Apa Kabar IKN, Sudah Sejauh Mana Pembangunanmu, Kini?



Dear friends,

Jadi bener nih, ibu kota kita bakalan pindah? Jadi, ibu kota kita nggak di Jawa lagi dong? Kapan ibu kota baru kita siap huni? 

Beribu pertanyaan menggelayut di benak saya mengenai IKN ini. Sebenarnya, pak Presiden sudah memberi informasi mengenai wacana pemindahan ibu kota negara mengingat pulau Jawa sudah tidak memungkinkan lagi menjadi pusat semua kegiatan pemerintahan. 

Temu Influencer Semarang 

Nah, memangnya sudah sejauh mana sih pembangunan IKN kini?

Tanggal 01/12/2023 saya beruntung sekali menjadi satu dari puluhan peserta Temu Influencer yang bertema Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN?” itu digelar di Gumaya Tower Hotel., Semarang. Acara ini menghadirkan tiga narasumber, diantaranya Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary, Kepala Bappeda kota Semarang Budi Prakosa, serta Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya yang hadir melelaui tele conference.  

Kota Semarang menjadi salah satu kota yang berkesempatan menjadi tempat terselenggaranya dialog serta keterlibatan masyarakat dalam pembangunan IKN, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim. Makanya, di awal paragraf tadi saya mengatakan bahwa saya sangat beruntung bisa menjadi salah satu peserta Temu Influencer. 

Sebagai warga negara Indonesia, tentu saya merasa harus tahu, sudah sejauh mana sih pembangunan IKN, calon ibu kota negara saya? 

Sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa rencana pemindahan IKN merupakan sebuah upaya proses percepatan pembangunan, pemerataan, dan pemberdayaan kawasan Indonesia timur sehingga pusat pemerintahan tidak Jawa sentris lagi. 

IKN Sebagai Pusat Ekonomi Baru Indonesia

Penetapan IKN diharapkan dapat menjadi katalis untuk menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di wilayah lainnya di Indonesia sehingga pusat ekonomi tidak hanya di Jakarta saja. 

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Tahap 1 mulai dilaksanakan pada tahun 2022 sampai dengan 2024. Adapun pembangunan IKN Tahap 1 ini terbagi menjadi 3 alur besar, meliputi pembangunan perkotaan, pembangunan infrastruktur dan pembangunan ekonomi.

Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim


Rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara merupakan sebuah upaya proses percepatan pembangunan, pemerataan, dan pemberdayaan kawasan Indonesia Timur. P enetapan IKN diharapkan dapat menjadi katalis untuk menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Kalimantan dan Wilayah Indonesia Timur secara umum. 

Pembangunan ini mencakup pembangunan perumahan untuk ASN, TNI, Polri dan BIN yang berupa rumah tapak ataupun unit apartemen, tempat ibadah, pasar dan fasilitas akomodasi untuk mendukung konstruksi dan pemindahan tahap awal. Lanjut pada tahun 2023-2025, akan dibangun fasilitas penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, pusat inovasi hingga fasilitas kesehatan.

Rencananya, relokasi penduduk akan dimulai dengan pemindahan TNI, Polri dan BIN di tahun 2023. Sedangkan relokasi representasi badan eksekutif, legislatif dan yudikatif akan dilakukan pada awal tahun 2024. Keseluruhan rancangan pembangunan IKN Nusantara tahap 1 ini dinyatakan tercapai ketika pemindahan ASN telah dimulai. 

Kami lalu diperlihatkan gambar-gambar proses pembangunan IKN yang saat ini masih di tahap 1. Beberapa sudah nampak perkembangannya. Saya jadi pengen melihat langsung sujauh mana proses pembangunan IKN ini. 

Apalagi setelah mendengar pemaparan dari Sekretaris Otorita IKN yaitu pak Achmad Jaka Santos mengenai pembangunan IKN saya makin ingin pergi kesana. Jika suatu saat ada penawaran untuk hijrah ke IKN saya pasti bersedia. 


Meski masih dalam proses pembangunan, saya sudah bisa membayangkan bagaimana nantinya situasi dan kondisi IKN jika sudah benar-benar jadi dan siap huni. Saya takjup membayangkan apa saja fasilitas yang bakal ada di IKN nanti. 

Kabarnya IKN nanti akan memiliki konsep yang sama dengan kota Semarang, yaitu konsep Smart City. IKN digadang-gadang akan tersedia jaringan internet 5G. Ah jadi iri deh, mengingat kota Semarang sendiri malah belum 5G. 

Proses perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan tentu akan melewati Kota Semarang. Jika menggunakan rute penerbanangan, Kota Semarang menuju Kalimantan Timur lewat bandara di Balikpapan akan menempuh waktu 1,5 jam.

Kota Semarang diharapkan bisa menjadi pusat (hub) untuk suplai barang atau jasa ke IKN. Dalam pemaparan persentasi mengenai Kota Semarang dipresentasikan bagaimana perkembangannya sejauh ini. Meski sekarang ini belum ada dampaknya, tetapi 5-10 tahun akan datang baru terasa dampak pelimpahannya. 

Melihat progres pembangunan IKN saat ini saya sih optimis, visi Indonesia Emas tahun 2045 untuk  menjadi 5 negara dengan ekonomi terkuat di dunia bisa terwujud. 

 


Posting Komentar

9 Komentar

  1. Bener2 butuh proses yang nggak mudah. Semoga benar2 maksimal pengerjaan dan memberi kontribusi maksimal buat rakyat ya mbak, amin...

    BalasHapus
  2. Semoga meskipun IKN nanti sudah ada dan siap huni, kota lainnya di Indonesia juga bisa jadi smart city ya. Biar segera jadi negara maju, aaamiiin

    BalasHapus
  3. Semoga dengan adanya IKN, kesejahteraan masyarakat Indonesia makin meningkat dan merata, ya

    BalasHapus
  4. Wah..jadi tak sabar utk segera melihat IKN siap menjadi ibu kota negara kita yg representatif... Thx infonya mba Ika .

    BalasHapus
  5. Semoga rakyat Indonesia semakin sejahtera dengan adanya pembangunan IKN ini ya, Mbak. Jadi nggak sabar pengen lihat IKN ini, Mbak. Pembangunannya memang butuh proses yang lama ya demi mendapatkan pembangunan yang terbaik untuk semuanya.

    BalasHapus
  6. Mantap juga yaa... Semarang jadi hub menuju IKN. Ga heran, perkembangan kota tercinta ini juga ikutan pesat.

    BalasHapus
  7. Kemarin aku liat liat di medsos juga, sepertinya acaranya seru ya mbak? antusiasme para influencer semarang sangat keren. Semoga IKN kedepannya selalu sukses dan pembangunannya lancar.

    BalasHapus
  8. keren ya bun akhirnya terpilih mengikuti rejeki debay nih. Semoga kapan-kapan bisa ke IKN, kapan hari itu lihat postingan siapa lupa udh datang ke sana dan sedang pembangunan

    BalasHapus
  9. Fix pindah yaak.. Huhu. Tpi gpp biar ekonomi juga merata gak java centris mulu.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com