Tips Memilih Pipa Air Panas untuk Rumah Tangga

Dear friends, 

Satu hal yang penting diperhatikan ketika membangun rumah adalah instalasi pipa untuk saluran air bersih dan air kotor. Tidak hanya pemasangan pipa air biasa, tetapi juga untuk pemasangan pipa air panas. Saking krusialnya masalah pipa ini, bisa bahaya kalau hal ini terlupakan. Karena pipa-pipa ini biasanya harus dikerjakan secara rapi dan teliti. 

Butuh orang yang memiliki keahlian khusus untuk menginstalasi pipa-pipa air ini agar aliran keluar masuk air lancar. 

Saya jadi ingat saat pertama kali pindah ke rumah baru yang sebenarnya belum selesai dibangun. Meski belum selesai dibangun, tetapi saya dan suami memutuskan untuk menempatinya sambil meneruskan pembangunannya sedikit demi sedikit. Waktu itu, di rumah belum memasang instalasi pipa air sama sekali. Kami benar-benar dalam situasi yang sulit karena air adalah kebutuhan utama bagi setiap orang. 

Ya, mau gimana lagi. Akhirnya, tiap pagi kami harus mengambil air di sumur tetangga depan rumah menggunakan jerigen untuk memenuhi kebutuhan mandi dan mencuci. Sedangkan untuk kebutuhan memasak, kami membeli air artetis yang dijual keliling seharga tiga ribu rupiah per jerigennya. 

Hari-hari berat tanpa punya sumber air sendiri ini kami lalui hingga kami akhirnya bisa membuat sumur sendiri empat tahun kemudian. Untuk membuat sumur bor sekaligus memasang instalasi air ini, kami harus merogoh kocek cukup dalam. Agar instalasi air di rumah lancar dan awet, kami benar-benar memperhatikan setiap detailnya, termasuk pemilihan pipa air


Si bapak tukang sumur sudah berpesan untuk membeli pipa merk Rucika. Katanya pipa air itu sudah terkenal awet dan bagus untuk pemasangan instalasi air rumah. Lalu, suami pun mengikuti saran pak tukang dan membeli beberapa pipa Rucika. 

Sekarang, saya dan keluarga lega karena sudah memiliki sumber air sendiri. Kami tak perlu susah-susah mengangkut air dari tetangga ataupun membeli air lagi. Mau mencuci baju, mencuci piring bahkan memasak, air sudah bisa mengalir dengan lancar, tinggal buka keran saja. Alhamdulillah.

Nah, beberapa waktu belakangan ini cuaca kota Semarang sedang dingin-dinginnya. Apalagi kalau menjelang pagi, rasanya pengen menarik selimut lagi. Suami yang sering pulang malam dan berangkat kerja pagi-pagi jadi lebih sering minta direbusin air untuk mandi. 

Karena proses merebus air kadang memakan waktu yang cukup lama, suami jadi punya ide untuk memasang pemanas air. "Biar praktis, nggak usah nunggu air direbus dulu," ujarnya. Saya sih oke saja, karena saya juga bakalan menikmatinya. 

Sebelum benar-benar melaksanakan niatnya, suami terlebih dahulu bertanya kepada ahlinya. Apa plus minus memasang pemanas air. Tahu sendiri kan, banyak kasus yang terjadi akibat kelalaian dalam pemasangan instalasi pemanas air. 

Oleh teman-teman dan tukang air langganannya, suami diberi tips memilih pipa air panas yang berkualitas dan awet. Untuk teman-teman yang berencana memasang instalasi pipa air panas di rumah, mungkin bisa menyimak beberapa hal berikut ini :

  • Memilih Model Alat Pemanas
    Memilih alat pemanas akan lebih baik jika disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau hanya untuk keperluan mandi dan wastafel, pilihlah tangki yang berkapasitas 10 liter saja. Alat ini bisa dipasang di dalam kamar mandi sehingga dapat mengurangi kebutuhan pipa. 

