Apa Saja Perangkat Input Komputer: Macam dan Fungsinya


Dear friends,

Untuk bisa menjalankan fungsi sesuai yang diperintahkan dengan baik, komputer memiliki beragam jenis perangkat yang terintegrasi menjadi suatu kesatuan. Nah, dengan kesatuan inilah fungsi komputer bisa berjalan dengan lancar dan Anda sebagai pengguna bisa menggunakan komputer sebagaimana keperluan.

Berbincang tentang perangkat yang terintegrasi dalam komputer tersebut, salah satu jenis perangkat yang digunakan adalah perangkat input di mana keberadaannya bisa dikatakan sangat penting.

Perlu diketahui web server termasuk juga perangkat komputer, namum penggunaan nya dikhususkan untuk website. Penyedia jasa web server hosting paling murah yaitu DomaiNesia, Anda bisa cek  di sini

Lalu, apa yang dimaksud dengan perangkat input tersebut dan apa saja perangkat input yang diperlukan dalam satu perangkat komputer untuk bisa menjalankan fungsi dengan baik?

Pengertian Perangkat Input Untuk Komputer

Secara singkat, pengertian dari perangkat input adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan perintah pada komputer. Perintah yang masuk tersebut nantinya akan dikonversi menjadi detail data oleh sistem komputer dan selanjutnya akan diproses melalui prosesor pada perangkat komputer. 

Dalam pemahaman yang lain, perangkat input adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengoperasikan komputer sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja, perangkat komputer bisa digunakan secara maksimal dengan menggunakan beragam perangkat input yang berbeda sesuai dengan peruntukannya. 

Apa Saja Perangkat Input Komputer Tersebut?

Berbincang tentang perangkat input pada komputer, Anda akan menemukan cukup banyak jenis perangkat input yang tersedia dan bisa digunakan dengan detail yang berbeda. Ya, pada dasarnya memang perangkat input memiliki fungsi masing-masing yang akan memudahkan penggunaan komputer tersebut.

Lantas, apa saja jenis perangkat input yang bisa digunakan pada perangkat komputer dan apa saja fungsinya? Simak ulasan selengkapnya!

1) Mouse atau tetikus 

Bisa dikatakan mouse atau tetikus adalah jenis perangkat input yang paling mendasar untuk perangkat komputer. Tanpa menggunakan mouse, maka pengoperasian perangkat komputer cenderung  tidak akan maksimal.

Secara umum, fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor pada komputer. Dengan menggunakan mouse ini, maka Anda bisa memilih berbagai program yang sudah diinstal di komputer dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, mouse juga bisa melakukan scroll, drag, drop, dan menjalankan beberapa perintah, seperti refresh komputer.

2) Keyboard

Keyboard atau papan ketik juga merupakan jenis perangkat input wajib yang banyak digunakan pada perangkat komputer. Seperti namanya, perangkat ini digunakan untuk mengetik perintah pada komputer. Selain itu, kombinasi tombol keyboard juga bisa menjalankan beberapa fungsi yang berhubungan dengan sistem komputer.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis keyboard yang tersedia. Beberapa jenis tersebut adalah sebagai berikut:

Keyboard QWERTY

Keyboard DVORAK

Keyboard Alphabetic

Keyboard Numeric

Diantara jenis keyboard tersebut, jenis keyboard yang umum dan banyak digunakan untuk perangkat di Indonesia adalah keyboard QWERTY. 

3) Touchpad 

Jenis perangkat input lain yang umum digunakan pada komputer adalah touchpad atau yang juga disebut bantalan sentuh. Umumnya, touchpad ditemukan pada perangkat laptop dan ditempatkan di sebelah bawah keyboard.

Fungsi utama dari touchpad adalah sebagai pengganti mouse pada laptop. Artinya, tanpa menggunakan mouse, laptop sudah bisa dioperasikan dengan baik. Hanya saja, memang pada beberapa kondisi, mouse tetap diperlukan untuk mengoperasikan laptop.

Saat ini, jenis touchpad sudah begitu beragam. Teknologi yang dikembangkan menghasilkan touchpad dengan fungsi perintah 1 jari, 2 jari hingga 3 jari.

