Asuransi Salam Anugerah Keluarga, Selalu Menemani, Selamanya Melindungi

Dear friends,

Jika ditanya tentang salah satu hal yang paling berharga dalam hidup ini, pasti kita semua sepakat bahwa jawabannya adalah keluarga. Keluarga adalah segalanya, rumah dan tempat kita untuk pulang. Kita adalah bagian dari keluarga. Jadi, kita juga bertanggungjawab untuk memastikan bahwa hak keluarga kita terpenuhi dengan baik, terutama yang terkait dengan kesehatan.

Sudah 4 bulan lamanya kita berada di dalam situasi pandemi. Kondisi ini membuat kehidupan kita berubah, terutama dalam perilaku sehari-hari. Agar terhindar dari virus, mau tidak mau kita harus selalu menjalankan protokol kesehatan. Memakai masker bila bepergian, selalu mencuci tangan, hingga membersihkan badan setelah bepergian. 

Asuransi Kesehatan Penting dan Mutlak Diperlukan



Memiliki asuransi kesehatan saat ini adalah kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Asuransi kesehatan mutlak dimiliki untuk menjamin kesehatan kita dan keluarga.

Beberapa alasan mengapa asuransi kesehatan sangat penting untuk kita sekeluarga. Check this out!
Alasan pertama, sakit dan penyakit adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari. Kita tidak tahu, kapan dan siapa yang akan sakit atau terjangkit penyakit. Orang tua, pasangan, anak-anak, atau bahkan diri kita sendiri pun bisa jatuh sakit.

Yang pasti, hal ini bisa menghilangkan keceriaan, keriangan, dan semangat dalam keluarga kita.
Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi, kan. Karena itulah, memberikan asuransi kesehatan terbaik adalah salah satu cara untuk melindungi dan menjaga keceriaan, keriangan, serta semangat dalam keluarga kita. 

Kedua, biaya pengobatan yang besar. Ketika kita sakit, biaya yang akan dikeluarkan tentu tidak sedikit, khususnya pada beberapa jenis penyakit berat. Jika hal ini terjadi, maka masalah finansial bisa menjadi hambatan dan menjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Keberadaan asuransi kesehatan  bagi keluarga menjadi sangat penting. Setidaknya untuk menunjang biaya yang muncul akibat berbagai gangguan kesehatan, seperti biaya pengobatan, perawatan rumah sakit, atau untuk terapi.

Asuransi kesehatan merupakan solusi tepat untuk mengurangi atau menghilangkan hambatan finansial yang terjadi saat sakit.

Ketiga, asuransi kesehatan dapat mengurangi bahkan menghilangkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketidaknyamanan kita jika salah satu anggota keluarga jatuh sakit.

Masalah kesehatan merupakan sesuatu yang pasti di masa depan. Inilah alasan mengapa asuransi kesehatan menjadi sangat penting untuk kita miliki. Asuransi menjaga ketenangan hidup kita dan keluarga.

Mengenal Asuransi Syariah

Saat ini, ada banyak jenis dan manfaat yang ditawarkan oleh asuransi, di mana setiap perusahaan asuransi memiliki beragam fitur dan keunggulan pada masing-masing produk yang mereka keluarkan. Saya sendiri masih sangat awam terhadap produk-produk asuransi yang ada saat ini. 

Tetapi sebagai calon pengguna, maka sudah sewajarnya kalau kita memahami dan mengenal dengan baik asuransi yang akan kita pilih. Hal ini akan membantu kita untuk mendapatkan manfaat dan keuntungan yang maksimal atas penggunaan tersebut.

Beberapa tahun belakangan asuransi syariah menjadi salah satu produk asuransi yang sering dibicarakan di kalangan masyarakat. Asuransi ini hadir untuk memenuhi kepentingan dan keinginan masyarakat yang mengharapkan adanya sebuah produk asuransi yang halal dan sesuai dengan ketentuan syariah.

