Destinasi Wisata yang Cocok untuk Keluarga

dokpri. Salah satu spot foto favorit pengunjung Umbul Sidomukti

Dear friends,

Gimana rasanya enam bulan lebih terkungkung di rumah? Pastilah bosan dan rasanya pengen cepet bisa pergi kemana-mana, kan? Toss ah kalo gitu. Sebagai orang yang doyan kelayapan, rasa-rasanya jiwa kelayapan saya udah meronta-ronta. Pengen gitu pergi kemana, untuk menuntaskan hasrat pengen "piknik" ini. 

Tapi, mengingat saat ini negara kita sedang dilanda pandemi ya apa boleh buat. Nampaknya kita musti menunda hasrat piknik kita sesaat lagi. Semoga pandemi segera berlalu ya, jadi kita bisa segera merencanakan kembali acara wisata keluarga

Rencananya sih, setelah pandemi selesai saya dan suami pengen ngajak anak-anak piknik ke tempat yang mereka inginkan. Kami sekeluarga suka banget main ke pantai, tapi nggak pernah menolak ketika harus ke gunung. Kami suka keduanya. Ke pantai oke, ke gunung pun hayuk. Saya dan anak-anak kurang suka ke tempat wisata permainan. Kami lebih suka berwisata ke alam terbuka dan melihat pemandangan. 

dokpri. Waktu piknik ke pantai

Biasanya kalo lagi pengen ke pantai, kami ke daerah Gunung Kidul, karena disana pantainya banyak, berpasir putih dan airnya berwarna biru kehijauan yang menyejukkan mata. Biasanya sih kami memilih pantai yang ombaknya tenang. Anak-anak bisa bermain pasir atau mencari undur-undur di pinggir pantainya. Meskipun kalo siang panasnya bukan main, tapi kami nggak pernah bosan untuk pergi ke pantai. 

Kalo sedang tidak ingin ke pantai biasanya anak-anak minta piknik ke daerah pegunungan. Yang paling sering sih ke arah Bandungan yaitu di Umbul Sidomukti. Entah sudah berapa kali kami kesana, tapi nyatanya nggak pernah bosan. Rasanya relax aja kalau lihat pemandangan hijau dan menghirup udara yang segar khas pegunungan. 

Ngomong-ngomong, kawasan Umbul Sidomukti sekarang sudah makin bagus loh. Saya dan keluarga terakhir kesana tahun 2018 lalu. Kabarnya fasilitas yang ada di sana makin banyak dan makin nyaman untuk pengunjung. 

Selain berhawa sejuk, lokasi wisatanya juga berdekatan dengan lokasi wisata lainnya. Jadi kalo sudah puas di Umbul Sidomukti dan masih ingin berwisata, kami bisa melipir ke lokasi wisata lain yang ada di sekitar Umbul Sidomukti.

dokpri. Anak-anak seneng banget naik kuda keliling kawasan Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti termasuk tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga. Terlihat dari banyaknya pengunjung yang rata-rata rombongan keluarga, baik keluarga kecil maupun keluarga besar. Kalau mau kesana lebih baik berangkat pagi-pagi, karena kalau siang sedikit lokasi sudah sangat ramai dengan pengunjung. Mereka biasanya memebuhi gazebo-gazebo yang ada di pinggiran dekat kolam renang. 

Banyak juga area permainan yang bisa dicoba, seperti flying fox, ATV dan permainan yang memacu adrenalin lainnya. Terdapat beberapa spot foto yang bisa digunakan untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan hijau yang indah memanjakan mata. 

KIta nggak usah takut kelaparan atau kehausan karena sekarang sudah ada semacam kantin yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. 

Nah, bagaimana dengan kondisi terkini wisata Umbul Sidomukti? Apakah sepi pengunjung ataukah ramai seperti biasa? Asal kalian tahu ya, sekarang ini sudah ada 31 destinasi wisata yang mendapatkan  rekomendasi ujicoba operasional di era adaptasi kebiasaan baru. Salah satunya adalah kawasan wisata Umbul Sidomukti yang kini sudah mulai menerima pengunjung dalam jumlah terbatas. Tentu saja tetap dengan prosedur kesehatan yang ada. Sepanjang jalan menuju kawasan ini sudah terpasang spanduk-spanduk tentang kewajiban menggunakan masker pagi para pengunjung. 

Begitu masuk ke area wisata, ada pemeriksaan suhu tubuh pengunjung dan terdapat tempat mencuci tangan maupun hand sanitizer. pembayaran tiket masuk dan ke wahana permainan disarankan menggunakan transaksi non tunai. Pengunjung juga disarankan untuk tetap jaga jarak dan tidak bergerombol. Oh ya, selama masa pandemi ini kolam renang tidak bisa digunakan, hanya bisa digunapak untuk spot foto saja. Nggak pa-pa lah, toh kita masih bisa menikmati spot menarik lain yang ada di kawasan wisata Umbul Sidomukti ini kan. 

Jadi teman-teman, boleh-boleh saja kita pergi rekreasi bersama keluarga, yang penting tetap menjalankan protokol kesehatan ya. Gunakan masker, bawa hand sanitizer, selalu jaga jarak dan tidak bergerombol. 

Keinginan saya dalam waktu dekat-dekat ini sih ngajak anak-anak berwisata di sekitar kota Semarang saja. Wisata Semarang sekarang juga tak kalah bagusnya dari tempat wisata lainnya, kok. 

Semoga setelah pandemi mereda saya dan keluarga bisa merealisasikannya. Nggak sabar buat jalan-jalan keliling kota Semarang, deh. 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog "Wisata Kabupaten Semarang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru"





2 comments

  1. Waktu ke Umbul dulu ngga naik kuda, soale weekday katanya sih kudanya cuma ada pas week end.

    ReplyDelete
  2. Kangen banget ya mba bisa jalan-jalan kembali bersama keluarga. Udah butuh udara segar rasanya. ;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com