Yuk, Bijak Menggunakan Kantong Plastik, untuk Selamatkan Bumi


Dear friends,

Plastik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hampir semua peralatan penunjang hidup kita terbuat dari plastik. Mulai dari peralatan rumah tangga hingga kendaraan pribadi kita mengandung unsur plastik. Tapi apa jadinya kalau plastik tersebut kita gunakan setiap hari dalam jangka waktu yang lama? Pastinya plastik tersebut akan menjadi sampah dan menumpuk.

Secara umum, negara kita menghasilkan sampah sebanyak 175 ribu ton per hari loh. Jadi, tiap-tiap orang menyumbangkan 0,7 kilogram sampah. Dapat kita bayangkan berapa banyak sampah plastik yang kita hasilkan sepanjang hidup kita. Berapa banyak juga sampah di dunia ini?

Jika hal ini dibiarkan terus menerus, nggak menutup kemungkinan sebagian besar wilayah di dunia ini akan tertutup sampah. Itu artinya kita dan generasi yang akan datang harus hidup berdampingan dengan sampah plastik. Oh, No!!



Banyak kasus yang muncul berkaitan dengan sampah plastik ini. Lautan yang dipenuhi sampah plastik hingga ada ikan paus ditemukan tewas dengan perut berisi banyak sampah plastik. Atau banyaknya sampah plastik hingga tempat pembuangan akhir tidak cukup lagi untuk menampung.

Atas dasar persoalan tersebut, maka muncul gerakan-gerakan untuk mengatasi jumlah sampah plastik yang makin hari makin menumpuk. Saat ini ketika kita berbelanja di minimarket atau super market maka kita akan dikenakan biaya untuk kantong plastik yang akan kita gunakan untuk membawa barang belanjaan kita. Bahkan ada juga yang tidak menyediakan kantong plastik sama sekali, jadi mau tidak mau konsumen harus membawa tas belanja sendiri dari rumah.

Restoran cepat saji juga mulai menerapkan pembatasan penggunaan sedotan plastik yang disinyalir juga sebagai penyumbang sampah plastik terbesar. Bahkan beberapa gerai minuman sudah mulai mengurangi penggunaan gelas plastik dalam penyajiannya dan memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang membawa sendiri tumbler atau botol minum ketika membeli minuman.



Jika sudah sedemikan banyak gerakan mengurangi sampah plastik apakah yang dapat kita lakukan? Apakah tetap terus menggunakan barang berbahan dasar plastik atau mulai mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari?

Banyak hal yang dapat kita lakukan. KIta bisa melakukan dengan langkah kecil, mulai dari mengurangi penggunaan plastik sebagai pembungkus makanan, membawa tas belanja sendiri saat berbelanja, atau membawa tempat makan ketika membeli makanan. Saya sendiri sudah memulainya. Tiap belanja, tak lupa membawa tas belanja dari rumah. Tak jarang saya membawa wadah saat membeli lauk seperti daging, ayam atau ikan. 

Beberapa langkah bijak yang dapat kita lakukan dalam penggunaan plastik yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari :

Mengurangi plastik sebagai pembungkus makanan/minuman

Kita bisa mulai dengan cara membawa tempat makan dan tempat minum sendiri ketika membeli makanan atau minuman. Selain praktis, hal ini juga mengurangi penggunaan plastik sebagai kemasan makanan atau minuman. 

Menggunakan tempat makan atau tempat minum yang bisa digunakan kembali

Saat ini banyak sekali tempat makan atau tempat minum yang dapat digunakan kembali. Jadi, kita nggak perlu bingung memikirkan bagaimana membawa makanan atau minuman yang akan kita santap. 

Mengurangi penggunaan peralatan makan sekali pakai

Kita dapat membawa peralatan makan sendiri ketika hendak bersantap di restoran atau tempat makan yang tidak menyediakan peralatan makan yang dapat dipakai kembali. Hal kecil ini berdampak besar jika semua orang mau melakukannya.

Membawa tas belanja sendiri

Dengan membawa tas belanja sendiri kita sudah turut berpartisipasi dalam pengurangan sampah plastik. Saat ini kebanyakan mini market maupun super market telah mengenakan gerakan plastik belanjaan berbayar. Sebenarnya bukan masalah bayarnya, tapi kalau bisa bawa tas belanja sendiri, kenapa musti beli kantong plastik?


Semoga hal-hal tersebut dapat kita lakukan dan kita bisa lebih bijak dalam penggunaan plastik pada kehidupan sehari-hari, mengingat jumlah sampah plastik yang makin hari makin menumpuk. Sampah plastik tidak akan habis tetapi kita dapat membantu untuk mengurangi jumlahnya.

Jika bukan kita yang melakukan hal baik ini, lalu  siapa lagi? Yuk, bijak menggunakan kantong plastik, untuk selamatkan bumi kita!


Posting Komentar

0 Komentar