  • Menentukan Titik Keran Air Panas
    Penentuan titik keran ini disesuaikan juga dengan kebutuhan. Umumnya air panas dibutuhkan di kamar mandi dan wastafel. Setelah itu, kita bisa langsung menentukan lokasi alat pemanas air. Nah, pada tahap ini kita bisa menghitung kebutuhan pipa untuk instalasi air panas dan menentukan jalur instalasinya. Agar tidak mengeluarkan banyak biaya, kita tentukan jalur/jarak terpendek antara titik keran dengan mesin pemanas air.

  • Memilih Pipa Instalasi Air Panas
    Untuk air panas, sebaiknya gunakan material yang tahan panas dan tekanan tinggi. Temperatur air yang tinggi berpotensi merusak beberapa jenis material. Untuk pipa air panas, pak tukang yang sudah berpengalaman memasang pipa air panas merekomendasikan pipa Rucika Kelen Green. Pipa Rucika Kellen Green ini materialnya berbahan Polypropylene Random (PP-R) type 3 atau PP-R 80. 
    Kelebihan dari Rucika Kelen Green ini adalah menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan alat pemanas polyfusion atau electrofusion, sehingga hasil penyambungan menjadi homogen atau senyawa sehingga menjamin kekuatannya, anti bocor, bebas perawatan dan didesain agar mampu digunakan hingga 50 tahun. Waah, awet dong ya.  
    Sistem ini dirancang untuk sistem sanitari dan saluran bertekanan pada perumahan, industri, rumah sakit, hotel dan apartemen. Pipa ini juga digunakan untuk sistem udara bertekanan, sistem air minum dan makanan cair, agrikultur (greenhouse dan taman) serta sistem transportasi asam dan cairan agresif. 

  • Hubungkan Pemanas dengan Instalasi Pipa Air Panas
    Setelah pemanas terpasang pada dinding, kita bisa langsung menghubungkan lubang input/output pemanas ke instalasi air. Hubungkan lubang input ke pipa instalasi pensuplai, sedangkan lubang output (buangan air panas) ke pipa instalasi air panas. Ini sih, langsung serahkan aja ke pak tukangnya aja yang sudah ahli, ya. Sebaiknya, gunakan pipa fleksibel agar lebih praktis dan mudah. 




Tentang Rucika Kelen Green

Rucika Kelen Green adalah suatu sistem perpipaan lengkap untuk saluran pipa air panas dan dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas. Terbuat dari material berbahan Polypropylene Random (PP-R) type 3 atau PP-R 80 dan menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan alat pemanas polyfusion atau electrofusion, sehingga hasil penyambungan menjadi homogen atau senyawa sehingga menjamin kekuatannya, anti kebocoran, bebas perawatan dan didesain agar mampu digunakan hingga 50 tahun. Ini sih bakalan awet banget, ya. 

Rucika Kelen Green memiliki  sistem pipa dan sambungan pipa (fitting) yang lengkap dengan standar DIN 8077, DIN 8078, DIN 16962 dan DIN 4726 mulai diameter luar 20 mm, 25 mm, 32 mm, 40 mm, 50 mm, 63 mm, 75 mm, 90 mm, dan 110 mm. Pipa RUCIKA KELEN GREEN tersedia dalam kelas PN 10, PN 16 dan PN 20. Sedangkan sambungan pipanya tersedia lengkap dengan berbagai fungsi. 

Gimana friends, kalian udah dapat insight kan tentang instalasi air dan per-pipaan ini. Rekomendasikan juga pada keluarga dan teman-teman kalian, ya!





Posting Komentar

21 Komentar

  1. Betul sekali. Pipa air panas butuh bahan, desain, dan keterampilan khusus, ya.

    BalasHapus
  2. Waktu bangun rumah 3 tahun yang lalu kami juga beli pipa rucika untuk semua saluran air semoga benar-benar awet...

    BalasHapus
  3. Memang memilih bahan bangunan berkualitas prima sejak awal pembangunan mmg penting ya mba..termasuk pemilihan pipa,baik utk air dingin / panas. TFS mba Ika.

