Ini Dia Manfaat Buah Pir yang Harus Kamu Ketahui

dokpri. Buah pir favorit saya



Dear friends, 

Teman-teman sudah pada tahu belum sih, kalau tiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Pear sedunia? Pasti kalian baru aja "ngeh" kaaan? Samaaa. Hihi. 

Buah pir ini termasuk salah satu buah yang paling disukai oleh banyak orang. Tahu nggak sih, ternyata buah pir yang asli berasal dari tenggara Eropa dan Asia barat. Buah tersebut merupakan leluhur atau nenek moyangnya buah pir yang populer saat ini. Jenis pear Anjou, Bosc, dan Comice adalah yang pertama dibudidayakan di Perancis dan Belgia.

Buah pir bertekstur halus dan lezat, umur penyimpanannya juga cukup lama. Di Amerika Utara, buah ini dibawa oleh orang Inggris dan orang Eropa lainnya selama masa kolonial. Buah pir modern saat ini tumbuh subur hampir di seluruh dunia. 

Tetapi ternyata tak ada area lain yang cocok dengan pertumbuhan ideal seperti kondisi di Pasific Notrhwestern Amerika Serikat. Di tempat ini kombinasi sempurna dari tanah, iklim yang sejuk, dan air yang melimpah. Menghasilkan buah  yang berukuran besar, beraroma, dan berair yang berlimpah. 


Dibalik sejarah dan kelezatan buah pir tadi, ternyata buah pir memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, loh. Beberapa manfaat inilah yang sangat dianjurkan agar kita banyak mengkonsumsi buah yang satu ini.

Nah, berikut adalah  manfaat buah pir yang harus kita ketahui :

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengonsumsi 2 buah pir dapat memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan serat harian kita, loh. Asupan serat yang cukup dapat melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit. Dengan BAB yang teratur, usus kita juga akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.


Membantu menjaga berat badan

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah pir dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan kita untuk makan secara berlebih. Selain itu, sebuah penelitian juga menyatakan bahwa konsumsi buah pir secara rutin dapat menurunkan kadar lemak tubuh dan mengecilkan lingkar pinggang secara signifikan. Naaah, ini yang paling saya suka. 

Jadi, bagi kita yang ingin menjaga berat badan atau menghilangkan lemak berlebih dan menurunkan berat badan, buah pir dapat jadi pilihan yang tepat untuk dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.


Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah pir bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, tingginya kadar flavonoid, bersamaan dengan vitamin K dan tembaga, dalam buah ini,juga bermanfaat untuk melawan peradangan, sehingga tubuh kita menjadi lebih fit dan tidak mudah terkena penyakit.

Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat buah pir juga bisa dirasakan pada kulit. Pasalnya, buah ini mengandung vitamin C dan tembaga, yaitu nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan kolagen yang berpengaruh terhadap elastisitas kulit.

Menurunkan risiko terkena diabetes 

Kadar serat yang tinggi dalam buah pir juga dapat melambatkan penyerapan makanan, sehingga kenaikan gula darah menjadi terkontrol. Dengan mengonsumsi buah ini, maka risiko kita terkena diabetes tipe 2 akan berkurang.

Selain itu, kandungan antosianin yang bisa ditemukan pada beberapa buah pir dengan corak kemerahan diduga bersifat antidiabetes dan antiinflamasi. Namun, kegunaan antitosin dalam mencegah diabetes pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.


Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan buah-buahan, seperti pir, dapat melindungi dari beberapa penyakit kanker, seperti kanker paru, kanker lambung, dan kanker kandung kemih.

Tak hanya itu, beberapa studi juga menunjukkan bahwa kandungan flavonoid pada buah pir juga dapat menurunkan risiko penyakit kanker lainnya, seperti kanker payudara dan ovarium.

Kita disarankan untuk mengonsumsi buah atau sayuran sebanyak 5 porsi sehari, dan pir merupakan salah satu pilihan yang pas untuk memenuhi kebutuhan buah harian kita. Selain kaya nutrisi, pir juga memiliki cita rasa yang manis dan menggiurkan.



Untuk mendapatkan manfaat buah pir, kita bisa mengonsumsinya secara langsung, dalam bentuk jus atau mencampurkannya pada salad sayur. Namun, pastikan kita telah mencucinya dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Hal ini dilakukan agar kotoran dan bakteri yang terdapat pada buah pir luruh terbawa air.

Manfaat buah pir bagi kesehatan memang banyak. Meski begitu, jangan lupa untuk memvariasikan jenis buah yang kita konsumsi agar ragam nutrisi yang kita dapat juga semakin banyak dan kebutuhan nutrisi harian pun terpenuhi. 

Yuuk, konsumsi buah pir secara rutin dan selalu jaga kesehatan. Salam sehat!!



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Aku tuuuh sukaaaaa banget Ama pear , mau apapun wrnanya, dan jenisnya, semua suka. Jauuuh LBH doyan ini drpd apel. Mungkin Krn tekstur buahnya yg crunchy dan berair banyak. Jd seger aja makannya ya mba.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com