Menurut Dewan Syariah Nasional, asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara sejumlah orang, di mana hal ini dilakukan melalui investasi dalam bentuk aset (tabarru) yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

Dalam asuransi syariah, diberlakukan sebuah sistem dimana para peserta akan menghibahkan sebagian atau seluruh kontribusi yang akan digunakan untuk membayar klaim jika ada peserta yang mengalami musibah. Dengan kata lain bisa dikatakan bahwa, di dalam asuransi syariah, peranan dari perusahaan asuransi hanyalah sebatas pengelolaan operasional dan investasi dari sejumlah dana yang diterima saja.

Perbedaan Antara Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional 

Prinsip Pengelolaan Risiko 

Asuransi syariah menerapkan pengelolaan risiko berdasarkan prinsip ta’awuni (sharing of risk) di antara peserta. Prinsip sharing of risk terwujud melalui penghimpunan dana tabarru’  dari seluruh peserta yang ditujukan dan dimanfaatkan sebagai dana tolong-menolong jika terjadi musibah di antara peserta. 

Secara umum asuransi konvensional menggunakan sistem tabaduli (transfer of risk), dimana resiko nasabah dipindahkan kepada perusahaan asuransi, dengan kompensasi nasabah tersebut harus membayar sejumlah uang tertentu (premi) kepada pihak asuransi. Dalam sistem seperti ini terjadi unsur gharar, riba dan maisir yang diharamkan dalam syariah Islam.

Sistem Pengelolaan Dana

Asuransi syariah menerapkan pemisahan entitas dana kelolaan menjadi tiga akun/pos yakni dana tabarru’, dana investasi peserta, serta dana perusahaan. Pembayaran klaim dialokasikan dari pos dana tabarru’ yang sejak awal diniatkan untuk kepentingan tolong-menolong di antara peserta jika terjadi musibah. Pos dana tabarru’ merupakan dana kebajikan yang bukan menjadi hak milik perusahaan. Tetapi dalam kondisi pos dana tabarru’ mengalami defisit, menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk menalanginya menggunakan dana  perusahaan. 

Pada asuransi konvensional, untuk produk asuransi jiwa tradisional (non-unit link) seluruh premi yang disetorkan nasabah menjadi hak milik penuh perusahaan asuransi karena menggunakan sistem tabaduli (transfer of risk).

Pengelolaan Dana Investasi

Takaful Keluarga mengelola dana investasi peserta berdasarkan akad tijari yang bebas dari unsur gharar (ketidakjelasan), maisir (perjudian), riba (bunga),dan zhulm (ketidakadilan). Dana peserta diinvestasikan pada berbagai instrumen investasi berbasis syariah meliputi tetapi tidak terbatas pada reksadana syariah, saham syariah, serta obligasi syariah (sukuk) sehingga dapat menggerakkan perekonomian demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat luas.

Pada asuransi konvensional, pengelolaan dana investasi nasabah dilakukan tanpa memperhatikan halal/haramnya bisnis tersebut dan tidak memiliki Dewan Pengawas Syariah. 

Monitoring Pelaksanaan 

Takaful Keluarga memiliki Dewan Pengawas Syariah yang ditunjuk oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia dan bertugas mengawasi sistem operasional, pengembangan produk, pengembangan sumber daya manusia, dan termasuk kebijakan investasi agar selaras dengan prinsip serta nilai-nilai syariah. Keberadaan DPS memastikan gerak dan langkah perusahaan selalu berada dalam koridor syariah.

Asuransi konvensional beroperasi tanpa monitoring dan pendampingan Dewan Pengawas Syariah selaku pelaksana tugas Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

PT Sun Life Financial Indonesia mempersembahkan Asuransi Salam Anugerah Keluarga



Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, jadi sudah selayaknya apapun yang digunakan sesuai dengan syariah agama. Salah satunya adalah produk asuransi. Adakah produk asuransi yang dijalankan secara syariah? 

