Peran Penting Logistik dalam Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Dear friends,

Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Hari gini, siapa sih yang nggak kenal e-commerce? Beberapa tahun belakangan ini e-commerce berkembang begitu pesat. Hingga hari ini saja, sudah ratusan bahkan ribuan e-commerce yang eksis di dunia maya. 

Hampir seluruh kalangan masyarakat telah memanfaatkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan sekunder. E-commerce menyediakan hampir semua kebutuhan kita. Adanya e-commerce memudahkan kita ketika membutuhkan sesuatu, terutama pada saat pandemi seperti ini. Kita nggak perlu keluar rumah untuk membeli kebutuhan kita, cukup dari rumah saja. 

E-commerce pertama kali muncul di negara kita pada tahun 1999 dengan lahirnya Kaskus, Bhinekadotcom, Tokobagus lalu Tokopedia. Setelah itu, muncullah e-commerce lain yang jumlahnya kian hari kian banyak. 

Pesatnya perkembangan e-commerce ini juga tak bisa dilepaskan dari keberadaan perusahaan logistik. Tanpa perusahaan logistik, e-commerce nggak akan bisa berjalan dengan lancar hingga hari ini. 

Apa itu logistik?

Menurut Wikipedia, logistik merupakan seni dan ilmu, barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan. 

Dalam dunia e-commerce logistik seringkali menjadi bagian penting dalam dunia e-commerce. Pada event khusus seperti campaign tahunan ataupun sale, dimana volume belanja online berada pada puncaknya maka pemenuhan pesanan konsumen secara efektif dan efisien adalah sebuah tantangan yang harus dipenuhi oleh para pelaku bisnis e-commerce sebagai keseluruhan dari pengalaman belanja konsumen.

Peran Logistik dalam Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Tantangan dari sisi logistik bervariasi mulai dari bagaimana memastikan produk sesuai dengan keinginan konsumen tiba dengan tepat waktu, meminimalisir hingga menghilangkan kemungkinan cacat produk, hingga pelayanan reverse logistic. Pelayanan reverse logistic dibutuhkan ketika konsumen meminta pengembalian produk karena rusak atau jika mereka ingin melakukan penukaran tipe, ukuran, warna produk, dan hal-hal lainnya.

Peran logistik dalam perkembangan e-commerce di Indonesia cukup krusial. Untuk itulah banyak perusahaan  yang berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik di bidang logistik, salah satunya SERA yang memiliki memiliki business unit SELOG yang bisa melayani courier service untuk b2b. 


PT Serasi Autoraya ( SERA ) adalah anak perusahaan PT Astra International Tbk yang saat ini telah dikenal luas sebagai salah satu perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia. SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan. 

SERA memiliki empat layanan jasa logistik yang ditawarkan untuk para customernya, antara lain  contract logistik, shipping service, shipping logistik dan courier service. SERA melalui SELOG siap mendistribusikan paket-paket kita semua dengan armada yang sangat memadai ke seluruh penjuru tanah air. 




No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com