Yuk, Support UMKM dengan Mengikuti JNE Content Competition !

Dear friends,

Kalo teman-teman ingat, bulan lalu saya sempat membahas soal UMKM ya. Nah, bulan ini saya juga masih ingin membahasnya. Apalagi, ini bisa banget diikutkan lomba loh. Iya, JNE kini sedang menggelar JNE Content Competition yang diperpanjang hingga 31 Januari 2022 ini. 

Cerita tentang UMKM ini, mengingatkan saya pada seorang sahabat yang juga seorang blogger, yaitu Nyi Penengah Dewanti yang kini juga berstatus sebagai pengusaha UMKM bersama suaminya. Nyi, begitu dia sering dipanggil adalah seorang mantan buruh imigran di Hongkong. Tekad dan kemauannya yang keras untuk membantu sang Ibu dan membiayai sekolah sang adik membawanya menjadi seorang buruh imigran. 

Perjalanannya sebagai seorang buruh imigran di negeri orang tidaklah mudah. Namun semua itu dilaluinya dengan penuh kesabaran hingga berakhirnya kontrak kerja. Nyi pun pulang dengan membawa sebuah harapan, untuk kehidupan yang lebih baik. Sesampainya di Indonesia, Nyi yang telah mengenal dunia literasi sejak masih tinggal di Hongkong bekerja di sebuah perusahaan digital marketing. 

Nyi Penengah Dewanti

Setelah menikah, akhirnya Nyi berhenti bekerja dan mulai menjalani usaha bersama sang suami. Nyi dibantu suaminya mulai memproduksi berbagai merchandise, mulai book sleeve, masker batik, pouch, tas laptop dan berbagai barang sesuai dengan pesanan customer. Produk-produknya diberi label NyiPedeSouvenir. 

Sebagian hasil produksi NyipedeSouvenir

Saya yakin, apa yang sudah dijalani Nyi bersama suami untuk membangun usahanya tidaklah mudah. Tetapi saya salut, mereka dengan tekun dan sabar menjalani setiap prosesnya. Mereka juga bergabung dengan grup-grup seller, dan terus berinovasi dengan karya-karyanya. 

Seiring berjalannya waktu, mereka mulai berani merambah untuk menjual produk mereka melalui marketplace. Orderan pun makin banyak. Mungkin ini berkah dari merawat orangtua. Iya, Nyi dan suami kini tengah merawat orangtua mereka yang sudah lansia dan sering sakit. Kini, Nyi juga tengah berbahagia dengan kehamilan pertamanya. 

Saya senang sekali ketika melihat teman-teman blogger seperjuangan yang selalu bersemangat menjemput rezeki dengan usaha apa saja. Semoga semangat Nyi untuk memperbesar usahanya menular kepada saya. Sebenarnya saya juga sama dengan Nyi. Suka jualan. Hanya saja, saya jualan makanan. Kalau ada yang order makanan, baru saya buatkan. Saya ingin usaha saya nantinya juga bisa besar dan memberikan buah yang manis. 

Nah, kalo kalian memiliki pengalaman tentang UMKM, ikutan JNE Content Competition yuk. Hadiahnya lumayan banget loh, buat modal usaha juga bisa. 

Ini dia syarat dan ketentuannya. 

  • Tema kompetisi: JNE Bersama UMKM Untuk Indonesia
  • JNE Journalist Writing Competition terbuka hanya untuk Jurnalis
  • JNE Journalist Writing Competition dibagi menjadi 2 kategori yaitu Feature dan Hard News. Masing-masing kategori dibagi menjadi Media Online dan Cetak

Karya diharapkan berisi pesan tentang bagaimana JNE turut berkontribusi menunjang gaya hidup di era digital, selain juga mendukung bergulirnya roda perekonomian Indonesia pada level mikro (UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty, dsb) dengan menjembatani kebutuhan stakeholders (konsumen, marketplace, fintech, dsb)

  • Tulisan maksimal tidak lebih dari 1500 kata
  • Karya harus mengandung kata kunci “JNE” 
  • Wajib memberikan hashtag #JNE31tahun #JNEMajuIndonesia
  • Karya yang didukung dengan ilustrasi/foto hasil karya sendiri akan mendapat nilai plus
  • Karya yang dilombakan telah ditayangkan di media massa pada kurun waktu 1 Januari 2021 hingga periode kompetisi berlangsung
  • Karya harus orisinal. Bukan hasil karya orang lain, bukan karya terjemahan dan plagiat dari karya yang sudah ada
  • Karya yang dilombakan tidak mengandung unsur mempertentangkan SARA, pornografi, serta bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat
  • Tulisan belum pernah dan/atau tidak sedang dilombakan di tempat lain
  • Satu peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
  • Apabila di kemudian hari ditemukan tindak kecurangan, maka pihak penyelenggara berhak membatalkan hasil penjurian pada karya tersebut

Karya pemenang dalam kompetisi ini akan menjadi milik JNE untuk  digunakan sebagai materi publikasi pada berbagai platform JNE.

30 Karya pertama akan mendapatkan hadiah langsung berupa merchandise menarik dari JNE 

Pemenang berpeluang mendapatkan tawaran bekerja sama dengan JNE sebagai kontributor

Mekanisme Pengiriman Karya

  • Karya bisa dikirimkan melalui microsite dengan mengisi formulir pendaftaran selama periode lomba berlangsung
  • Pastikan mengisi formulir dengan saksama
  • Pastikan karya yang Anda lampirkan kirimkan sesuai dengan format yang diminta dan kontennya dapat terbaca dengan jelas

Hadiah 

Kategori Feature News Cetak

Juara 1 Rp 10.000.000

Juara 2 Rp 7.000.000

Juara 3 Rp 4.000.000

Kategori Feature News Online

Juara 1 Rp 10.000.000

Juara 2 Rp 7.000.000

Juara 3 Rp 4.000.000

Kategori Hard News Cetak

Juara 1 Rp 7.000.000


Juara 2 Rp 5.000.000

Juara 3 Rp 3.000.000

Kategori Hard News Online

Juara 1 Rp 7.000.000

Juara 2 Rp 5.000.000

Juara 3 Rp 3.000.000




Hadiahnya sangat menggiurkan, bukan? Bisa digunakan untuk tambahan modal usaha, loh. Yuk, mumpung masih ada waktu untuk ikutan. Jangan sampai ketinggalan ya!



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wah produk UMKM memang menarik banget selain itu kualitasnya juga bagus. Program kayak gini memang the best banget buat masyarakat, selain bermanfaat di finansial juga mengembangkan produktifitas masyarakat.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com