Pilih Reksadana Pendapatan Tetap atau Deposito? Ketahui Mana yang Lebih Cocok untuk Anda


Saat berinvestasi, pastinya Anda sudah mendengar apa itu Reksadana pendapatan tetap beserta keuntungannya. Namun ternyata masih banyak investor yang ragu apakah harus memilih jenis investasi yang satu ini atau memilih deposito yang juga punya potensi keuntungan sendiri.

Reksadana pendapatan tetap cukup populer dan menjadi primadona para investor. Reksadana pendapatan tetap sendiri adalah jenis reksadana yang menempatkan mayoritas investasinya  ke dalam obligasi atau instrumen surat utang dan produk pasar uang.

Meskipun namanya adalah Reksadana pendapatan tetap, tetapi tidak menjamin bahwa investor akan memiliki pendapatan yang tetap. Hanya saja nama ini berarti bahwa portofolionya berisi instrumen surat utang akan memberikan pendapatan tetap secara berkala dalam bentuk kupon.

Sedangkan deposito merupakan tabungan biasa di bank dengan modal minimal dan jangka waktu tertentu yang dapat Anda pilih mulai dari 1 bulan sampai 12 bulan. Nantinya nasabah akan mendapatkan sejumlah keuntungan berupa bunga yang terjamin dan pasti.

Diantara Reksadana pendapatan tetap dan deposito ini tentunya memiliki perbedaan dengan potensi risiko dan keuntungan yang berbeda pula. Apa saja perbedaannya?

Perbedaan Reksadana Pendapatan Tetap dan Deposito

Sebelum menentukan mana yang lebih menguntungkan antara Reksadana pendapatan tetap dan deposito, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dari perbedaan antara keduanya. Adapun berikut ini merupakan penjelasannya.

1.    Dana Awal

Untuk deposito sendiri dana minimal akan ditentukan oleh pihak bank tempat nasabah menempatkan depositonya. Nominalnya bisa berkisar jutaan hingga puluhan juta untuk setoran awal.

Untuk reksadana, dana investasi awal bisa ditentukan oleh investor sendiri dengan nilai minimal tergantung dimana dia membeli reksadananya. Kini, reksadana sendiri bisa dimulai dengan modal awal yang sangat fleksibel.

2.    Jangka Waktu

Jika membahas tentang jangka waktu, deposito memiliki jangka waktu mulai dari 1 bulan, 6 bulan, sampai 1 tahun lamanya. Sehingga Anda tidak bisa mencairkan dana deposito tersebut sebelum jatuh tempo dan bisa dikenakan penalti jika belum sampai batas waktunya.

Sedangkan untuk Reksadana pendapatan tetap, semua investor dapat mencairkan dana yang dimiliki kapan pun saat membutuhkannya. Dan dalam pencairannya tidak dikenakan penalty.

3.    Risiko

Dari segi risikonya deposito memang memiliki potensi kerugian yang rendah bahkan mendekati tidak ada risiko. Pasalnya jika nasabah menyimpan uang, maka Lembaga Penjamin Simpanan akan menjamin uang tersebut.

Reksadana pendapatan tetap memiliki risiko kerugian meski terbilang kecil. Hal ini membuat tidak ada kepastian apakah nasabah akan mendapatkan keuntungan atau tidak.

4.    Imbal Hasil

Deposito menjamin nasabahnya untuk mendapatkan bunga yang sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat dengan bank. Nah untuk hasil dari Reksadana pendapatan tetap adalah selisih dari NAB Reksadana atau Nilai Aktiva Bersih yang naik maupun turun. Di Reksadana pendapatan tetap tidak ada kepastian terkait hasil yang akan Anda dapatkan sebagai investor. Biasanya investor dapat melihat keuntungan dari data historis ekonomi dan dari data kinerja Reksadana di tahun-tahun sebelumnya.

Nah jika dilihat dari beberapa perbedaan antara Reksadana pendapatan tetap dan deposito di atas, lalu manakah yang lebih menguntungkan? Berikut ini jawabannya!

Lebih Cocok Mana? Reksadana Pendapatan Tetap atau Deposito?

Setelah melihat perbedaan antara Reksadana pendapatan tetap dan deposito, dapat disimpulkan bahwa keduanya sama-sama memiliki potensi keuntungan tapi juga punya risiko yang berbeda. Saat menggunakan deposito, hasil yang akan didapatkan bergantung pada suku bunga acuan yang ada. Untuk deposito sendiri bisa jadi pilihan bagi investor yang ingin menghasilkan return dalam jangka waktu yang sudah ditentukan di awal karena imbalannya hanya dapat dicairkan saat jatuh tempo saja.

Sedangkan berinvestasi di Reksadana pendapatan tetap yang sebagian besar dananya digunakan ke dalam surat berharga, maka investor pun memiliki kesempatan mendapatkan keuntungan yang stabil dari investasi tersebut.

Reksadana pendapatan tetap merupakan jenis investasi jangka menengah yang imbalannya dapat diambil kapan saja selama hari bursa, jadi efektif untuk Anda yang ingin berinvestasi antara 1 sampai 3 tahun dan untuk investor dengan profil risiko moderat yang dapat menerima sedikit fluktuasi nilai investasi.

Jadi, mana yang lebih cocok bagi Anda semua tergantung pada kondisi finansial dan tujuan keuangan Anda kedepannya.

Nah untuk terjun langsung melakukan investasi Reksadana pendapatan tetap, Anda bisa memulainya dengan DBS Treasures
yang tepat untuk mengoptimalkan keuntungan untuk investor.

DBS Treasures sendiri merupakan perbankan prioritas yang menyuguhkan keuntungan Reksadana pendapatan tetap
untuk nasabahnya seperti berikut ini.

1.      Dikelola Profesional

Yang menarik dari DBS Treasures adalah semua pilihan investasinya dikelola oleh Manajer Investasi yang
terkemuka. Hal ini tentunya mampu mengoptimalkan kinerja produk untuk memberikan keuntungan bagi nasabah.

2.     Didukung Tim Ahli Finansial

Untuk mendapatkan wawasan guna memandu Anda saat berinvestasi, DBS Treasures menawarkan tim ahli finansial
yang handal dan juga proaktif dalam mempersonalisasi dan mengkomunikasikan analisa pasar serta peluang terbaru.

3.     Adanya Diversifikasi Produk

Diversifikasi sendiri merupakan sebuah proses penyebaran dana ke berbagai aset investasi guna mengurangi risiko sehingga nantinya investasi yang Anda jalankan semakin rendah risikonya.

4.     Proses Transaksi Mudah

Tidak sampai disana, DBS Treasures juga menghadirkan inovasi digital untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Anda dapat bertransaksi di Aplikasi digibank by DBS mulai dari mempelajari analisis Reksadana yang didukung data dari Infovesta untuk melakukan jual-beli dan switching.

Bahkan untuk para investor baru yang belum memiliki SID atau Single Investor Identity yang dikeluarkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia pun, Anda dapat melakukan registrasi dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS tanpa perlu berpindah ke platform lainnya.

Nah sekarang Anda sudah tahu bagaimana kelebihan Reksadana pendapatan tetap pun deposito dan juga DBS Treasures sebagai mitra yang tepat untuk mengoptimalkan keuntungan investasi.

Jadi tunggu apalagi?

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wih mantep reksadana yang terpercaya dan resmi sehingga gak ragu kalau mau investasi. Mantep memang reksadana apalagi mudah dan banyak keuntungannya, terima kasih reviewnya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com