4 Keuntungan Software HRIS bagi HR Department

 

Dear friends,

Dari penggajian hingga rekrutmen, HR memiliki tanggung jawab yang sangat besar mengenai pengelolaan karyawan. Tugas HR yang sangat banyak menjadi tantangan tersendiri, khususnya jika jumlah HR dalam perusahaan tidak banyak dan perusahaan baru saja berkembang.  Akan sangat sulit jika HR melakukan semua pekerjaannya tanpa bantuan teknologi. Untungnya,  perkembangan Human Resource Information System (HRIS) dapat membantu kinerja  HR Department. 

Keuntungan Software HRIS

Mengelola karyawan menjadi keharusan bagi HR. Dengan menggunakan Software HRIS, sistem dapat mengolah dan memproses semua data Sumber Daya Manusia (SDM) dalam satu tempat terpusat. Sehingga semua proses berkaitan dengan SDM seperti penggajian, rekrutmen, promosi jabatan, dan lainnya dapat berjalan teratur dan terpantau dengan maksimal agar menghindari kesalahan.

Yang dimaksud dengan kesalahan ini adalah berasal dari manusia. Human error adalah kesalahan yang paling umum. Saat terjadi human error, data SDM akan diragukan validitasnya. Oleh karenanya otomatisasi tugas-tugas administratif SDM adalah cara yang cukup praktis sekaligus efektif dalam pengelolaan SDM. Nah, di bawah ini adalah keuntungan utama dari Software HRIS bagi tim HR Department : 

Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

HRIS menyimpan semua kebijakan perusahaan serta informasi karyawan yang mudah diakses melalui Employee Self Service. Sehingga karyawan tahu persis dimana menemukan jawaban atas semua pertanyaan mereka dan mampu mempelajari tugas-tugasnya secara mandiri. Tak hanya itu, karyawan juga dapat mengajukan cuti atau izin mendesak melalui Employee Self Service. Keterlibatan karyawan pun akan semakin aktif. 

Sentralisasi Data

Bayangkan jika data SDM dalam perusahaan Anda terpisah satu sama lain dan menyebabkan mudahnya pencurian data? Nah, hal ini dapat diminimalisir dalam HRIS. Sistem mampu mengolah semua data SDM seperti kehadiran, lembur, cuti, gaji, dan sebagainya dalam sistem terpusat. Dengan begitu, staff HR tidak perlu lagi melakukan input manual saat hendak melakukan salah satu tugas administrasi, karena data diproses terpusat dan terintegrasi. 

Otomasi SDM

Saat bisnis Anda berkembang, tantangan pun mulai ikut berkembang dari berbagai aspek. Waktu HR Department lebih baik dihabiskan untuk inisiatif strategis, bukan tugas administratif sehari-hari. HRIS dapat membantu merampingkan tugas harian HR dengan mengotomatiskan proses sederhana seperti pencatatan kehadiran, penggajian, perhitungan cuti, pajak, dan lain-lain.  Dengan begitu, HR punya waktu lebih untuk fokus pada strategi dan pengambilan keputusan. 

Insight Lebih Kuat

Menggunakan HRIS dapat membantu HR Department membuat keputusan yang lebih strategis. Dengan menyimpan semua data SDM di satu tempat, sistem dapat membuat berbagai laporan valid. Berdasarkan laporan valid, HR dapat memperoleh pandangan yang lebih holistik tentang kondisi saat ini dan mengidentifikasi hal mana saja yang perlu diperbaiki lebih cepat. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi HR Department, tetapi juga bermanfaat untuk perusahaan dalam pengambilan keputusan secara keseluruhan. 

Tertarik untuk mengetahui HRIS secara lengkap? LinovHR menyediakan Software HRIS yang mampu membantu para profesional HR untuk mengelola karyawan dan membangun tempat kerja yang lebih baik. Hubungi LinovHR sekarang juga! 

No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com