Cara Merawat Rambut Rusak


Dear friends,

Memiliki rambut yang indah dan sehat adalah impian setiap orang, termasuk saya. Sebelum memiliki anak, rambut saya tergolong  tebal dan sehat. Tetapi setelah melahirkan, perlahan rambut saya menipis karena rontok tak berkesudahan. Selain itu rambut saya juga terlihat kusam dan rusak seperti tak terawat. Berbagai macam cara saya lakukan untuk mengembalikan kondisi rambut saya agar sehat seperti dulu. 

Saya sudah merangkumkan beberapa cara untuk merawat rambut rusak yang bisa dilakukan sendiri di rumah, antara lain : 

Pijat Kulit Kepala secara Rutin

Rutin memijat kulit kepala adalah salah satu cara merawat rambut, karena hal ini dipercaya berfungsi mengembalikan pertumbuhan rambut dengan cepat karena selama proses memijat kepala terjadi perenggangan yang membantu pertumbuhan dan ketebalan rambut. Agar mendapatkan hasil optimal, disarankan untuk memijat kepala secara rutin. Selain dapat membantu merawat rambut yang rusak, cara ini juga dapat memanjangkan rambut dan berfungsi meredakan stres akibat ketegangan.

Gunakan Lidah Buaya



Lidah buaya dikenal memiliki manfaat yang baik untuk rambut sejak dulu. Lidah buaya juga dikenal memiliki manfaat yang baik untuk rambut karena mengandung zat-zat seperti kalsium, fosfor, vitamin A, B1, karbohidrat, lemak, dan protein yang penting untuk kesehatan dan kesuburan rambut. 

Selain dapat merawat rambut yang rusak, lidah buaya juga mampu menghitamkan, menghaluskan serta menyehatkan rambut. Cara menggunakan lidah buaya sebagai bahan mengatasi rambut tipis, cukup mudah, kok. Ambil satu tangkai lidah buaya, belah menjadi dua dan usapkan gel lidah buaya ke seluruh bagian rambut. Setelah itu, diamkan sekira 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Gunakan Minyak Kelapa

Cara lain merawat rambut rusak secara alami yaitu menggunakan minyak kelapa. Kandungan pada minyak kelapa berfungsi secara efektif dalam menjaga dan melindungi kesehatan rambut. Minyak kelapa mengandung lemak tak jenuh yang berperan penting melindungi kesehatan kulit kepala agar rambut terhindar dari kekurangan protein. Caranya cukup mudah, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala secukupnya, kemudian pijat pelan-pelan dan lakukan secara teratur.

Gunakan Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang juga efektif untuk mengatasi rambut dari kerusakan. Caranya mengaplikasikannyapun sangat mudah, belah jeruk menjadi dua bagian, kemudian oleskan irisan tersebut ke seluruh kulit kepala dan diamkan beberapa menit.

Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Apabila aktivitas ini rutin dilakukan, maka rambut indah dan tebal bukan impian lagi buatmu. 

Gunakan Minyak Zaitun



Minyak zaitun mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi menjaga kesehatan dan  mengatasi kerusakan rambut dan menebalkan rambut. Selain itu, minyak zaitun juga membantu mengatasi rambut kering dan kusam. Kandungan dalam minyak zaitun dapat menjaga kelembapan rambut.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut sangat mudah. Panaskan minyak zaitun dan diamkan beberapa saat. Oleskan serta pijat ke seluruh bagian kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Makan Buah dan Sayur

Merawat rambut rusak nggak hanya dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam. Untuk merawat dari dalam kita perlu mengonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran hijau. Sayuran-sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selada air, dan sawi kaya akan kandungan methyl sulphony methane (MSM) yang bisa berfungsi untuk meningkatkan produksi keratin pada rambut. 

Merawat rambut rusak butuh ketelatenan, dan butuh proses. Selain melakukan perawatan seperti yang tertulis di atas secara rutin, hindari pemakaian shampo berbahan kimia dan peralatan seperti hair dryer atau catokan rambut yang terlalu sering. Selamat mencoba, ya!


No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com