Inspirasi Resolusi



Dear friends, 

Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2020. Bagaimana tahun ini kalian lalui? 

Berat kah? 

Biasa aja atau luar biasa? 

Apa yang sudah kalian capai tahun ini? 

Adakah yang belum sempat diselesaikan hingga akhir tahun ini? Kalau ada, apakah itu?

Sebenarnya pertanyaan-pertanyaan itu bukan ditujukan buat kalian saja, tetapi juga untuk diri saya. Saat ini saya sedang mengevaluasi segala sesuatu yang pernah saya targetkan untuk tahun ini. 

Hal ini membuat saya makin percaya, bahwa resolusi is a must. Kalo nggak punya resolusi, mungkin kita nggak akan bisa berafirmasi, nggak akan ada semangat menjalani hidup dan mungkin akan kehilangan arah kemana hidup akan dijalankan. 

Jadi, saya pun tetap membuat resolusi untuk tahun depan. Mungkin bagi sebagian orang mengatakan "ngapain sih bikin resolusi, jalani aja hidup ini apa adanya". Tapi bagi saya, resolusi bagai sebuah peta yang akan membawa kita kepada satu tujuan. Peta ini akan menuntun kita kepada apa yang kita harapkan. Peta ini akan membantu kita untu mewujudkan harapan-harapan kita. 

Lalu, bagaimana caranya menyusun resolusi agar bisa selaras dengan kehidupan kita? Berikut ini inspirasi resolusi yang mungkin bisa kalian ikuti. 

Resolusi gaya hidup green living

Di tahun 2021 ini, gaya hidup hedonisme sebaiknya mulai kita tinggalkan. Bagaimana kalau tahun 2021 ini kita mulai menerapkan gaya hidup baru yang lebih baik?

Salah satunya adalah dengan menerapkan konsep hidup green living. Masih bingung gimana cara mulainya? Tenang, kamu bisa mulai dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan seperti mengganti kantong plastik dengan tas belanja, menghemat listrik dan air, dan turut aktif dalam gerakan daur ulang kemasan bekas pakai. Mudah tetapi sangat berarti bagi lingkungan.

Resolusi agar bisa lebih sehat

Resolusi yang satu ini sepertinya selalu jadi resolusi rutin setiap tahun, bahkan setiap harinya. Berharap untuk sehat baik bagi diri sendiri maupun orang-orang tersayang sudah menjadi harapan yang rutin setiap harinya.

Apalagi saat pandemi 2020 ini yang membuat kesehatan menjadi "mahal" harganya. Tak heran, harapan untuk sehat menjadi doa wajib setiap harinya. Jangan hanya berharap, tapi mulai terapkan gaya hidup sehat untuk ke depannya.

Terutama melakukan protokol kesehatan agar diri dan orang-orang tersayang tetap sehat selalu. Selain itu, pastikan kamu dan keluarga selalu mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, dan masakan rumah lainnya yang bergizi tinggi.

Tak hanya itu, kamu juga harus menjaga kesehatan dengan cara rutin berolahraga setidaknya 30 menit sehari agar tubuh lebih bugar dan semangat dalam menjalani hari.

Resolusi pekerjaan yang lebih baik

Tantangan di 2020, tak hanya soal kesehatan saja tetapi juga masalah pemasukan yang berkurang.  Semua pekerjaan offline saya tahun 2020 pun dicancel semua. Masalah keuangan ini menjadi isu terbesar bagi kebanyakan orang, termasuk kamu kan?

Karena adanya pandemi ini, beberapa orang bahkan harus kehilangan pekerjaannya. Untuk itu, harapan agar kondisi keuangan menjadi lebih baik bisa menjadi salah satu resolusi di tahun 2021 ini. Pemasukan yang kamu dapatkan bisa saja datang dari berbagai cara, misalnya saja dengan mulai berbisnis atau bekerja di perusahaan baru. 

Semoga di tahun 2021, urusan keuangan kita semua bisa lebih baik lagi, ya! 

Resolusi gaya hidup minimalis

Pernah dengar istilah hidup minimalis? Gaya hidup yang satu ini cukup terkenal di Jepang. Banyak orang Jepang yang menerapkan hidup minimalis, yakni membuat semuanya menjadi serba cukup dan tidak berlebihan.

Nah, di tahun 2021 nanti kita juga bisa mulai mengikutinya dan menjadikannya resolusi di tahun baru. Bingung mulai dari mana? Mulai saja dari hal-hal simpel seperti membeli perlengkapan rumah yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan.

Hal ini termasuk dalam pengeluaran untuk urusan makanan, jangan ada lagi panic buying, yang berujung menimbun makanan, beli yang memang mau kamu makan saja ya!

Resolusi perencanaan keuangan yang lebih baik

Resolusi terakhir ini adalah "lanjutan" dari gaya hidup minimalis tadi. Mulai dengan membatasi pengeluaran untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan, kita bisa mulai menyisihkan pendapatan untuk hal lainnya.

Mulai dari buka tabungan baru untuk menyimpan tabungan hingga melakukan investasi untuk masa depan. Tak hanya itu, dana yang kita sisihkan juga bisa digunakan sebagai dana darurat untuk keperluan mendesak.

Selain itu, uang simpanan kita juga bisa digunakan untuk memenuhi proteksi diri. Dengan begitu, keuangan di tahun 2021 dijamin bakal aman sepanjang tahun. 

Bertemu dengan Orang Baru

Ketika kita terjebak dalam sebuah kebiasaan, kita biasanya hanya akan berakhir di rumah hampir sepanjang waktu. Kita bisa kehilangan banyak kesempatan menarik untuk membangun relasi dan bersenang-senang. Bertemu orang baru ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan mental dan membantu meningkatkan relasi kita, jadi jangan takut untuk keluar dan mencari beberapa teman baru.

Atasi rasa malu dan dapatkan pengetahuan dan pengalaman dengan berkenalan dengan orang-orang baru yang akan memberikan hal positif kepada hidup kita.

Berhenti Menunda Pekerjaan

Hambatan terbesar yang membuat kebanyakan orang tidak dapat mencapai tujuan mereka adalah keinginan untuk bersantai dan melakukan sesuatu yang menyenangkan daripada bekerja keras.

Untuk menghindari menunda-nunda pekerjaan, kamu bisa mulai untuk mencatat segala kegiatan kamu dan buatlah tenggat waktu yang realistis untuk menyelesaikan setiap kegiatan yang ada di daftar itu.

Jangan lupa untuk menjaga diri kita dalam mentalitas yang positif. Pikirkan tentang cara ampuh dalam memotivasi diri sendiri untuk terus membuat kemajuan.

Memiliki Tubuh yang Sehat dan Ideal


Siapa yang ingin berat badannya berkurang di tahun yang baru? Biasanya saya menuliskan hal ini sebagai resolusi. Tahun ini saya tidak berobsesi pada badan kurus, tetapi saya ingin mewujudkan badan yang lebih sehat aja. 

Caranya dengan rutin berolahraga dan perbaiki pola makan. Kalau pergi ke gym terasa mahal, jadi saya mencoba untuk olahraga di rumah atau melakukan senam yang saya tiru dari youtube. 

Saya juga mulai memperbanyak konsumsi sayur, buah dan minum air putih, serta ganti camilan yang lebih sehat.

Nah, itulah beberapa inspirasi resolusi di tahun 2021 yang bisa kita persiapan dari sekarang. Terima kasih 2020. Tetap semangat ya di tahun 2021 ini!




Posting Komentar

0 Komentar