Kenapa Malas Nulis Blog? Ini Dia Alasannya


 Dear friends,

Pernahkah kalian malas ngeblog? Sering merasa stuck, nggak ada ide buat update blog? Atau nulis blog kalo pas ada job aja? 

Itu sih saya, hihi. Saya pernah berada di depan komputer berjam-jam tanpa menghasilkan apa pun. Rencana awalnya sih mau update blog, tapi kenyataannya nggak satu pun kalimat yang saya ketikkan di layar komputer. Itu seriiii..iing banget terjadi pada saya. 

Besoknya ketika ada keinginan buat nulis lagi, eh terjadi lagi deh, stuck di depan komputer. Terdistraksi lagi dengan hal-hal lain. Lalu, akhirnya nggak menghasilkan satu kalimat pun. 

Padahal beberapa tahun lalu, saya bisa ikutan tantangan one day one post loh. Kenapa sekarang nggak mampu ya? Padahal saya bisa mendapatkan penghasilan ya dari blog ini. 

Harusnya sih, sebagai blogger ya harusnya mampu menulis dalam kondisi apapun. Demi menghempaskan kemalasan untuk update blog, saya sampai harus menulis "to do list" dalam sehari. Dalam "to do list" itu saya selipkan untuk nulis blog. Yaah, meskipun seringnya nggak kejadian. *toyor pala diri sendiri. 

Ingat Tujuan Awal jadi Blogger 

Untuk mengembalikan mood buat nulis blog, biasanya saya minta bantuan suami untuk menyeting meja kerja. Saya punya meja kerja impian loh. Saya yakin, suatu hari pasti bisa saya wujudkan. Bismillah ya.


Kayaknya kalau meja kerjanya seperti ini, bikin semangat ngeblog bangkit lagi deh. Lalu ingat-ingat lagi awal perjuangan menjadi blogger hingga menjadi seperti sekarang. Dulu, saya memang ingin menjadi blogger profesional dan mencari penghasilan melalui blog. Masa sih setelah dapat apa yang diinginkan malah nglokro. 

Saya jadi ingat sentilan mba Uniek waktu halal bihalal komunitas blogger Gandjel Rel beberapa waktu lalu, mosok blogger kok update nya belum tentu setahun sekali. Blog nya sawangen. Hihi. 

Dalam acara halal bihalal itu mbak Uniek mengingatkan para member komunitas untuk tetap semangat ngeblog, meski selama dua tahun kemarin tidak ada event offline. Beliau juga mengingatkan para member untuk selalu proaktif berbagi ide dan sharing mengenai apapun yang berhubungan dengan dunia blogging. 

Satu lagi pesannya, update blog tuh jangan pas ada job aja. Duh, makjlep banget kan. Bisa dibilang, saya juga jarang update blog. Saya pun update blog kalau ada job saja*toyor lagi, hihi. 

Cari Ide untuk Update Blog

Ada ahli SEO yang bilang blog yang bagus itu adalah antara artikel berbayar dan organik seimbang. Kalo banyakan sponsor post nya, namanya blog pasar, wkwkwk. 

Jadi, berapa sih bagusnya artikel berbayar sama artikel organik? Ada yang bilang 80% organik, 20% sponsor aja udah bagus. Ada yang bilang 60:40% , ya nggak pa-pa. Diatur aja lah, asiknya gimana. 

Buat saya, ada ide buat nulis artikel organik aja udah lumayan. 

Kalau ada yang bilang, "lagi nggak ada ide buat ngeblog" tuh kayaknya klise banget. Bilang aja males, wkwk. Banyak banget kok, ide buat postingan blog. Misalnya aja cerita tentang aktivitas sehari-hari kita, cerita tentang hobi, cerita tentang perjalanan dan lain sebagainya. Bisa juga menulis tentang cerita atau pengalaman teman. 



Semangat ngeblog juga bisa dibangkitkan dengan cara, intip mbanking. Coba intip mbanking mu, apakah tabunganmu masih banyak atau sudah menipis. Biasanya kalau tabungan menipis, semangat ngeblog pasti bangkit lagi. Hihi, itu sih pengalaman saya sendiri. 

Semoga setelah ini, saya, kalian jadi makin semangat ngeblognya ya. Kalau tiba-tiba males ngeblog atau lagi stuck, nggak punya ide buat nulis, ya wajar aja. Asal jangan keterusan pokoknya. 

Selalu ada jalan buat mengatasi kondisi saat males ngeblog. Ini cerita dan pengalaman saya, kalau kalian gimana gaes? Sharing di kolom komentar ya!



Posting Komentar

0 Komentar