa tidak percaya diri dan merasa tidak dicintai. Gimana saya akan dicintai sama orang lain, kalo saya nggak bisa mencintai diri saya sendiri ya? LOL. Ya salah saya sendiri, sih. Membiarkan hal ini berlarut-larut dalam hidup saya. 

Beruntung, saya bertemu dengan teman-teman yang membawa saya ke arah hidup yang lebih positif (positive vibes). Saya melihat mereka selalu bahagia. Bersama mereka saya juga ikut bahagia. Kesedihan saya bisa berangsur hilang jika berada di dekat mereka. Mereka adalah salah satu support system saya. Saya jadi lebih mencintai diri sendiri, saya lebih bahagia dengan hidup saya, saya bisa lebih menikmati hidup dan senantiasa bersyukur. 


Mau tahu gimana proses saya dalam mencintai diri sendiri? 

Maafkan kesalahan diri
Setiap orang bisa melakukan kesalahan dalam berbagai hal termasuk keuangan dan percintaan. Rasanya nggak enak banget ketika sadar bahwa kita sudah salah ambil langkah. Tapi percayalah, kita sudah selangkah lebih maju dengan menyadari bahwa kita telah berbuat kesalahan. Maka, langkah selanjutnya adalah maafkan diri kita. Sadarilah bahwa kita adalah manusia, bukan malaikat yang tak pernah berbuat kesalahan. Maafkan dan lupakan!

Utamakan diri kita sendiri
Kalo kata ahli astrologi, orang dengan zodiak Pisces dan Cancer biasanya punya karakter yang mementingkan orang lain sebelum dirinya. Sikap mengutamakan perasaan dan kepentingan sendiri ini terasa susah bagi seorang Pisces dan Cancer. Tapi, yakinlah bahwa ini bukan hal yang salah kalo kita juga butuh ruang, waktu, serta tenaga dan emosi untuk mengurus kebahagiaan sendiri dulu sebelum membahagiakan orang lain.

Kenali kelebihan diri
Memang, lebih mudah untuk fokus ke kekurangan diri dan apa kata orang (yang negatif) soal diri kita daripada percaya dengan diri kita sepenuhnya. Semua orang yang terlahir dengan potensi, yang bisa terus diasah sepanjang hidup kita hingga menjadi sumber kekuatan kita. Terima saja tubuh besar kita, kulit sawo matang kita, wajah biasa kita. Tapi kita punya potensi bahwa kita adalah orang yang pendapatnya didengarkan, misalnya saja dalam hal karier, atau bisnis. Ketika ada orang lain percaya, berarti itulah kekuatan kita.

Lakukan hal yang kita sukai 
Kalo kata orang, self love itu nggak harus selalu harus ke spa, salon, melakukan manicure pedicure, karena memberikan diri sendiri ruang untuk mengekspresikan diri saja sudah cukup bagi diri kita. Ini penting karena bisa membuat kita bisa berkarya dengan lebih jujur. 
 
Prioritas dan pertimbangan tiap orang dalam memilih pekerjaan memang berbeda, tetapi pada dasarnya semua punya kebutuhan yang sama, yaitu melakukan hal yang disukai. Ini perlu dilakukan agar diri  kita bisa merasakan kesenangan batin, serta menyalurkan energi negatif sehingga tak berdampak negatif pada kesehatan mental kita. Jadi selain istirahat, lakukan sesuatu yang membuat hati senang juga, ya!

Menjauh dari orang-orang yang berpengaruh buruk
Kita pasti bisa merasakan dan tahu persis bedanya merasa bersemangat dan positif dengan ketika merasa lelah secara emosi dan psikologis setelah ketemu orang lain. Kita juga bisa membedakan aura positif dan negatif ketika bersama seseorang. Sebaiknya mulai batasi interaksi dengan orang-orang yang membawa pengaruh buruk bagi jiwa kita, karena jika kita terus bersama dengan orang yang salah, maka kita akan terbawa pada pengaruh negatifnya. 

Cara-cara sederhana ini akan membantu kita dalam menemukan kebahagiaan di dalam diri kita sendiri. Cara untuk self love yang bisa dimulai dari sekarang. Beri penghargaan kepada diri sendiri. Sadari bahwa kita adalah orang yang berharga dan berhak untuk melakukan apa yang kita sukai asalkan memberi manfaat dan dalam hal positif.

Karena tanpa mencintai diri sendiri maka apa yang kita lakukan tidak akan berarti. Cara untuk self love paling mudah adalah menyadari adanya kekurangan tetapi tak mengeluhkan atau membandingkannya dengan orang lain. Temukan kelebihan diri sendiri dan jadilah pribadi yang mengagumkan.


4 comments

  1. Keren postingannya! Terimakasih ya kak sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  2. salam kenal bunda, semoga sukses blognya, mampir ya bunda

    ReplyDelete
  3. Tulisan"nya sangat menginspirasi sekali.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com