    BalasHapus
  4. Ayahku juga memilih pipa rucika untuk aliran air di rumah kak. Emang kualitasnya tidak diragukan lagi. Wah enak banget ya kalau misal punya fasilitas pipa air panas juga di rumah jadi pengen juga.

    BalasHapus
  5. Wah asyik banget ya Mbak kalau bisa langsung mandi air panas tanpa harus repot ngrebus air dulu. Memang bener banget Mbak, pemilihan pipa menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan. Banyak info keren nih dari tulisan Mbak Ika. Fix, nanti kalau udah bangun rumah sendiri bakalan ngrekomendasiin pipa Rucika ah ke pak su.

    BalasHapus
  6. Wah nggak kebayang lho nggak punya sumber air di rumah. Emang kalo membangun apapun harus benar2 diperhatikan materialnya spy awet dan nggak boros buat benerin besok2nya ya mbak. Apalagi masalah pipa,, pilih yg bagus deh,, mengatasi kebutuhan krusial ini.

    BalasHapus
  7. Karena baca artikel ini jadi ngecek rumah pakai pipa apa ya? Soalnya yg beli bahan rumah suami. Ternyata pakai rucika juga

    BalasHapus
  8. Ternyata buat pasang pemanas air pipanya juga ada khusus tho. Rucika bisa buat salah satu pilihan nih kalau nanti mo bangun rumah.

    BalasHapus
  9. Hehehe ... aku kudet banget deh kalau ternyata untuk pemanas air pipanya khusus. Kirain sama aja

    BalasHapus
  10. Sekarang jadi yakin, untuk masalah sistem perpipaan air panas, brand Rucika adalah yang terbaik.
    Sip ^^

    BalasHapus
  11. Dalam kurun waktu 2 tahun ke belakang atau ke depan aku emang nggak ada rencana untuk renov rumah, Mbak. Akan tetapi, sepupuku nih yang baru kelar bangun rumah dan kutahu dia dapat tukang yang sip nih karena kalau mau beli printilan termasuk pipa gini tukangnya share mana yang murah dan agak mahal beserta lebih dan kurangnya. Salah satu yang disebutin bagus kualitasnya ya pipa yang Mbak Ika ceritain ini.

    BalasHapus
  12. Yeee aku juga make rucia, emang udah memasyarakat banget sih rucika ini BUn

    BalasHapus
  13. Rucika memang pipa yang bagus, dari dulu perginya ini kalo untuk pembangunan tempat tinggal pribadi

    BalasHapus
  14. Iya sih. Mengenai pipa untuk saluran air memang nggak boleh main-main. APalagi untuk air panas. Kita harus memilih bahan yang memang tahan panas.

    BalasHapus
  15. Air memang jadi kebutuhan dasar manusia ya.
    Hampir semua hal yang kita lakukan pasti berhubungan dengan air.

    Makasih rekomendasi pipanya, mbak Ika.
    Merk Rucika memang terkenal berkualitas.

    BalasHapus
  16. HAHAHAHAHHAHAHAHAA JADI INGET WAKTU MASIH KERJA JADI PURCHASING DONG.

    Btw ini tulisannya rada in-depth dibanding tulisan lain yang sejenis loh. Pros

    BalasHapus
  17. Dan selama ini aku pikir pipa2 air itu sama semua wkwkwkwkk. Ternyata hrs diperhatikan juga jenis materialnya ya mba. Jujur nya aku ga ambil pusing Ama masalah begini pas Renova rumah dulu awal nikah. Aku percayai semua ke suami dan tukang :D

    BalasHapus
  18. Beneran gak kebayang mengenai pipa ini begitu pentingnya.
    Baru tau kalau pas ada masalah.
    Harusnya memang sedari awal dipilih yang terbaik yaa...seperti Pipa Rucika ini.

    BalasHapus
  19. Memang sekarang kebutuhan air panas sangat penting untuk setiap rumah. Jadi tidak perlu repot-repot masak air panas lagi ketika ingin mandi air panas

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com