Goll..Aborasi Bisnis Online bersama JNE

Dear friends,

Gol..Aborasi bisnis online bersama JNE. Sebenarnya saya merasa tak punya kemampuan berbisnis. Namun seiring waktu, saya sering melihat dan memperhatikan teman-teman dan adik-adik saya menjalankan bisnis, kok jadi kepingin ikut berbisnis juga. 

Apalagi setelah tidak bekerja dan hanya di rumah saja. Keinginan untuk bisa berbisnis pun seperti tak bisa dibendung lagi. Dengan dukungan suami dan keluarga, akhirnya tahun 2007 saya berjualan minuman dan makanan di sebuah lokasi yang tak jauh dari rumah. 

Bisnis tersebut berjalan hingga tahun 2008, hingga akhirnya harus berhenti karena saya harus merawat ibu saya yang sedang sakit kala itu. Sayang sih memang, tapi saya lebih memilih pulang untuk merawat ibu daripada melanjutkan bisnis. 

Mungkin memang sudah waktunya ibu istirahat. Ibu memang seorang perempuan yang kuat dan serba bisa. Sewaktu saya masih mengajar di Purworejo, beliau membuat jajanan untuk saya bawa dan saya titipkan di warung dekat sekolah. Hasilnya lumayan buat sangu sekolah adik-adik saya. 

Kemampuan memasak ibu rupanya diwariskan kepada saya. Saya bisa membuat masakan seenak masakan ibu. Keluarga besar saya pun mengakuinya. Hal ini membuat saya jadi percaya diri untuk berjualan makanan seperti dendeng ragi, paru goreng pedas dan beberapa jenis masakan lain. Saat awal pandemi beberapa waktu lalu, saya sempat membuka pre order untuk beberapa jenis masakan. Lumayan lah untuk mengisi kekosongan waktu akibat beberapa event offline yang ditunda. 

Saat ini, saya masih menginginkan untuk melanjutkan bisnis. Namun saya juga masih harus belajar untuk konsisten. Hal inilah yang melatarbelakangi JNE untuk membantu UMKM Jember agar bisa konsisten dan bangkit setelah pandemi. JNE melalui kegiatan Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember memberikan edukasi kepada pelaku-pelaku UMKM di Jember dalam memperkuat branding bagi usaha mereka. 

Acara ini turut dihadiri oleh dua narasumber palaku UMKM Jember serta menyampaikan harapan agar workshop tersebut mendukung pelaku UMKM untuk bangkit dari kondisi perekonomian yang dipengaruhi pandemi.

Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE, mengatakan bahwa webinar tersebut bukan program pertama JNE untuk pelaku UMKM. Karena untuk kolaborasi, JNE  sudah bergabung dengan komunitas UMKM Jember. Setiap komunitas UMKM, dikunjungi dan diajak sharing tentang apa saja yang dibutuhkan UMKM dan juga bersinergi dengan pemerintah dan dinas. 

Pada event Gol..Aborasi Jember ini JNE menghadirkan dua pelaku UMKM pada gelaran ini, salah satunya yaitu Nesi Septiani selaku Owner Khadijjah Collection. Awalnya, Nesi menjadi reseller, dari sana ternyata Nesi mendapat keuntungan dan tertarik untuk melakukan bisnis. Nah, kunci dari membuka bisnis adalah harus konsisten.

Nesi percaya bahwa di setiap bisnis perlu diferensiasi yang membedakan produk kita dan produk lainnya. Nesi menjual baju daster dan dress. Dengan mempertahankan kualitas dan harga, pasti customer akan balik lagi. Kualitas menjadi hal yang utama jika teman-teman ingin membuka bisnis.

Hal lain yang perlu dimiliki UMKM untuk bisa bersaing dalam sebuah bisnis yaitu market-nya, ingin bidik market mana. Lalu, di sisi kuliner enak adalah kewajiban bukan diferensiasi.

Dalam rangka mendukung UMKM Jember untuk terus berkembang, JNE Jember memberikan berbagai jasa dan solusi bagi para UMKM setempat.

JNE  adalah perusahaan yang dimiliki oleh putra bangsa. Jujur, bertanggung jawab dan visioner, termasuk dalam taglinenya “Connecting Happines” yang dimana tak hanya mengantarkan barang, tapi juga mengantarkan kebahagiaan.

JNE juga melaksanakan kegiatan sosial dan CSR seperti menyalurkan bantuan bencana alam pada erupsi semeru dan membangun yayasan yatim. Sedangkan program dengan para UMKM yaitu memberdayakan UMKM Jember sebagai partner untuk konsultasi bisnis UMKM, selain layanan bisnis terpadu. Selain itu, program UMKM lainnya adalah kolaborasi dengan bank BNI agar bisa memberikan permodalan kepada teman yang membutuhkan permodalan untuk bisnis mereka.

Untuk teman-teman pengusaha UMKM, bisa banget bergabung dengan JNE Gol..Aborasi Bisnis Online agar bisnis online kalian semakin berkembang. Jangan lewatkan kesempatan ini, ya!




Posting Komentar

10 Komentar

  1. Waw, ternyata Mbak Ika jago masak! Semoga usahanya bisa berkembang terus yaa. Dan angkat jempol untuk JNE dan program2 sosialnya.

    BalasHapus
  2. Semoga usahanya semakin maju dan berkembang.

    BalasHapus
  3. Luar biasa mbak Ika multitalent sekali, ngeblog dan berwirausaha jualan makanan. Salut JNE dan program untuk memajukan UMKM Indonesia.

    BalasHapus
  4. Tetap semangat bisnis kuliner ya, Mbak. Program JNE ini membantu dan memajukan UMKM di Indonesia ya, Mbak. Semoga bisnis kuliner Mbak Ika semakin laris manis.

    BalasHapus
  5. salut dengan JNE yg serjng mengadakan kolabirasi dan mensupport UMKM utk makin berkembang ya.. semiga sukses semuanyaa..

    BalasHapus
  6. JNE memang Oke. Banyak program kerjanya yang mensupport pelaku usaha kecil. Sukses selalu buat JNE dan buat Mbak Ika. Bravo.

    BalasHapus
  7. Mbak ika mah serba bisa deh. Ayo mbak ditelateni lagi jsaba kulinernya apalagi didukung sama JNE insyaallah jd lebih mudah jalannya. Semangat mbak

    BalasHapus
  8. Ayo mbak bikin masak-masakan lagi, aku mau pesan lagi. Emang enak masakannya mbak Ika... keren deh, jago masak, jago nulis. Mantaaap. Kek bisnis UMKM kalau didukung sama JNE.. makin mantaap!

    BalasHapus
  9. Diferensiasi produk memang diperlukan ya untuk produk-produk fashion. Beda lagi kalau makanan. Satu jenis aja asalkan enak, pelanggan bakalan balik lagi. Harus tau bener market yang mau dibidik yang mana ketika menjalankan usaha.

    BalasHapus
  10. Enak mbaa masakan mba ikaa. Lanjutin jualan makanannya mbak. Bikin catering harian pasti rame juga.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com