Persiapan yang Wajib Dilakukan Sebelum Perjalanan Jauh Menggunakan Sepeda Motor

 Dear friends,

Saat masih muda dan badan masih kuat, dulu saya lebih suka bepergian menggunakan sepeda motor daripada naik kendaraan umum. Semua orang pasti tahu alasannya. Naik sepeda motor bisa mempersingkat waktu perjalanan, bisa menerobos kemacetan dan pastinya lebih hemat. 

Lagian, saya sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh. Tahun 2009 hingga 2013 saya pulang pergi Purworejo Magelang, seminggu dua kali untuk kuliah. Saya juga sering melakukan perjalanan Purworejo Semarang sendiri saat ingin bertemu dengan suami. Maklum kami dulunya long distance marriage, jadi kalau bukan suami yang ke Purworejo, saya yang datang ke Semarang. Syukurnya, sekarang kami sudah tinggal bersama lagi. 

Sejak berganti motor matic, saya memang lebih suka bepergian dengan sepeda motor. Apalagi motor matic ini motor impian saya. Selama menggunakan motor matic, suami selalu berpesan untuk rutin membawa si putih (nama motor matic pertama saya) ke bengkel untuk perawatan rutin. 

dokpri. si putih, teman setia saya

"Nanti kalau ke bengkel, minta mekaniknya untuk cek ban, accu, kampas rem, busi, oli gardan, oli mesin, dan filter udara, ya. Sekalian tune up juga, "begitu pesan suami saya.

Saya pun mengiyakan saja. "Service di Planet Ban saja, yang dekat rumah,"imbuh suami saya. 

"Kok, Planet Ban? Kan mau service bukan mau ganti ban," tanya saya, masih heran.

"Wah, ketahuan nggak update nih kamu, Planet ban bukan cuma jual ban aja, tapi bisa service motor juga. Bahkan, motor kita ini bakal mendapatkan service motor rasa mesin baru, udah lah bawa aja si putih kesana, "kata suami saya. 

Tak berlama-lama, saya langsung meluncur ke Planet ban yang lokasinya tak begitu jauh dari rumah saya. Hanya 10 menit, saya sudah tiba di Planet Ban, area Pedurungan Semarang. 

Sampai di bengkel, si putih langsung saya serahkan ke mekanik yang bertugas. Saya langsung sampaikan kepada mekanik, semua keluhan saya tentang si putih ini. 

Sebagai orang yang hampir setiap hari mengendarai si putih, saya mulai merasakan ketidaknyamanan saat mengendarai motor matic saya ini. 

Apa saja sih yang biasanya dilakukan mekanik saat service motor matic kita?

  1. Pengecekan Oli Mesin
    Oli mesin sangat penting dan berperan sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kita harus rutin mengganti oli motor matic sesuai jarak tempuh yang tercapai.  Rata- rata pabrikan sepeda motor merekomendasikan penggantian oli per 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kita bayar, meliputi biaya pembelian oli (harganya tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.
    Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.
  2. Oli Gardan



    Buat pengguna motor matic seperti saya, wajib ganti oli gardan secara rutin. Sebab fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Nah, waktu penggantiannya kita menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.
  3. Kampas Rem


    Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan untuk keselamatan dan keamanan berkendara adalah sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.
  4. Busi
    Busi merupakan part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.
  5. Cek Accu
    Idealnya tegangan aki berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Jika tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.
  6. Filter Udara
    Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, yang akan  memenyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.
  7. Pengecekan Ban
    Harusnya, sebelum service motor, kita harus memeriksa kondisi ban terlebih dulu. Mekanik biasanya akan memeriksan tekanan ban, kondisi ban secara keseluruhan (gundul atau tidak) dan sebagainya. Kondisi ban harus diperiksa secara berkala dan tidak bisa diabaikan begitu saja. 
  8. Tune Up
    Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

    Biasanya tune up selalu diiringi dengan penggantian oli mesin, oli gardan atau penggantian sparepart. Dan biasanya mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu dan jika kita setuju, maka mekanik akan segera melakukan perbaikan. 

