Cara Merawat Sepeda Motor Matic Agar Awet

Merawat Motor Matic Agar Tidak Cepat Bobrok



Dear friends,

Sepeda motor sudah menjadi alat transportasi utama buat saya dan keluarga. Awal menikah, kami hanya memiliki satu sepeda motor bebek saja untuk transportasi suami bekerja. Kemudian tahun 2011, kami membeli sebuah sepeda motor matic untuk saya kuliah. Alhamdulillah motor matic itu masih awet hingga sekarang, bahkan sekarang dipakai suami untuk bekerja. Sedangkan sepda motor bebek terpaksa harus pensiun karena sering rusak. Berkali-kali suami membawanya ke bengkel bahkan sudah menghabiskan bnayak biaya tetapi tetap saja motornya sudah tidak nyaman untuk dikendarai.

Akhirnya tahun 2016, ketika anak pertama saya akan masuk SMK, kami membeli lagi sebuah sepeda noitor matic untuk antar jemput anak-anak sekolah. Motor matic ini pas banget buat saya karena bodynya cukup besar (pas kan dengan body saya yang super gemoy, hihi). 

Sepeda motor saat ini sudah menjadi alat untuk menunjang aktivitas keseharian saya. Motor ini sangat berjasa, karena sudah mengantar saya kemana-mana. Beberapa tahun lalu, saya juga masuh berani wara-wiri Semarang-Purworejo mengendarai sepeda motor. Saya naik motor karena lebih cepat dan hemat. Semarang-Purworejo bisa saya tempuh dalam waktu 2,5 jam saja. Jika naik bus bisa 3 jam lebih. Untuk biaya, paling hanya habis 50 ribu buat beli pertamax saja. Sedangkan jika naik bus bisa lebih dari 100 ribu. Jadi, mending naik motor aja kan. Biarpun boyok serasa mau putus tapi selagi masih kuat hayuk aja lah. 

Tapi kalau sekarang sih, saya sudah dilarang berkendara motor terlalu jauh. Kalau masih di dalam kota masih diizinkan, tapi kalau agak jauh lebih sering disarankan untuk diantar dan dijemput saja. 

Motor matic saya duan-duanya masih nyaman dikendarai, tentu semua itu karena dirawat sama suami saya. Biasanya suami rutin membawa motor ke bengkel untuk perawatan rutin sekaligus ganti oli secara bergiliran. Biasanya sih beliau mengecek speedometer untuk melihat kilometernya. Jika sudah lebih dari 2000 kilometer, pastinya harus segera ganti oli ya. 

Gimana sih, cara merawat motor matic agar awet? Ada beberapa hal yang musti diperhatikan nih. 

  • Selalu panasi motor matic kita sebelum akan digunakan. Lakukan hal ini sekitar 5-10 menit sebelum siap dipakai.
  • Segera lakukan pengisian bahan bakar bila bensin sudah mulai habis. Hal ini untuk menghindari terjadinya keausan pada mesin. Selain itu, bisa bikin kita susah sendiri karena harus nuntun sepeda motor sampai nemu SPBU atau penjual bensin, kan. Kalau saya sih ogah, mending isi dulu full tank. 
  • Ganti oli motor matic secara berkala.
  • Perhatikan juga kondisi ACCU dan busi motor. Dua hal ini merupakan komponen penting dari motor matic kita agar motor tidak mudah mogok dan tetap nyaman dikendarai.
  • Periksa roler dan ventbeld. Jika harus ada penggantian spare part, gantilah dengan spare part asli.
  • Kondisikan kecepatan motor matic secara stabil. Jangan melakukan pengegasan yang tiba-tiba. Demikian juga sebaliknya, jangan langsung menurunkan kecepatan saat kita berkendara dengan kecepatan tinggi.
Sebenarnya merawat motor matic mudah, kan? Asal dilakukan secara rutin dan benar, motor matic kita pasti akan awet. Suami saya kadang mendelegasikan anak saya untuk membawa moto matic ke Planet Ban karena lokasinya dekat dengan rumah. Saya mengenal Planet Ban, saat dua motor matic saya harus ganti ban dalam waktu bersamaan karena ban motor robek. Suami akhirnya memutuskan untuk ganti ban tubles saja supaya lebih awet. Sejak itu, untuk mengisi angin saja kami biasa ke Planet Ban. 

Ternyata Planet Ban tidak hanya melayani penjualan dan pemasangan ban saja, tetapi juga bisa servis motor, ganti oli dan pembelian spare part. 



Selain memilih tempat servis yang dekat dengan rumah, pemilihan oli motor matic juga berpengaruh terhadap performa mesin motor. Suami memilihkan oli X-Ten untuk dua motor matic kami. 

Planet Ban sudah jadi solusi bagi kami untuk merawat motor matic kami. Planet Ban memiliki banyak cabang, di dekat rumah kami saja ada dua cabang.  Planet Ban juga merupakan toko suku cadang otomotif untuk kendaraan roda dua yang menyediakan berbagai jenis oli untuk semua jenis kendaraan roda dua. 

Pemilihan oli yang tepat untuk motor matic juga menentukan performa mesin motor kita loh. Cabang Planet ban ini juga banyak. Mau tahu bisa ngapain aja  di Planet Ban? Coba deh cek https://planetban.com/ dimana aja cabang-cabang Planet Ban di seluruh Indonesia. 

Sepeda motor itu mirip dengan manusia, harus dirawat dan dicek kesehatannya. Apalagi sepeda motornya setiap hari digunakan, pastinya harus nyaman dong. Kalau nyaman kan enak juga kita makainya. Jangan sampai pada kita memakai kendaraan, eh di tengah jalan malah mogok. Nggak banget, kan? 

Nah, beginilah cara saya merawat sepeda motor matic. Kalau kamu, gimana? Boleh dong, sharing di kolom komentar.


Posting Komentar

0 Komentar