Membangun Bisnis Impian dari Rumah


Dear friends,

Semenjak berhenti bekerja, saya ingin sekali membangun usaha sendiri dari rumah. Saya bahkan pernah beberapa kali mencoba peruntungan dengan berwirausaha membuka warung makan, menerima pesanan makanan, jualan baju, jualan mukena, jualan es cendol, jualan snack hingga jus. Sayangnya usaha saya harus gulung tikar karena manajemen keuangan yang kacau. Terus terang saya tak pandai mengatur arus keluar masuk keuangan. Saya nyesel banget karena tak bisa memanage keuangan dengan baik. Padahal kalau diingat-ingat, pendapatan dari semua usaha itu lumayan banget loh untuk nambah-nambah uang belanja. 

Nggak mau terus-menerus, akhirnya tahun ini saya memulai kembali untuk berbisnis. Bisnis saya kali ini berbasis pada pelayanan jasa. Saya bergabung dengan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang dan dokumen. Awalnya hanya ingin memanfaatkan ruangan kosong yang dulunya ingin difungsikan sebagai garasi mobil. Berhubung mobilnya belum ada, jadilah saya manfaatkan jadi kantor saja. 

Sebenarnya saya juga ingin menambah jenis usaha sebagai produsen frozenfood juga, karena saya memang hobi membuat makanan dan lauk pauk untuk dijual. Tahun lalu saya bahkan kewalahan menerima pesanan, karena tenaga untuk produksinya kurang. Nah, tahun ini saya ingin kembali menekuni usaha ini dengan serius. Kebetulan ruangan kantor saya cukup luas, jadi saya pikir bisa meletakkan satu atau dua freezer di kantor. 

frozenfood yang digemari masyarakat

frozenfood sayur juga sering dicari

Alasan kenapa saya memilih untuk menjual frozenfood adalah karena di lingkungan saya banyak orangtua yang bekerja. Pastinya banyak yang tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan makanan, makanya banyak yang memilih frozenfood sebagai pilihan untuk menyiapkan makanan dengan cepat. Mereka bisa tetap menyiapkan makanan untuk keluarganya sebelum berangkat kerja. Tidak repot menyiapkan bahan makanan karena frozenfood praktis dihidangkan. 

Berdasarkan survey dan analisa bisnis yang saya lakukan bersama suami, saya benar-benar serius ingin memulai bisnis ini. Suami juga berjanji akan membantu dalam hal manajemen keuangan. Selain itu, kan sekarang sudah ada Kledo.com  yang akan membantu saya sebagai pebisnis mencatat invoice, puchasing dan semua aktivitas bisnis. Bahkan Kledo juga bisa membuat analisa performa bisnis juga. Waaah, berasa punya staf akuntansi sendiri nggak sih? 


Kledo ini merupakan aplikasi yang mencakup segala keperluan bisnis mulai dari pencatatan pengeluaran pemasukan perusahaan, hutang dan  piutang, purchasing, sales quote, faktur hingga rekonsiliasi dengan data mutasi perbankan nasional. Dan tahu nggak? Semua ini tersedia secara gratis di software akuntansi Kledo, loh. 

Kelebihan Kledo ini adalah kita bisa mengaksesnya kapan pun dan dimana pun kita berada. Kita hanya perlu mendaftar dan menggunakan software akuntansi Kledo tanpa harus mendownload ataupun menginstal. Iya, semudah itu. 

Dengan menggunakan Kledo kita akan mendapatkan laporan keuangan dan bisnis kita seolah kita memiliki staf akuntansi. Keren nggak sih, kita bisa mengetahui bagaimana performa bisnis kita hanya dengan menggunakan Kledo. 

Saya sih nggak bakalan ragu untuk serius menjalankan bisnis ini. Saya hanya perlu energi untuk selalu semangat membesarkan bisnis yang saya punya. Saya nggak mau mengulangi kesalahan yang sama seperti bisnis saya yang lalu. Doakan saya ya temans, semoga bisnis saya semakin maju dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat di sekitar saya. Aamiin.




Posting Komentar

0 Komentar