Menu Praktis untuk Sehari-hari

Dear friends,

Menu praktis untuk sehari-hari- Bagi ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah seperti saya, membuat jadwal menu untuk sehari-hari akan memudahkan saya dalam menyiapkan makanan bagi keluarga. Tujuannya agar menu bisa bervariasi dan anak-anak mau makan dengan semangat. Kadang anak-anak susah banget kalau disuruh makan, alasannya nggak selera. Ini kadang yang bikin saya stres. 

Kalau nggak masak, bakalan makin boros karena anak-anak dan suami pasti bakalan jajan mulu. Nah, untuk mengakalinya saya libatkan anak-anak saat menyusun menu. Kalo sudah begitu, mereka nggak akan bisa mengelak lagi dengan alasan tidak berselera karena mereka sendiri yang menyusun menunya. 

Selera makan anak-anak suka berubah-ubah. Dulu mereka paling suka makan makanan frozen, seperti sosis, nugget atau kulit ayam crispy tapi sekarang selera mereka berubah. Mereka lebih suka makanan berkuah atau sayur. Ya, sekarang sih kadang-kadang masih suka makan makanan frozen, tapi sudah tidak sesering dulu. 

Saya punya beberapa menu yang praktis untuk buka dan sahur nih. Siapa tahu, kalian mau mencobanya. Sila simak, beberapa menu andalan saya untuk buka dan sahur di bawah ini, ya!

Pecel Sayur


Siapa yang tak kenal sajian yang berasal dari campuran sayur-sayuran ini. Masakan ini sering juga disebut "javanesse salad". Penyajiannya juga praktis banget, kita cuma perlu merebus sayurannya sebentar lalu menyiapkan bumbu kacangnya. Biasanya sih, saya beli bumbunya di pasar. Jadi tinggal mengencerkannya dengan air saja. Praktis, kaaa? Hihi. 

Tapi kalo mau bikin sendiri sih bisa juga ya. Siapkan saja 250 gram kacang tanah. Goreng hingga berubah warna (jangan sampai gosong ya. Kalo gosong bumbunya bakalan pahit). Siapkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, sedikit kencur, cabai merah/ rawit, daun jeruk, gula jawa dan garam. Semuanya diuleg sampai halus ya. Kalian juga bisa bikin bumbu pecelnya sekalian banyak dan disimpan dalam wadah tertutup. Bumbu pecel ini bisa awet dalam beberapa minggu. Kalo di tempat saya sih nggak bakalan awet, karena bisa langsung habis dicemilin atau kalo nggak buat nemenin makan kerupuk. Hihi. Selamat mencoba, ya!

Telor Ceplok Bumbu Kecap


Menu praktis lainnya yang jadi favorit banyak orang adalah telor ceplok bumbu kecap ini. Waktu memasaknya juga cenderung cepat. Buat ibu-ibu yang tiap pagi harus buru-buru nyiapin sarapan, menu ini sangat cocok untuk disajikan. 

Bumbu-bumbunya juga sederhana. Kita hanya perlu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau dan sedikit cabai rawit jika suka citarasa pedas. Boleh juga ditambahkan tomat sebagai pelengkap. 

Cara membuatnya mudah sekali. Goreng telur satu per satu menjadi telur mata sapi atau telur ceplok. Di wajan lain, panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, lalu tambahkan irisan cabai, tumis hingga layu. Masukkan 200 ml air, tambahkan kecap, gula dan garam secukupnya. Masukkan telur ceplok jika air sudah mendidih. Biarkan hingga air menyusut, koreksi rasa. Tuh, gampang dan poraktis banget kan. Kita bisa menyantapnya dengan lalap daun selada atau timun. Hmm..yummy.

Gyeran Mari (Telur Dadar ala Korea)


Menu praktis lain yang juga mudah untuk dibuat adalah telur dadar isi sayuran yang dalam bahasa Korea sering disebut Gyeran Mari. Gyeran mari atau telur dadar ala Korea ini hanya butuh bahan dasar berupa telur saja. Kita juga bisa menambahkan sayur untuk melatih anak-anak agar suka makan sayur.

Bahan yang diperlukan antara lain 3 buah telur, garam secukupnya, merica secukupnya, daun bawang, wortel dipotong dadu kecil, kaldu bubuk (jika suka). Cara membuatnya cukup mudah. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil. Beri 1 sendok teh minyak dan ratakan dengan kuas masak atau tisu dapur. Setelah wajan panas, masukkan setengah bagian kocokan telur, tunggu hingga setengah matang. Saat bagian atas telur masih basah, taburkan wortel dan daun bawang, lalu gulung hingga padat. Sisihkan di pinggir wajan. Tuangkan sisa kocokan telur di sisi wajan yang masih kosong, tunggu hingga setengah matang. 

Ambil gulungan dadar berisi wortel dan balut dengan telur dadar yang sudah setengah matang. Gulung lagi.Bolak-balik gulungan dadar hingga matang, namun jangan terlalu lama agar permukaan dadar gulung tidak kering. Angkat, tunggu hingga agak dingin lalu iris sesuai selera. Saya yakin, anak-anak akan semangat sarapan pagi dengan menu ini. 

Pindang Cabe Ijo


Ssstt, pindang cabe ijo ini salah satu favorit keluarga saya loh. Kalo saya masak ini, bisa dipastikan saya bakalan masak nasi berkali-kali, saking larisnya. Sepintas cara masaknya terlihat ribet, tapi ternyata enggak loh. Caranya gampang banget. 

Pertama, goreng ikan pindang salem (bisa ikan pindang jenis apapun, sih) setelah dibersihkan sebelumnya hingga garing. Sambil menggoreng ikan pindang, kita bisa siapin bumbu-bumbunya yaitu bawang merah, bawang putih (semuanya diiris halus), cabe ijo, cabe rawit dan tomat. 

Kalau ikan pindangnya sudah digoreng semua, tumis bumbu-bumbunya. Tumis duo bawang hingga harum, tambahkan cabe ijo, tumis hingga layu. Masukkan air secukupnya, tambahkan gula pasir, garam, kecap. Masukkan ikan pindang goreng, tambahkan tomat. Masak hingga air menyusut. Koreksi rasa. Pindang cabe ijo ini cocok dinikmati bersama nasi hangat. 

Orek Tempe


Menu berikut ini kayaknya menu sejuta umat ya. Dimana-mana menu ini selalu ada dan semuanya suka. Cara membuatnya juga mudah. Cukup ditumis-tumis saja sebentar, udah. 

Caranya potong tempe seseuai selera, potong dadu boleh, potong memanjang juga boleh. Goreng tempe yang sudah dipotong sebentar saja. Tumis duo bawang hingga harum, masukkan irisan cabe (merah, hijau, rawit), tumis hingga layu. Masukkan tempe yang sudah digoreng, aduk rata. Tambahkan gula, garam, kecap dan sedikit air. Aduk hingga bumbu tercampur rata. Koreksi rasa, sajikan hangat-hangat. 

Nah, kelima menu ini praktis sekali disajikan untuk menu sarapan karena waktu memasaknya yang singkat dan persiapannya yang cepat. Sebenarnya masih banyak banget menu-menu praktis lain yang bisa dibuat untuk sehari-hari, nanti saya kumpulin lagi deh yah. 

Selamat mencoba menu praktisnya. 


No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com