Bikin Cireng Nasi Pakai Kobe Tepung Bumbu Putih, Cemilan untuk Takjil Ramadhan

 Dear friends,

Tak terasa, sebentar lagi kita akan segera memasuki bulan ramadhan. Siapa nih yang udah rindu suasana ramadhan? Kalau saya sih rindu semuanya. Ya sahurnya, tarawihnya dan nggak lupa suasana ngabuburitnya. Hayo, kalian juga kaan?

Biasanya saya dan anak-anak ngabuburit sambil cari takjil. Takjil favorit di keluarga saya adalah gorengan. Biasanya saya dan anak-anak minum teh hangat dan makan gorengan untuk berbuka. Setelah itu, kami melaksanakan sholat maghrib baru setelah itu makan besar. Kadang, kami baru makan besar setelah sholat tarawih. 

Anak kedua saya, cowok, paling suka bebikinan cemilan di dapur. Meski bikin dapur berantakan, tapi nggak apa lah. Yang penting dia hepi. 

Beberapa hari ini dia lagi rajin eksperimen di dapur. Bikin cilok lah, cireng isi lah, cimol dan beberapa jenis cemilan lain yang biasanya dibeli di tukang jajan sekolah. Katanya kangen sama jajanan di sekolah. Ternyata hasilnya enak juga. Mayan juga, ngurang-ngurangin duit jajan. Hihi.

Biasanya kalau disuruh ke mini market, dia beli beberapa cemilan juga. Tapi belakangan ini beda. Dia beli bahan-bahan untuk membuat cemilan. Tepung, gula, chocochips, dan nggak lupa tepung favoritnya Kobe Tepung Bumbu Putih. 

"Aku mau bikin cireng nasi, Bund," ujarnya, ketika saya tanya buat apa beli bahan-bahan itu. 

"Kalo hasilnya enak, bakal aku jual bulan puasa nanti. Cireng frozen ala Aufa," lanjutnya lagi.

"Oke, sekarang coba kamu bikinin kami semua cireng andalanmu itu!," pinta saya. 

"Siap!," dia langsung bergegas menyiapkan semua bahan-bahan cirengnya. 


Bahan Cireng Nasi pake Kobe Tepung Bumbu Putih :

  • 150 gram nasi putih
  • 20 gram daun bawang diiris tipis
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • kaldu bubuk secukupnya
  • 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 75 gram
  • Minyak, untuk menggoreng
  • Cabe rawit 5 buah, untuk sambal
  • 1 bungkus kecap manis
Cara membuat :
  • Campur nasi dengan air sekira 100 ml. Tambahkan irisan daun bawang dan 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 
  • Aduk adonan hingga bercampur rata
  • ambil sejumput adonan, bentuk sesuai selera
  • Goreng adonan cireng hingga matang. Angkat, tiriskan
  • Nikmati selagi hangat bersama sambal kecap


Kami memang lebih suka menikmati cireng bersama sambal kecap. Bukan karena nggak suka bumbu rujak, tapi karena sambal kecap lebih praktis dan cepat saja menyiapkannya. Hanya cabai rawit diiris bersama bawang merah iris, lalu diberi kecap. Sama enaknya kok. Demikian juga dengan bentuk adonannya. Anak-anak lebih suka cireng berbentuk pipih seperti ini, karena bisa digoreng hingga crispy. 

Cireng nasi pakai Kobe Tepung Bumbu Putih ini asli enak banget. 

Kobe adalah tepung bumbu yang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia. Tepung bumbu ini merupakan tepung bumbu pertama yang ada di Indonesia. Tepung bumbu Kobe sudah ada sejak tahun 1979. Pasti kalian mengira kalau tepung bumbu Kobe adalah tepung bumbu dari Jepang, kan? Kalian salah. Tepung bumbu Kobe ini berasal dari Semarang, loh. Asli produk Indonesia. Kobe sendiri sebenarnya singkatan dari Kata Orang Banyak Enak (KOBE) dan memang enak kan?! Banyak pula variannya. 

Nggak berlebihan kalau tepung bumbu ini memiliki tagline, "Kobe Ahlinya Tepung Bumbu". Masak pakai Kobe mudah dan anti gagal, asal mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Termasuk saat kalian bikin cemilan seperti cireng nasi ini. Mudah dan anti ribet. Ngga percaya?! Kamu wajib coba bikin cemilan pake Kobe Tepung Bumbu Putih!

Posting Komentar

0 Komentar