5 Drama Korea Terfavorit yang Pernah Saya Tonton


Dear friends,

5 drama korea terfavorit yang pernah saya tonton. Waduuh, baru kali ini saya nulis tentang drakor alias drama korea. Lumayan tantangan nih buat saya yang bukan penggemar drakor. Sebenarnya saya suka sih nonton drakor tapi nggak termasuk drakor mania yang musti nonton setiap hari setiap waktu. Saya nonton kalo suka dengan ceritanya dan pilih-pilih juga siapa pemainnya. 

Saya masih ingat pertama kali nonton drakor kalau nggak salah awal tahun 2000an yang ditayangkan di salah satu TV swasta. Judulnya kalau nggak salah Autumn in My Heart atau Endless Love. Setelah drama ini selesai, TV swasta tersebut kembali menayangkan serial drakor lain yang bersetting kerajaan Korea berjudul Jewel in the Palace. Drakor ini durasi nya cukup panjang tapi nggak membosankan. Saya nggak pernah ketinggalan menonton serial ini, karena hampir setiap hari diputar di TV swasta itu.

Saya sudah menonton beberapa drama korea, tetapi hanya beberapa yang masih nyantol di hati saya hingga saat ini. Apa aja sih, drakor favorit yang bikin saya masih terngiang-ngiang hingga hari ini?

Bad Guy

Setelah serial Jewel in the Palace selesai, kemudian berlanjut dengan serial lain yaitu Bad Guy. Entah kenapa serial ini bikin saya tergila-gila dengan aktor utamanya yang bernama Kim Nam Gil. Dia berperan dengan sangat apik sebagai seorang bad guy. Sampai-sampai saya rela pergi ke warnet demi bisa menonton kembali aktingnya melalui streaming youtube ketika serialnya tamat di TV swasta itu. Saya juga banget dengan sountracknya yang menyayat hati. 

Kalian mau dengerin juga? Nih, saya kasih link nya, supaya kalian juga bisa menikmati lagu dan wajah "bad guy" nya Kim Nam Gil. Kim Nam Gil ini merupakan aktor drakor favorit saya. 


Drama ini menceritakan tentang seseorang yang ingin membalaskan dendam masa lalunya pada sebuah keluarga yang pernah mengangkatnya sebagai anak, yaitu Shim Gun Wook (Kim Nam Gil). Shim Gun Wook ternyata mempunyai masa lalu kelam, ia berusaha membalas dendam atas apa yang dilakukan keluarga Haesin kepadanya. Untuk membalaskan dendamnya, dia bermaksud merampas milik semua orang yang termasuk dalam keluarga Haesin.

Shim Gun Wok mendekati anak bungsu keluarga Haesin yaitu Moonet, kemudian Hong Tae Ra, dan juga berkawan baik dengan Hong Tae Sung penggantinya duku sewaktu kecil. Shim Gun Wook tidak akan berhenti sebelum semuanya berakhir, karena dengan tidak berperikemanusiaan ia merasa semua dirampas darinya, namanya, masa kecilnya, orangtuanya juga mati dengan tragis.

Setelah nonton drakor ini, saya jadi punya kebiasaan baru yaitu ngepoin semua hal tentang Kim Nam Gil, sampae nyari drakor lain yang dibintanginya. Hihi. 

The Jewel in The Palace


Drama ini didasarkan pada tokoh sejarah yang diceritakan dalam catatan sejarah Dinasti Joseon, yang  ceritanya berpusat pada Jang-geum (diperankan oleh Lee Young-Ae) yang merupakan seorang dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon di Korea. Tema utamanya adalah kegigihannya serta gambaran tentang budaya Korea yang tradisional, termasuk makanan serta obat-obatan istana kerajaan Korea. 

Jang-geum mengalami sejumlah petualangan dan berhasil masuk ke istana. Melalui keberaniannya, rasa ingin tahu, bakat, kebaikan, dan kerja kerasnya, ia menolong dayang istana Han (sahabat baik ibunya, yang baru belakangan sekali ia ketahui) untuk menjadi juru masa kepala di istana. Pada masa ia berada di istana, ia mengalami banyak penderitaan dan dijauhi orang karena ia lebih pandai daripada para pekerja magang lainnya. 

