Persiapan Menyambut bulan Suci Ramadhan 2021



Dear friends,

Persiapan menyambut bulan suci ramadhan 2021. Tak terasa, sebentar lagi kita memasuki bulan suci yang paling dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di dunia, yaitu bulan suci ramadhan. Terus terang, hati saya selalu berdesir tiap kali mendengar kata ramadhan, rasanya nggak sabar pengen segera berpuasa. 

Biasanya sebelum memasuki bulan ramadhan, saya melakukan beberapa persiapan menyambut bulan susi ramadhan.  Kalian juga melakukan hal yang sama ngga sih? Nah, biasanya persiapan apa aja yang musti dilakukan untuk menyambut bulan suci ramadhan?

Berikut hal-hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Menjaga Pola Hidup Sehat

Di bulan Ramadhan pasti kita ingin lebih banyak melakukan ibadah dengan khusyuk. Kalau sakit tentunya hal tersebut akan menghambat kegiatan ibadah yang ingin kita lakukan. Menjelang bulan Ramadhan, kita perlu menjaga pola hidup sehat. Perbanyak makan buah dan sayur serta rutin berolahraga. Dengan begini, insyaAllah tubuh kita siap menjalankan puasa di bulan ramadhan nanti.

Memperbanyak Ibadah Sunnah

Jika di hari-hari biasa kita rutin melakukan ibadah wajib, bulan Ramadhan menjadi kesempatan untuk menambah pahala dengan memperbanyak ibadah sunnah. Mumpung belum ramadhan, yuk persiapkan diri dengan memperbanyak ibadah sunnah agar kebiasaan ini biasa kita lakukan selama ramdhan bahkan hingga setelah Ramadhan. Memperbanyak ibadah sunnah juga memberikan kesempatan untuk memperbaiki dan menambah pahala terhadap ibadah wajib yang telah kita lakukan.

Membayar Hutang Puasa yang Lalu

Di bulan Ramadhan yang lalu, sebagian orang pasti pernah meninggalkan puasa karena alasan tertentu terutama kaum perempuan. Nah, sebelum memasuki bulan Ramadhan, kita perlu membayar hutang puasa yang pernah kita tinggalkan. Hal ini sangat penting, kita harus segera membayarnya dengan cara berpuasa menjelang bulan Ramadhan kali ini. Kalian udah lunas belum hutang puasanya?

Mempersiapkan Menu Sahur dan Berbuka

Nah ini nih, persiapan yang ditunggu sama anak-anak. Biasanya saya membebaskan anak-anak untuk memberi ide menu buat buka dan sahur. Sebenarnya banyak sekali resep masakan yang dapat menambah referensi untuk menu sahur dan buka puasa di bulan Ramadhan nanti. Kita bisa bebas berkreasi untuk menu makanan yang akan kita hidangkan untuk keluarga. Hal ini tentunya juga bakalan menambah kemampuan kita dalam memasak. Pastinya hal ini akan memberikan semangat untuk menyambut bulan Ramadhan.

Membuat Jadwal Harian

Untuk kalian yang masih bingung akan melakukan aktivitas apa saja di bulan ramadhan nanti, mungkin kalian perlu membuat jadwal harian. Tujuannya, agar kalian dapat melakukan aktivitas yang positif selama bulan ramadhan. Misalnya mulai 1 ramadhan nanti, kalian ingin memulai menghafal Al-qur’an atau membaca Al Qur'an satu hari satu juz. Hal tersebut perlu kalian jadwalkan mulai dari sekarang supaya tujuan yang ingin dicapai dapat berjalan dengan baik. Selain itu, dengan membuat jadwal harian kalian akan lebih disiplin dalam menggunakan waktu.

Kira-kira inilah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan bulan ramadhan. Tetapi satu hal yang musti kalian ingat adalah bahwa hal pertama yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan bulan ramadhan adalah niat yang suci dan tulus. Semoga Ramadhan tahun ini dapat menjadi momen untuk memperbaiki ibadah dan sarana untuk selalu mengintropeksi diri.

Bulan ramadan merupakan bulan istimewa setiap tahunnya. Segala amal ibadah dilipat gandakan pahalanya di bulan ini. Makanya, penting untuk mempersiapkan bulan ini sebaik mungkin. Salah satunya melalui amalan yang bisa dilakukan sebelum ramadan.

Meski bukan amalan wajib, amalan yang bisa dilakukan sebelum bulan ramadan ini bisa membuat kita lebih dekat kepada Allah SWT. Amalan yang bisa dilakukan sebelum bulan ramadan ini juga bisa mempersiapkan diri kita untuk menjalani bulan suci ramadan yang tinggal menghitung hari. 



Posting Komentar

0 Komentar