Jauhi Narkoba Agar Hidup Sehat dan Bahagia


Dear friends,

Hari Anti Narkotika Internasional yang diperingati setiap tanggal 26 Juni merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, serta kemanan dan kedamaian dunia.

Kita dan Narkoba

Penyalahgunaan narkotika ini menyebabkan sekitar 190.000 orang di dunia mati sia-sia setiap tahunnya. Narkotika juga ternyata dapat memicu kejahatan lainnya, seperti pencurian, pemerkosaan, dan pembunuhan. Sementara itu, perdagangan dan peredaran gelap narkotika disinyalir menjadi salah satu sumber untuk mendukung operasi tindakan terorisme. 

Lebih daripada itu, penyalahgunaan narkotika di Indonesia telah menjamah hampir seluruh lapisan masyarakat, baik dari segi umur, pendidikan, strata sosial ekonomi, profesi maupun level jabatan, dan bahkan peredaran narkotika telah merata di seluruh wilayah Indonesia.

Baru-baru ini, tersiar kabar bahwa seorang artis terkenal Indonesia telah tertangkap karena narkoba. Padahal artis tersebut dikenal sebagai orang baik, tidak pernah punya kasus dan terlihat bahagia bersama keluarga kecilnya. Tapi mana tahu kalau dia ternyata pemakai narkoba. Ini jadi pelajaran juga buat kita, bahwa orang yang terlihat biasa-biasa saja, tak pernah terlibat masalah, ternyata juga bisa terjerat narkoba.

Anak-anak dan remaja adalah kelompok yang memegang peranan penting dalam menentukan nasib bangsa dan negara di masa yang akan datang. Oleh karena itu, negara berkewajiban menciptakan lingkungan yang baik bagi tumbuh kembang mereka. Menjaga mereka dari ancaman bahaya narkoba adalah pekerjaan yang tidak mudah dan tidak dapat dilakukan secara sektoral. Ini bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi juga tugas kita sebagai masyarakat.

Negara dan masyarakat harus bersama-sama, bahu membahu mewujudnyatakan daya tangkal, daya tolak, dan daya cegah terhadap penyalahgunaan narkotika di kalangan generasi muda. Hal ini dilakukan agar kita semua mampu menolak narkotika dan siap mencetak generasi tangguh serta yang siap menerima tongkat estafet kepemimpinan di negeri ini.


Tips Untuk Menghidari Narkoba

Untuk mewujudkan masyarakat Indonesia bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba diperlukan dukungan dan perhatian sepenuhnya dari semua lembaga pemerintah dan juga seluruh elemen masyarakat.

Jangan pernah mencobanya Tak jarang seseorang terjerumus narkoba karena sudah pernah mencobanya atau rasa ingin tau terhadap barang ini begitu besar.

Ada beberapa tips agar bisa terhindar dari bahaya narkoba. Simak, ya.

Selektif Memilih Teman (Pergaulan)

Teman memiliki andil yang besar perilaku. Kita dianggap baik atau buruk dilihat dari dengan siapa kita bergaul. Rata-rata artis muda yang terlibat narkoba, beralasan bahwa mereka masuk dalam pergaulan yang salah. Jika sebagian teman gaul berperilaku negatif, bukan tidak mungkin suatu hari kita juga akan berperilaku yang sama dengan teman pergaulan kita. Oleh karena itu, bergaullah dengan orang-orang yang memiliki perilaku positif agar kita bisa menjadi orang yang punya sikap dan perilaku positif.

Berpegang Teguh pada Agama

Agama apapun pasti mengajarkan untuk berbuat baik, berperilaku baik dan menjauhi perbuatan maksiat. Kita dilarang untuk mendzalimi diri sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita. Narkoba adalah barang haram yang nggak cuma bisa merusak diri sendiri tetapi juga berimbas pada orang lain di sekitarnya. Jika kita selalu berpegang teguh pada agama, insyaAllah akan terhindar dan dijauhkan dari bahaya narkoba.

Perbanyak Kegiatan Positif

Bergabung dengan klub membaca, klub olahraga dan kelompok kajian bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari pengaruh narkoba. Jika kita disibukkan dengan berbagai kegiatan positif, maka tidak akan ada waktu lagi untuk memikirkan hal negatif.

Hindari Stress

Yang namanya manusia, kadang ada aja masalahnya. Mau berat atau ringan, bisa berpotensi menimbulkan stress. Jika kita merasa tertekan atau dalam masalah, segeralah menyelesaikannya atau berkonsultasi dengan orang yang kita percaya. Bisa juga, refreshing sejenak ke tempat yang kondusif atau berlibur ke  tempat yang tenang agar pikiran kita bisa fresh kembali. SEbisa mungkin kita tidak melampiaskan stress pada hal-hal negatif seperti mengonsumsi narkoba.

Jalankan Pola Hidup Sehat

Mulailah menjalankan pola hidup sehat. Olahraga teratur, serta perbanyak makan buah dan sayur. Orang yang selalu menjalankan hidup sehat akan mencintai dan menjaga tubuhnya dari hal-hal yang tidak baik. Orang yang memilihi hidup sehat, hanya akan memasukkan makanan dan hal-hal yang baik bagi dirinya.

Pict by. Mbak Hidayah Sulistyawati

Narkoba membawa pengaruh buruk bagi diri dan lingkungan kita. Jangan sekali-sekali mencobanya, karena akan sangat sulit keluar dari jeratannya. Sanyangi keluarga, cintai diri kita, dan jauhi narkoba agar hidup lebih sehat dan bahagia.


No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com