Namun Jang-geum tidak patah semangat dan terus memasak dengan pikiran apapun yang terjadi, tujuannya memasak adalah demi kesehatan dan kebahagiaan orang yang menikmati masakannya. Malangnya, sebuah permufakatan yang dipimpin oleh dayang istana Choi, kemenakannya Geum-yeong, serta para pejabat tinggi dan pedagang yang ingin tetap memonopoli pasar barang impor mengakibatkan dayang istana Han dan Jang-geum dibuang ke Pulau Jeju.

Saya ingat betul, hampir semua keluarga saya menyukai drma ini. Semuanya duduk manis di depan TV ketika menonton drama ini. Hihi.

Endless Love


Drama seri ini mengisahkan tentang pergulatan cinta yang awalnya bermula dari jalinan kasih kakak-beradik. Mengikuti drama percintaan yang lain, serial Endless Love ini merupakan drama favorit di negeri asalnya. Cerita bersambung ini mengharu-biru Anda dengan kisah cinta yang sangat menyentuh hati.

Dikisahkan tentang Yun Joon Suh (Song Seung Hun) dan Eun Suh (Song Hye Kyo) dibesarkan sebagai kakak beradik selama 14 tahun sampai munculnya sebuah fakta yang mengejutkan keluarga mereka. Ternyata Eun Suh bukan adik perempuan kandung Joon Suh tetapi anak orang lain yang tertukar ketika masih bayi. Peristiwa tersebut terjadi gara-gara bocah lelaki cilik Joon Suh secara tidak sengaja memainkan label nama dalam ruang bayi di rumah sakit tempat adik perempuan Joon Suh dilahirkan.

Akibatnya Eun Suh yang seharusnya berada di keluarga Choi, jadi dipelihara oleh keluarga Yun yang merupakan keluarga berada. Sedangkan adik perempuan asli Joon Suh, Shin Ae (Han Chae Young) dipelihara keluarga Choi yang miskin. Kekeliruan tersebut tanpa sengaja terungkap ketika Eun Suh mengalami kecelakaan pada usia 14 tahun.

Begitu terungkap, kehidupan Eun Suh dan Shin Ae berubah total. Shin Ae yang akhirnya kembali ke pelukan keluarga Yun dan Joon Suh pun dibawa oleh ayah-ibunya ke Amerika Serikat. Sedangkan Eun Suh ditinggalkan di Korea pun terpaksa membanting hidup untuk menyambung hidupnya.

Walaupun begitu waktu dan jarak yang ribuan mil tidak kuasa membuat Joon Suh dan Eun Suh tidak bisa melupakan kasih sayang di antara mereka. Setelah sembilan tahun berlalu, keluarga Yun akhirnya kembali ke Korea. Pertemuan Joon Suh dan Eun Suh ternyata mendatangkan kesulitan di kemudian hari. Sebab mereka akhirnya menyadari bahwa cinta kasih di antara mereka tidak lagi merupakan kasih kakak beradik melainkan telah berubah menjadi cinta antara pria dan wanita. 

Sayangnya drama ini berakhir dengan sad ending karena toko utama perempuannya meninggal. Cinta antara Eun Suh dan Joon Suh harus berakhir dengan kematian Eun Suh. Saya ingat betul, ketika itu kami sekeluarga sampe kompak menangis karena drama tersebut. Kami saling menertawai tingkah kami yang terhanyut akan cerita dalam drama Endless Love itu.

Goblin


Setelah serial Endless Love berakhir, saya tidak begitu mengikuti drakor lain. Hanya melihat sepintas lalu saja. Lalu, muncullah begitu banyak review teman-teman saya tentang drakor satu ini. Goblin. mendengarnya saya jadi ingat bagaimana wujud goblin di salah satu film. Goblin termasuk golongan peri yang bertubuh pendek dan berwajah sedikit menyeramkan. Tapi ternyata, goblin ala Korea begitu berbeda. Sosoknya tinggi dan tampan. Saya lalu dikasih file Goblin yang sudah didonlot dan langsung menonton beberapa episode sekaligus. Ternyata bagus juga ceritanya.

Drama ini menceritakan tentang Goblin yang merupakan sosok seorang jenderal di sebuah kerajaan. Dia memiliki misi untuk membantu Pangeran untuk di masa kerajaan Joseon.

Namun dia di khianati oleh kerajaannya dan mati dengan pedangnya sendiri, Akhirnya dia hidup sebagai Goblin yang abadi dan tidak bisa mati, setelah menunggu lebih dari 900 tahun akhirnya dia bertemu dengan Pengantin Goblin yang merupakan wanita yang pernah dia selamatkan sewaktu kecil. Dikisah kan pengantin tersebut masih muda dan menurut kisah kuno pengantin goblin lah yang dapat membantu goblin mencabut pedang yang ada di tubuh goblin.

