Liburan Akhir Tahun Ini, Mau Ngapain Aja?


Dear friends, 

Libur tlah tiba....libur tlah tiba, hatikuu gembiraaaaa.... Hati siapa yang tak gembira menyambut liburan. Bulan Desember sepertinya adalah bulan yang ditunggu oleh anak-anak kita yang masih sekolah ya. Sebab, biasanya di bulan inilah mereka akan libur sekolah selama kurang lebih dua minggu. Mereka yang biasanya harus berangkat sekolah pagi-pagi, selama liburan ini bisa sedikit lebih santai karena tidak diburu-buru untuk berangkat sekolah. 

Biasanya, musim liburan begini banyak orang ramai-ramai menyusun rencana untuk bepergian. Entah itu piknik, pulang kampung atau sekadar menghabiskan waktu untuk makan bersama keluarga di luar rumah. Saya sendiri liburan ini belum memiliki rencana untuk bepergian. Entah nanti, kalau tiba-tiba ada rezeki dan waktu, mungkin kami sekeluarga akan mengunjungi Bapak dan menghabiskan waktu liburan di kampung saja. 

Kenapa liburan ini tidak kemana-mana? Tumben. Kami memang tidak kemana-mana liburan kali ini karena ada kebutuhan yang lebih penting daripada liburan. Liburan bisa kapan saja, tetapi kebutuhan yang satu ini tidak bisa ditunda-tunda lagi. Yang penting, kami masih bisa bikin kegiatan yang juga seru kok, meski hanya di rumah saja. 

Jadi, kegiatan apa yang biasanya kami lakukan untuk mengisi liburan di rumah?

Biasanya saya tanya anak-anak, mau ngapain aja selama liburan ini. Anak-anak sih pasti bakalan jawab, jalan-jalan atau pulang ke rumah Akung (Bapak saya) saja. Cuma, kali ini kan beda situasi dan kondisinya. Saya beri pengertian ke anak-anak kalau liburan kali ini kita hanya di rumah karena ada sesuatu yang lebih urgent daripada liburan dan jalan-jalan. Alhamdulillah, anak-anak mau mengerti dan menerimanya. Bersyukur memiliki anak-anak yang mengerti dengan kondisi orang tuanya. 

Untuk mengisi waktu liburan di rumah, biasanya saya dan anak-anak akan menyusun rencana-rencana kegiatan yang akan kami lakukan bersama.

  • Menonton Film Bersama



    Saya, suami dan anak-anak memiliki hobi yang sama yaitu nonton film. Kami biasa menghabiskan malam tahun baru dengan menonton film favorit bersama, tentunya ditemani cemilan dan minuman kesukaan kami. Tapi sesekali kami juga nonton film bersama di bisokop berlima. Seperti beberapa hari lalu, kami menonton film Avatar di bioskop dekat rumah kami. 

  • Memasak Bersama


Ketiga anak saya suka memasak. Kadang mereka suka mencoba-coba resep sendiri. Saya suka takjub sendiri melihat kreativitas anak-anak. Hasil masakan mereka juga enak, loh. Itulah kenapa saya tak pernah khawatir jika harus meninggalkan anak-anak berhari-hari untuk bekerja karena mereka sudah pandai memasak. Selama ada bahan untuk dimasak, mereka tidak akan kelaparan. 
  • Bermain Gim Bersama


Anak kedua saya, selain suka memasak juga sangat hobi bermain gim. Hampir separuh waktunya digunakan untuk bermain gim. Saya sampai penasaran gim apa sih yang dimainkannya? Kok bisa betah banget main gim berjam-jam. Karena penasaran, akhirnya saya ikut-ikutan membuka gim-gim yang dimainkannya dan mencoba untuk bermain juga.

Setelah saya cari tahu, rupanya anak kedua saya sedang gemar memainkan gim dari https://www.mortgagecalculator.org/money-games/  . Disana terdapat banyak jenis kategori gim yang bisa dimainkan. Saya aja sekarang jadi ikut-ikutan bermain gim. Ternyata gim nya seru-seru loh. 

Gim yang biasa saya mainkan diantaranya Grocery Cashier, Coffee Shop, Burger Shop, Cooking Fever dan Cash Back. Saya sendiri paling suka memainkan gim cooking fever. Itung-itung buat latihan memasak cepat dan latihan berwirausaha. Bermain gim cooking fever memang nagih. Apalagi gim ini memiliki level yang menentukan tingkat kecepatan untuk serving dish. Berasa memiliki resto beneran, deh. 

Game Cooking Fever

Ada beberapa kategori gim yang bisa dipilih di Money Games for Kids ini, diantaranya :

  • Money Games
  • Real Estates Games
  • Food Business Simulation Games
  • Business Simulation Games
  • Office Politics Games
  • Software Development Games, dan
  • Other Fun Games
Di setiap kategori ada beberapa gim yang bisa dimainkan. Seperti hal nya saya yang sedang menggemari permainan Cooking Fever di Money Game for Kids. Biarpun saya bukan anak-anak lagi, tetapi ternyata gim ini juga mengasyikkan buat saya yang seorang ibu-ibu. Bisa melatih kecepatan saya dalam menyiapkan makanan tanpa membuat pelanggan kecewa. Hihi...menyenangkan sekali. Saya rasa, kalian juga harus mencobanya!

Gim ini juga menjadi inspirasi buat saya yang ingin membangun bisnis sendiri, jika pensiun nanti. Nah, sebagai latihan, bisa lah saya memainkan gim ini saja. Hehe...

Selama ini banyak orang bilang kalau gim hanya membawa dampak negatif bagi pecintanya, padahal gim juga memiliki dampak positif kok bagi penggemarnya. 

Apa aja sih dampak positif bermain gim? Check this out!
  • Mengasah Aktivitas Otak 
  • Melatih Sportivitas 
  • Mengasah Kemampuan Kerja Tim
  • Melatih Kemampuan Multitasking, dan
  • Sarana Menghibur Diri
Bermain gim bisa menjadi sarana untuk menghibur diri, dan bahkan bisa mengembalikan semangat kita setelah beraktivitas asalkan tidak berlebihan dalam memainkannya. Berlebihan dalam arti sampai lupa waktu, dan lupa melakukan aktivitas lainnya. 

Bermainlah gim yang sesuai dengan usia dan pilihlah gim yang rekomended dan bisa meningkatkan ketrampilan kita. Pilihlah gim yang bisa bikin pikiran kita refresh bukan gim yang bisa bikin kita makin stress.

Saya yakin, liburan akhir tahun ini bakalan tetap berwarna meski hanya di rumah saja. Sampai jumpa di tahun 2023, dengan semangat yang lebih menyala, ya!











Posting Komentar

1 Komentar

  1. Liburan akhir tahun jadi momen menyenangkan banget memang apalagi saat bisa berkumpul dengan keluarga dan melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya nonton film bareng apalagi ada avatar baru, jadi pengin nonton. Biasanya ini dibarengi dengan masak bersama buat camilan nonton film. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com