Rekomendasi Bengkel Service Motor Terbaik

Salah satu bengkel bagus yang bisa kita andalkan untuk service motor adalah Planet Ban. Di bengkel ini kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru yang dikenal juga dengan sistem service terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini adalah untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. 

Servis di Planet Ban ada banyak manfaatnya, ini diantaranya : 

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kita tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya service jadi lebih hemat.
  • Kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.
Apa perbedaan service motor di Planet Ban dengan service di tempat lain?

Jika kita servis motor di tempat lain, biasanya masih terdapat  kotoran seperti debu, dan sisa pembakaran yang kadang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan mungkin sering pula kita temukan kotoran dan debu di blok CVT yang bisa membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kita melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan sampai kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru lagi. 

Service motor di Planet Ban bikin motor kita  seolah eperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, sehingga emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Nah, kalau begini, siapa yang hepi?

Nggak perlu khawatir tentang harga. Service motor di Planet Ban yang selengkap ini, cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-. Jadi, sisa uang buat service kan bisa buat nambah-nambah belanja, kan? 

Kalau kondisi motor fit, kan bisa diajak buat perjalanan jauh lagi. Kamu siap kan, putih?

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Kalo aku dulu, setelah diperbolehkan untuk naik sepeda motor sendiri, rasanya kemana-mana maunya naik motor. Hehe bahkan ke warung depan gang aja yang biasanya jalan kaki, pengennya naik motor. Hehe. Tapi semakin berumur, ehh diralat semakin matang usianya. Sekarang sukanya pake kendaraan umum, kereta misalnya. seru aja kalau naik kendaraan umum, banyak hal yang bisa dilakukan, sambil tengok kanan kiri menikmati pemandangan. Haha.

    Nah untuk service, biasanya aku lemparkan ke bapakku, jadi tinggal ngasih kode "Pak, sepedaku ndak enak (pemakaiannya). Nah Bapak dengan tangan trampilnya bisa utek-utek itu motor" Hehe. Salah satu previlage memiiki orang tua yang kerjanya Montir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapakku juga hobi utak atik motor/ mobil mba, sekarang hobinya nurun ke adikku. Jadi, bisa lah nyuruh2 adik buat nengokin motor, perlu diservis apa gitu, hihi

      Hapus
  2. Wah benar banget nih, Kak. Memang sudah seharusnya kita melakukan pengecekan terlebih dahulu agar di jalan aman

    BalasHapus
  3. Memang biasanya kalau cewe tidak terlalu memperhatikan motor ya, seperti saya hihi

    BalasHapus
  4. Bisa dicoba nih, Kak tipsnya ketika hendak bepergian jauh agar motor tetap aman

    BalasHapus
  5. Banyak banget ya ternyata hal yang harus diperhatikan agar motor tetap nyaman digunakan

    BalasHapus
  6. Kalau menurut saya memang sangat penting, Kak melakukan penggantian oli secara rutin

    BalasHapus
  7. Banyak banget ya keuntungan servis di planet ban mba
    Bener2 memanjakan konsumen yaa

    BalasHapus
  8. Itulah pentingnya cek and ricek kendaraan ya. Apalagi kalau mau menempuh perjalanan jauh..

    BalasHapus
  9. Suka ngerii kalo bawa motor sendiri terus ngga diperiksa dluu soalnya pernah bawa trus oleng hadeuuh untung ga kenapa2. -Jihan-

    BalasHapus
  10. Dulu pertama kali ganti ban motor, aku gantinya juga ke Planet Ban. Nah senengnya kalo mau pompa di sana, free. Eh sekarang malah bisa servis rutin ya, harganya juga terjangkau.

    BalasHapus
  11. saya paling takut kalau sudah masalah di rem dan ban. Alamat harus ke bengkel kan mbak. Untung Planet Ban itu dari rumah dekat dan banyak jadi ga bingung misal ada masalah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com