Hari demi hari bermula mereka berdua saling tidak suka namun karena tinggal di satu atap akhirnya rasa cinta pun datang kepada mereka, Di sisi lain ternyata malaikat penyabut nyawa yang gagal dalam tugas nya saat ingin mencabut nyawa Ji Eun-Tak karena dia di tolong oleh goblin.

Saat ini mereka bertiga tinggal satu rumah, hal tersebut memebuat mereka bertiga menjadi teman. Bahkan reinkarnasi adiknya goblin juga muncul dan semuanya mengingat kejadian dan dosa-dosa mereka di kehidupan sebelumnya. Di akhir kisah Goblin lagi-lagi hidup sendirian semua orang telah meninggalkannya dan mati namun Dia tetap menunggu hingga beberapa puluh tahun kemudian munculah seorang wanita reinkarnasi Ji Eun-Tak. 

Yang paling saya suka adalah di serial Goblin ini kita bisa menikmati penampilan Gong Yo si Ahjussi rasa Oppa yang berperan sebagai Goblin. Ihiir. 

Birth of The Beauty


Birth of the Beauty adalah drama Korea yang dibintangi oleh Joo Sang Wook, Han Ye Seul, dan Wang Ji Hye. Birth of the Beauty mengisahkan seorang perempuan cantik dan gemuk bernama Sa Geum Ran (Ha Jae Sook) yang menikah dengan pria dari keluarga kaya raya. Sang suami, Lee Kang Joon (Joong Gyu Woon) menghabiskan tujuh tahun terakhir di Amerika Serikat untuk bisnis. Sa Geum Ran tinggal bersama ibu dan adik iparnya yang memperlakukannya dengan sangat buruk.

Sang suami berselingkuh dengan pembawa acara terkenal, Gyo Chae Yeon (Wang Ji Hye) dan meminta cerai. Geum Ran yang putus asa pun pergi dan mengalami kecelakaan mobil. Semua orang berasumsi Geum Ran bunuh diri dan menghadiri pemakamannya. Tidak ada yang tahu Geum Ran ternyata masih hidup.

Untuk membalas dendam, Geum Ran memohon pada Han Tae Hee (Joo Sang Wook), seorang ahli bedah plastik dari acara televisi "Change" untuk mengubah penampilannya. Setelah dioperasi dan berhasil menurunkan berat badannya, Geum Ran muncul kembali sebagai Sara. Bersama Tae Hee, dia berencana untuk merusak pernikahan Kang Joon dan Chae Yeon yang akan dilaksanakan tiga minggu lagi.

Ketika Sara berinteraksi dengan Kang Joon, perasaan lama pun mulai tumbuh kembali. Dia menginginkan suaminya kembali padanya. Mereka membuat rencana baru, meskipun Tae Hee menyadari dia jatuh cinta kepada Sara. Ketika menjalankan rencana baru, Sara menemukan kebenaran atas insiden yang menimpanya.

Terus terang, saya lega banget ketika tahu bahwa drama ini berakhir happy ending. Bisa-bisanya saya ikut gemes dengan jalan cerita drakor ini. Yang jadi motivasi saya adalah tokoh utamanya yang awalnya bertubuh gemuk berubah jadi seksi. Ya, meskipun seksinya dari hasil operasi tapi memotivasi saya untuk bisa mengikutinya. Bukan mengikuti operasinya tapi pengen bisa mengubah diri sendiri karena akhirnya dia bisa self love. 

Sila kalian nonton deh, pasti kalian dapat sesuatu di sana. 

Nah, itu dia drama korea favorit yang bikin saya terngiang hingga kini. Masing-masing drama korea punya keunikan cerita tersendiri. Gimana dengan kalian? Apa drakor favorit kalian? Share dong di kolom komen!



2 comments

  1. Aku juga suka nonton drama Korea Goblin, Mbak. Kalau saat ini aku lagi on going nonton drama Korea Fight for My Way.

    ReplyDelete
  2. Aku jg penasaran pas Goblin viral mba..tapi bukannya nonton waktu itu malah baca semacam ringkasan per episodnya..hehe..
    Dasar aku lbh suka baca drpd nonton..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com