Di tengah kecemasan masyarakat yang butuh perlindungan asuransi syariah, PT Sun Life Financial Indonesia menjawabnya. Sebagai solusi perlindungan dan perencanaan keluarga secara menyeluruh, PT Sun Life Financial Indonesia mempersembahkan Asuransi Salam Anugerah Keluarga yang hadir dengan santunan asuransi untuk pasangan suami istri dan 2 orang anak. Asuransi Salam Anugerah Keluarga dari PT Sun Life Indonesia siap menjawab kebutuhan keluarga Indonesia di masa kini dan masa mendatang.

Asuransi Salam Anugerah Keluarga memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan produk asuransi Sun Life lainnya. Apa saja keunggulannya? 

Keunggulan produk Asuransi Salam Anugerah Keluarga

1. Satu Polis asuransi dasar memberikan perlindungan asuransi untuk 4 peserta sekaligus; suami, istri, 2 orang anak
2. Kontribusi yang terjangkau dengan perlindungan yang menyeluruh
3. Dilengkapi asuransi tambahan kesehatan kelas dunia Sun Medical Platinum Syariah dengan manfaat limit booster hingga Rp40 miliar masing-masing untuk seluruh anggota keluarga hingga maksimal 6 Peserta
4. Terdapat 7 asuransi tambahan lainnya yang dapat dipilih untuk memaksimalkan perlindungan
5. Kesempatan untuk bersedekah jariyah dengan berwakaf
Kapan lagi bisa berasuransi sambil berwakaf? 

Asuransi Salam Anugerah Keluarga juga memiliki beberapa manfaat tambahan sebagai berikut :

• Asuransi Kecelakaan : Memberikan tambahan santunan Asuransi apabila peserta meninggal dunia karena kecelakaan
• Kematian Akibat Cacat Atau Kecelakaan : Memberikan tambahan santunan Asuransi apabila peserta meninggal dunia karena kecelakaan
• Sun Medical Platinum Syariah : Memberikan perlindungan kesehatan kepada maksimal 6 anggota keluarga dalam satu Polis
• Penyakit Kritis : Memberikan tambahan Santunan jika peserta terdiagnosis salah satu dari 40 tipe penyakit kritis sebelum peserta berusia 65 tahun
• Santunan Rawat Inap Dan Pembedahan : Memberikan tambahan santunan Asuransi saat Peserta dirawat di rumah sakit atau menjalani operasi
• Pembebasan Kontribusi Akibat Pemegang Polis Sakit Kritis : Memberikan pembebasan pembayaran kontribusi jika pemegang Polis terkena penyakit kristis hingga maksimal berumur 65 tahun
• Pembebasan Kontribusi Akibat Pemegang Polis Meninggal Dunia : Memberikan pembebasan pembayaran kontribusi jika pemegang Polis meninggal dunia hingga maksimal berumur 65 tahun
• Pembebasan Kontribusi Akibat Pemegang Polis Cacat Total Tetap :  Memberikan pembebasan pembayaran kontribusi jika pemegang Polis cacat total tetap akibat kecelakaan hingga maksimal berumur 65 tahun

Manfaat seperti ini tidak akan kita dapatkan di produk asuransi Sun Life lainnya. 

Sebagai gambaran bagaimana paket kesehatan Asuransi Salam Anugerah Keluarga, kita bisa membaca infografis di bawah ini. 



Kita bisa memilih paket kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Yang pasti, memberikan asuransi kesehatan yang terbaik merupakan salah satu bentuk kasih sayang kita pada keluarga. Jika kita tidak memiliki asuransi kesehatan maka bisa dipastikan kita akan berhadapan dengan berbagai dampak negatif dari masalah kesehatan tersebut.


1 comment

  1. Setuju banget, Asuransi kesehatan itu penting banget ya mbaa..
    enaknya sekarang sudah ada asuransi salam anugerah keluarga yang punya banyak keunggulan..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com