4) Web camera

Web camera atau disebut juga dengan webcam adalah sebuah kamera yang dipasangkan pada laptop ataupun komputer. Jenis perangkat input ini letaknya bisa menempel pada laptop ataupun terletak terpisah sebagaimana pada perangkat komputer.

Saat ini, ada cukup banyak jenis webcam yang tersedia dengan detail yang berbeda. Beberapa jenis webcam yang tersedia diantaranya adalah network and wireless webcam, USB webcam, serial and parallel webcam, serta fire wire and card based webcam. 

Seperti namanya, secara umum, webcam berfungsi layaknya sebagai kamera. Namun, perangkat input ini juga bisa dijadikan media untuk melakukan komunikasi jarak jauh tanpa tatap muka.

5) Flash disk

Flash disk atau USB adalah sarana penyimpanan yang juga termasuk dalam jenis perangkat input yang bisa digunakan pada komputer. Nah, bisa dikatakan jika flash disk adalah perangkat yang sangat membantu, terutama untuk menyimpan file yang memang tidak terlalu besar secara size ataupun untuk melakukan transfer file ke perangkat lainnya.

Jenis perangkat input ini hadir dengan variasi kapasitas yang cukup berbeda. Selain itu, flash disk juga hadir dengan perbedaan kecepatan transfer yang bisa dijadikan pertimbangan saat hendak memilihnya.

6) Joystick

Joystick adalah perangkat input yang secara khusus digunakan untuk bermain game. Perangkat input ini sama seperti stick yang digunakan dalam beberapa media game, seperti Play Station. Hanya saja, perbedaan yang cukup mendasar adalah penghubung joystick ke komputer yang berbentuk USB.

7) CD atau DVD

Meskipun saat ini sudah mulai jarang digunakan, namun CD dan DVD juga menjadi jenis perangkat input pada komputer yang tersedia. Keduanya merupakan sebuah media alternative untuk menyimpan data.

Dalam hal ini, umumnya, CD atau DVD digunakan untuk menyimpan beberapa jenis file, seperti foto, musik, video, film dan lainnya. Umumnya, komputer memiliki driver yang bisa digunakan untuk mengoperasikan CD atau DVD ini. Sebaliknya, meskipun beberapa laptop dilengkapi dengan driver, namun ada perangkat laptop yang tidak memilikinya.

8) Modem

Perangkat input lain yang juga cukup banyak digunakan pada komputer adalah modem. Modem merupakan jenis perangkat input yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

Umumnya, modem dijadikan alternative, terutama untuk pengguna yang tidak memiliki sambungan internet ataupun ingin mendapatkan sambungan internet untuk perangkat mereka dengan lebih terjangkau. Pada awalnya, kebanyakan modem berbentuk USB. Namun, saat ini, beberapa versi modem terbaru berbentuk router sehingga bisa digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus/

9) Speaker

Speaker juga merupakan perangkat input yang umum digunakan untuk perangkat komputer. Secara umum, fungsi dari perangkat input ini adalah untuk mengeluarkan suara dari apa yang diputar pada perangkat komputer. Dengan menggunakan speaker, maka suara yang keluar akan cenderung lebih jelas dan lebih keras, serta bisa diatur sedemikian rupa.

10) Microphone

Microphone adalah suatu perangkat yang digunakan pada perangkat komputer untuk mengubah suara analog menjadi suara digital. Perangkat input ini nantinya bisa diandalkan untuk merekam suara pada perangkat komputer ataupun untuk memperjelas suara yang diucapkan, terutama ketika melakukan video call ataupun konferensi dengan kolega.

Perangkat input ini hadir dengan beragam variasi. Ada microphone yang hanya terdiri dari mic saja, serta ada yang digabung dengan headset.

Kesimpulan

Beberapa poin di atas adalah jenis perangkat input pada perangkat komputer. Tentu, masih ada jenis perangkat input lain yang tersedia dan bisa digunakan. Hanya saja, beberapa perangkat input yang disebutkan di atas adalah jenis perangkat input yang familiar serta banyak digunakan oleh pengguna komputer. Nah, mana saja perangkat input yang sudah kalian miliki di rumah? 



Posting Komentar

0 Komentar