Dampak Game Online terhadap Kesehatan Jiwa


Dear friends,

Buat kita yang terbiasa bebas traveling kemana-mana, jalan-jalan ke mall dan lain sebagainya, gimana rasanya nggak kemana-mana selama hampir dua tahun ini? Ya, belakangan ini aja suasana udah mulai reda ya. Saya sih, udah mulai bosan sebenarnya di rumah aja. 

Untuk mengusir kebosanan ini, saya pun mencari ide untuk mengisi aktivitas selama di rumah aja. Mulai dari bercocok tanam, memelihara binatang, jualan online hingga nge-game online. Nah, kalo nge-game online tuh hobinya anak saya yang kedua. Coba aja tanyain game apa aja yang pernah dimainkan, pasti banyak. Saya aja sampe bingung kalo ditanya. 

Tapi ada untungnya juga lho tinggal di rumah aja. Saya jadi lebih dekat dengan anak-anak, dengan suami dan bisa melakukan banyak hal bersama. 

Kadang kami sekeluarga menonton film bareng di rumah tiap weekend, tapi kalau sedang bosen nonton, kami juga kadang main game bersama. Gamenya sih macem-macem. Pokoknya yang bisa dimainkan bersama. Biasanya kami bermain game di plays.org buat seru-seruan aja, supaya nggak stress. Haha.

game online

Tahu nggak sih, kalo sebenarnya game online tuh punya dampak positif bagi kesehatan jiwa loh. Ah masak sih? Iya bener kok. 

Nah, ini dia dampak positif main game online bagi kesehatan jiwa. 

Mengasah Aktivitas Otak 

Salah satu yang bisa dirasakan setelah bermain game online adalah mengasah aktivitas otak. Sebab apa? Karena setiap aktivitas membutuhkan konsentrasi dan fokus agar mendapat skor atau poin tinggi. Butuh strategi untuk menyelesaikan misi dan memenangkan permainan.

Melatih Sportivitas 

Bermain game online juga bisa melatih sportivitas. Jika kita kalah kita bisa menerima kekalahan dengan lapang dada dan jika kita menang kita harus bisa merayakannya dengan rasa rendah hati. Apalagi kalau permainan ini hanya sekadar permainan saja, bukan untuk mencari siapa pemenangnya.

king rugni plays.org
plays.org. King Rugni


Mengasah Kemampuan Kerja Tim

Dalam permainan game online kadang dibutuhkan kerjasama tim untuk mencapai kemenangan. Melalui game online, kita bisa berlatih untuk komunikatif  dan saling mendukung antar tim. Komunikasi ini bisa dimanfaatkan juga untuk mengatur strategi agar bisa mencapai kemenangan. 

plays.org
plays.org. Rogue One Boots on the Ground

Melatih Kemampuan Multitasking

Dibutuhkan kemampuan atau ketrampilan khusus untuk dalam bermain game online. Butuh konsentrasi yang tinggi untuk mencapai hal tersebut. Kemampuan untuk multitasking bakalan kita dapatkan bila kita sering berlatih dengan bermain game online.

Sarana Menghibur Diri

Bermain game online tentu saja jadi sarana untuk menghibur diri. Setelah menjalankan berbagai aktivitas seharian, pasti pengennya refreshing kan. Nah, bermain game online bisa mengembalikan semangat kita setelah beraktivitas. 

Ternyata bermain game online tidak hanya membawa dampak negatif tetapi juga membawa dampak positif jika tidak berlebihan. 

Pilihlah game online yang bisa membuat pikiran kita refresh, bukan game yang malah bikin kita jadi makin stress. Apalagi sekarang banyak penyedia game online gratis yang seru-seru seperti plays.org



Posting Komentar

0 Komentar