Menjaga Imunitas Anak Saat Kembali ke Sekolah

Dear parents,

Memasuki tahun ajaran baru ini, saya merasa kembali jadi ibu yang super sibuk. Saya musti multitasking dan kembali menjadi “macan ternak” alias mama cantik anter anak sekolah. Ya gimana lagi, tahun ini ada dua anak yang musti diantar jemput sekolah. Yang satu masih SD, satunya lagi sudah SMK. Untung si kakak masih libur kuliahnya. Kalau saja kakak sudah aktif kuliah, bisa-bisa saya bakal mengukur jalanan seharian karena musti antar jemput anak 3 kali. 

Karena anak-anak sudah mulai sekolah tatap muka dengan jadwal normal (masuk jam 7 pagi sampai sore) maka mau nggak mau saya musti menyiapkan bekal untuk anak-anak dan suami. Awalnya saya agak kagok ya, karena selama dua tahun lalu saya nggak melakukan persiapan seperti ini. Seperti kembali ke beberapa tahun lalu ketika kondisi masih normal. 

Tapi saya bahagia sekali, karena akhirnya anak-anak bisa sekolah offline lagi dengan jadwal normal alias fullday. Mereka pun senang karena bisa kembali bersekolah, bertemu dengan teman-teman sekolah dan guru mereka lagi. 

Sebelum subuh saya usahakan sudah bangun dan menyiapkan bahan untuk dimasak. Usai sholat subuh saya mulai masak nasi, lalu menyiapkan bahan masakan. Beruntung saya selalu melakukan food preparation sehingga waktu memasak bisa lebih efisien. Saya juga mengusahakan untuk memasak menu sederhana yang bisa siap dalam waktu sekejap. Selain itu saya juga mengusahakan untuk menyertakan buah dan vitamin bagi anak-anak saya. 


Meski sudah kembali sekolah tatap muka 100%, tetapi anak-anak dihimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan, juga cek suhu tubuh ketika hendak masuk lingkungan sekolah. Kabarnya masih ada varian covid yang masih terus berkembang. Rasa cemas pasti ada. Maka saya sebagai orangtua, harus mengupayakan perlindungan yang terbaik bagi anak-anak saya, mengingat tahun lalu kami sekeluarga harus merasakan juga bagaimana tidak enaknya terpapar covid 19. 

Jadi, karena mulai semester ini anak-anak akan banyak aktivitas di sekolahnya, pasti butuh banyak asupan energi untuk menunjang aktivitasnya. Sebagai Ibu saya juga wajib memperhatikan asupan gizi dan nutrisi bagi anak-anak saya. 

Apa saja sih yang bisa disiapkan untuk menjaga imunitas anak-anak saat kembali ke sekolah? 

Menjaga Higienitas

Kebiasaan baik menjaga kebersihan harus terus dipertahankan anak saat berada di sekolah. Pastikan anak terbiasa melakukan rutinitas higienis yang mendasar, seperti mencuci tangan setelah dari kamar mandi atau sebelum makan, juga bersin menggunakan tisu. Bawakan anak-anak tissue basah, hand sanitizer serta masker setiap harinya. 

Aktif Bergerak

Biasakan anak untuk berolahraga ringan, misal seperti senam atau bersepeda. Anak yang terbiasa berolahraga, sistem imun tubuhnya akan terjaga. Ajak anak untuk berolahraga bersama minimal seminggu sekali. 

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Sebagai orangtua, kita bertanggung jawab untuk menyediakan makanan yang sehat dan bergizi untuk tumbuh kembang anak-anak kita. Makanan bergizi tidak harus mahal. Misalnya saja sayur bayam dengan perkedel jagung yang murah tapi bergizi. Membawakan bekal untuk anak setiap hari bisa membantunya untuk fokus belajar di sekolah. Selain itu, membawa bekal dari rumah juga mencegah anak untuk jajan sembarangan. 

Lengkapi Nutrisi Anak dengan Suplemen



Saat pembelajaran tatap muka seperti sekarang ini, anak-anak akan bertemu banyak orang setiap hari. Apalagi ditengah banyaknya virus yang ada seperti ini, anak-anak memerlukan suplemen tambahan untuk menunjang kesehatannya. Anak-anak akan rentan terserang penyakit seperti flu, ataupun penyakit yang menyerang saluran cerna, misalnya diare. 

Untuk itulah, biasanya saya berikan juga suplemen yang diperlukan untuk menjaga saluran pencernaannya yaitu Interlac Vitamin D3.  Interlac Vitamin D3 ini berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan serta meningkatkan penyerapan kalsium pada sistem saluran pencernaan. Komposisi tiap tabletnya mengandung Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan Vitamin D3 400 IU. 


Anak saya menyukai vitamin ini karena hanya perlu dikunyah saja, tidak perlu menggunakan air untuk menelannya. 

Selain digunakan untuk menjaga kesehatan fungsi pencernaan pada anak serta orang deewasa, Interlac vitamin D3 juga membantu mengurangi dan mencegah diare, kolik, konstipasi serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Interlac Vitamin D3 bisa dibeli di apotik maupun marketplace seperti Shopee, Blibli maupun Tokopedia. Informasi lengkap mengenai Interlac, bisa kunjungi akun instagram @interlacprobiotics ya. 

Menjaga dan melindungi anak-anak dari penyakit yang diakibatkan pandemi merupakan hal yang wajib dilakukan. Kita tidak perlu khawatir untuk membebaskan anak-anak beraktivitas, asalkan tetap melaksanakan protokol kesehatan. 

Posting Komentar

0 Komentar