7 Things that Make Me Happy


Dear friends,

Dalam hidup ini, pastilah tidak berjalan semulus yang kita harapkan. Tapi, pernahkah kalian bertemu dengan orang-orang yang selalu optimis dan tidak peduli apa pun kehidupan yang terjadi pada mereka? Bisa jadi karena mereka menerapkan formula kebahagiaan dalam hidupnya. Rasanya saya juga pengen banget bisa seperti mereka, yaitu melakukan sesuatu yang membuat saya bahagia.

Kita juga dapat meningkatkan kebahagiaan kita sendiri dengan melakukan beberapa hal berikut yang mungkin dapat membuat kita bahagia :

1. Mulailah dengan Bersyukur

Menyadari apa yang patut kita syukuri dapat mengubah tingkat kebahagiaan kita. Saat kita bangun setiap pagi, luangkan waktu untuk mengingat semua hal yang membuat kita merasa bersyukur.

Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti apakah kita masih bisa tidur dengan nyaman? Punya cukup uang untuk makan? Hal-hal seperti ini bisa untuk memulai rasa syukur.

2. Pastikan Untuk Memberi Kembali

Dalam hidup, ada waktunya untuk take and give. Apa yang sudah kita terima, akan lebih baik jika kita berikan kembali kepada yang ber-hak. Apakah kalian juga biasa memberikan beberapa persen dari pendapatan kalian untuk beramal? 

Ada suatu keyakinan tentang memberi yang memungkinkan bahwa kita akan menerima lebih banyak sebagai imbalan untuk pemberian sesuatu yang luar biasa saat membantu orang lain. Ketika kalian memberi, sama saja dengan kalian mengirimkan pesan ke semesta bahwa kalian tahu semuanya akan baik-baik saja.

Kebahagiaan dalam hidup ini adalah jika kita mampu memberikan senyum kebahagiaan bagi orang lain.

3. Sering-seringlah Tertawa 

Apakah kalian sering menghabiskan waktu setiap hari dengan tertawa? Apakah kalian sengaja menemukan sesuatu untuk ditertawakan, seperti menonton film komedi atau bercanda dengan teman?

Saat kita tertawa, itu artinya kita melepaskan hormon bahagia yang disebut oksitosin. Ini adalah hormon yang mengangkat kita saat kita berbagi pengalaman dengan orang lain. Bahkan hanya dengan membuat diri kita tersenyum akan membuat kita merasa lebih baik.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Keluarga dan Teman

Orang yang bahagia biasanya tidak menghabiskan banyak waktu sendirian. Biasanya ia akan menghabiskan waktu bersama orang yang  kita sukai. Biasanya kita akan menjalin hubungan suportif yang bisa membantu kita di saat stres.

Kita juga terikat dengan orang lain melalui pengalaman umum, seperti suka dan duka dalam hidup. Mereka lah yang akan menjadi support system hidup kita.

Katanya, orang yang tidak menghabiskan banyak waktu dengan keluarga atau teman lebih rentan mengalami kesepian dan depresi. Yuk ah, mulai jalin kedekatan dan komunikasi dengan keluarga dan teman dekat yang kita percaya. 

5. Luangkan Waktu Sendiri

Ada kalanya sesekali kita menghabiskan waktu untuk sendiri. Berbeda dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, penting bagi kita untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri.

Kita dapat menyegarkan kembali semangat kita dan menemukan sedikit kedamaian dalam sedikit keheningan. Meluangkan waktu dan menyendiri sangat bermanfaat bagi suasana hati dan pandangan kita, loh.

6. Lakukan Hobi

Pernahkah kalian mendengar ungkapan, "Lakukan apa yang kamu sukai, karena uang akan menyusul?" Melakukan hal-hal yang kita sukai dan bahkan jika beruntung, kita dibayar untuk itu adalah cara yang baik untuk meningkatkan tingkat kebahagiaan kita. Apalagi jika, pekerjaan kita adalah hobi yang dibayar, seperti pepatahnya pak Ridwan Kamil. Sungguh menyenangkan sekali, bukan?

Ketika pekerjaan terasa seperti bermain, kita juga cenderung menikmati aspek lain dalam hidup kita dengan lebih baik.

7. Tidak Membandingkan Diri Kita dengan Orang Lain

Ini sih jelas lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi jika kita dapat mengkondisikan pikiran kita untuk fokus pada kebaikan yang telah dilakukan dan hal-hal baik dalam hidup, kita tidak akan tergoda untuk fokus pada apa yang orang lain lakukan.

Kebahagiaan datang dari semua hal kecil dan kebiasaan yang kita lakukan setiap hari. Dan satu hal yang perlu diingat adalah ukuran kebahagiaan kita tidak sama dengan orang lain. Jangan samakan ukuran kebahagiaan kita dengan kebahagiaan orang lain. 

Mari lakukan hal-hal yang membuat kita bahagia. 



No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com