Mengembalikan Kondisi Rambut yang Rusak Akibat Rontok

Dear friends,

Rambut adalah mahkota yang menunjang penampilan kita. Memiliki rambut yang sehat dan lebat adalah impian dari kita semua. Rasanya lebih percaya diri kalau punya rambut sehat nan lebat. Tak hanya perempuan, para pria pun menyadari bahwa rambut mampu menunjang rasa percaya diri. 

Seperti yang terjadi pada suami saya. Rambutnya mulai mengalami penipisan di bagian belakang kepala. Padahal sebenarnya, tipe rambut suami cenderung tebal dan ikal. Tetapi sudah hampir beberapa tahun belakangan ini rambutnya menipis. 



Ada beberapa penyebab kerusakan rambut pada pria, antara lain :

Faktor Pertambahan Usia
Menurut penelitian, saat usia 30 pertumbuhan rambut akan mulai melambat. Selain itu rambut mulai rontok dan menipis. Sebenarnya kerontokan yang terjadi pada pria di atas usia 30 tahun ini wajar ya, tapi kalau rontoknya menyebabkan kebotakan ya musti diwaspadai. 

Faktor Stress
Stres akibat pekerjaan bisa menyebabkan kerontokan rambut yang cukup signifikan. Sebenarnya stres termasuk penyebab paling jarang pada kerontokan rambut, tetapi gerak fisik yang terus menerus dan stres emosional yang hebat dapat menjadi penyebab kerontokan rambut. 

Faktor Genetik
Faktor genetik menjadi penyebab kerontokan rambut yang paling umum terjadi. Faktor genetik ini bisa diturunkan oleh salah satu orangtua. Waspada jika kedua orangtua mengalami kerontokan rambut, karena hal ini menimbulkan resiko kerontokan rambut yang lebih besar.

Faktor Kesehatan Kulit Kepala
Kulit kepala yang tidak sehat dapat menyebabkan terjadinya peradangan, sehingga menyebabkan rambut sulit tumbuh dengan baik. Kondisi kulit kepala yang bisa jadi penyebab rambut rontok termasuk psoriasis, dan infeksi jamur atau ketombe. 

Faktor Kesehatan
Kesehatan yang buruk juga bisa menjadi penyebab kerontokan pada rambut. Misalnya ketika kita mengalami anemia. Anemia akibat kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan yang luar biasa, tubuh menjadi lemah, dan kulit memucat. Kita juga mungkin mengalami sakit kepala berulang, sulit untuk fokus, telapak tangan dan kaki dingin, serta mengalami kerontokan rambut.




Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Setelah diketahui apa yang menjadi penyebab kerontokan rambut, kita bisa memulai untuk mengatasinya secara alami agar tidak menimbulkan efek di kemudian hari. 

Gunakan Minyak Kemiri
Minyak kemiri dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang mampu menguatkan akar rambut, dan mampu mengatasi kerontokan pada rambut. Caranya sangat mudah, haluskan kemiri yang sudah disangrai, lalu oleskan pada rambut. Diamkan hingga 20 menit, lalu bilas rambut dengan keramas menggunakan shampo. 

Gunakan Buah Alpukat
Kandungan protein pada alpukat efektif untuk menguatkan dan memberikan nutrisi pada rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok. Alpukat juga mampu meransang pertumbuhan rambut. Caranya, haluskan alpukat lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan shampo. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

Gunakan Lidah Buaya
Sudah menjadi rahasia umum kalau lidah buaya bisa digunakan untuk merawat rambut. Kandungan nutrisi pada lidah buaya bisa membuat rambut lebih sehat, kuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Caranya, bersihkan lidah buaya, usapkan bagian lidah buaya yang berlendir pada kulit kepala dan rambut. Diamkan hingga mengering lalu bilas menggunakan shampo. 

Gunakan Produk Perawatan Rambut Rontok yang Tepat
Selain merawat rambut menggunakan bahan alami, kita juga bisa menggunakan produk perawatan rambut rontok yang beredar di pasaran. Tentu saja, kita harus memilih produk yang cocok dengan kondisi rambut. Ada paket Complete Hair Kit yang sudah teruji secara klinis dan dipercaya mampu mengatasi mundurnya hairline dan kebotakan pada pria. 

Sebelum terlambat, mulailah melakukan perawatan pada rambut agar tidak terjadi kerontokan rambut. Rambutmu adalah mahkotamu, jadi jagalah mahkotamu agar tidak hilang rasa percaya dirimu. 



1 comment

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com