Kaleidoskop 2023 dan Resolusi 2024


Dear friends,

Tahun baru kali ini sama seperti sebelumnya, hanya di rumah saja bersama suami dan anak-anak. Pasalnya akhir tahun lalu saya sudah pulang ke kampung halaman karena acara pernikahan adik bungsu dan kami sempat berkumpul sejenak dengan keluarga besar beberapa saat. 

Kaleidoskop 2023

Pertama saya mau ngucapin selamat tahun baru 2024 ya, semoga tahun ini lebih baik daripada tahun-tahun lalu dan semoga Allah selalu melindungi serta menjaga kita semua. 

Seperti halnya tahun-tahun lalu, biasanya saya menuliskan target atau manifestasi yang ingin saya capai tahun depan setelah saya review perjalanan selama tahun ini. Setelah saya review sejenak, ternyata masih banyak target atau resolusi saya yang belum tercapai di tahun ini. Kemungkinan, bakal saya lanjutkan saja resolusi-resolusi yang belum tercapai di tahun ini. 

Dalam hal pekerjaan, tahun ini tidak banyak event yang bisa saya datangi. Blog saya juga tergolong jarang menerima pekerjaan. Tentu ini berdampak bagi saya yang memang mencari penghasilan dari blog. Sepertinya, blogger memang sudah waktunya beregenerasi ya. 

Hal ini membuat saya berpikir untuk mencari alternatif penghasilan lain dari hobi menulis ini. Saya mulai mencari-cari, apa yang kira-kira bisa saya kerjakan selain menulis blog. 

Sekitar pertengahan tahun lalu, saya dan suami berdiskusi untuk merintis usaha dalam rangka persiapan pensiun suami yang masa kerjanya akan berakhir tak lama lagi. Sebenarnya kami sudah ada usaha jasa pengiriman paket, namun mengingat tidak setiap hari ada orang mengirim paket, maka kami harus putar otak agar kami bisa mendapat penghasilan tetap selepas suami pensiun nanti. Alhamdulillah, sudah kepikiran sih mau usaha apa. Kini tinggal memantapkan hati dan menyiapkan segala sesuatunya saja. 

Selain itu, saya dan suami juga pengen ngajarin anak-anak untuk belajar berbisnis. Kami ingin anak-anak belajar mandiri dan salah satu caranya adalah mengajari mereka untuk bisa memaksimalkan potensi mereka. 


Harapan tahun lalu yang akan menjadi kenyataan di tahun ini adalah saya akan memiliki bayi lagi. Tahun lalu saya berharap bisa merawat bayi lagi karena saya merasa kesepian saat anak-anak sekolah. Saya jadi membayangkan bagaimana saat saya tua nanti, anak-anak bakal punya kehidupan sendiri dan akan meninggalkan saya. 

Dan Allah mengabulkan doa saya, saya hamil di usia yang sudah tidak muda lagi. Saya bahagia, karena Allah percayakan satu amanah lagi tahun ini. Alhamdulillah ya Allah.

Ada satu kebahagiaan lagi yang melingkupi keluarga besar kami tahun ini, selain akan bertambah cucu, keluarga Bapak Sunawal bertambah satu anak mantu lagi karena adik bungsu saya menikah akhir tahun 2023 ini. Pernikahan adik bungsu menjadi penutup tahun yang indah, karena hampir seluruh keluarga besar Bani Dulkamid Siswowardoyo berkumpul di Purworejo. Alhamdulillah...

dokpri. pengantin bersama para sepupu

Bapak dan anak-anaknya

Namun, jelang akhir tahun 2023 tepatnya tanggal 13 November 2023, kami harus kehilangan Bapak. Allah memanggil Bapak usai menunaikan sholat subuh beliau pagi itu. Sedih tak terkira karena saya merasa belum cukup berbakti pada beliau. Tetapi mungkin inilah yang terbaik untuk Bapak. Kami, anak-anaknya hanya bisa melanjutkan cita-cita beliau dan mendoakan yang terbaik untuk Bapak kami tercinta. Kami yakin, beliau sudah bahagia di sisi Allah karena akhirnya bisa bersatu kembali dengan kekasihnya yaitu Ibu yang berpulang 15 tahun lalu. Sudah nggak LDR lagi ya, Pak. 😭😭

Akhir tahun ini saya juga sempat ikut event jelajah jalur rempah yang diadakan oleh Disbudpar kota Semarang ke beberapa lokasi di seputar Semarang. Jalan-jalan sehari cukup menghibur saya yang sudah sekian lama tidak bepergian. Tahun depan mungkin saya akan lebih sering di rumah, karena akan ada boss baby yang musti diurus. 

dokpri. saya saat berada di kebun cengkeh zanzibar

Semua yang terjadi di tahun ini, benar-benar mengaduk-aduk perasaan saya. Tetapi, saya cukup bahagia, akhirnya putri sulung saya lulus sarjana di tahun ini dan akan segera melanjutkan pendidikan profesi apotekernya di tahun 2024 ini. Berharap, semua doa dan keinginan kami dimudahkan dan dilancarkan Allah SWT. 

Resolusi yang Ingin Diwujudkan Tahun Ini

Membuka Toko di Rumah

Beberapa tahun lagi suami akan memasuki masa pensiun. Saya belum bisa membayangkan, bagaimana suami yang biasa sibuk dengan rutinitas kantor tiba-tiba harus di rumah dan nggak ngerjain apa-apa. Kami akan menghadapi sesuatu yang baru. Biasanya ada gaji bulanan jadi nggak ada penghasilan rutin. Karena itulah, sebelum terjadi sesuatu kami merasa harus melakukan persiapan jauh sebelum suami pensiun. 

Rencananya, kami akan membuka toko ATK sekaligus agen pengiriman. Suami juga berencana membuat studio mini untuk dirinya sendiri bersama si kakak yang punya hobi sama, yaitu melukis dan membuat kaligrafi. Suami ingin hobinya bisa menghasilkan setelah pensiun kelak. 

Ingin Lebih Dekat dengan Keluarga

Bapak bersama anak, menantu dan cucu-cucunya

Setelah Bapak tiada, saya menyadari betapa waktu itu sangatlah berharga. Saya sadar, tak banyak waktu yang saya habiskan bersama Bapak. Waktu terasa begitu singkat. Saya merasa menyesal karena belum sempat berbakti pada beliau. Maka dari itu, saya ingin mulai tahun ini saya ingin menghabiskan waktu bersama suami, anak-anak maupun adik-adik saya. 

Saya ingin menciptakan kenangan sebanyak-banyaknya bersama mereka. 

Ingin Umroh atau Ibadah Haji bersama Suami


Saya selalu iri pada orang yang tiap tahun bisa umroh ke baitullah. Saya ingin, meski hanya sekali bisa merasakan nikmatnya beribadah di tanah haram. Makanya, inilah yang menjadi manifestasi saya setiap tahun. Saya hanya percaya Allah pasti akan menghijabah doa saya ini suatu hari nanti. 

Sementara ini, hanya resolusi inilah yang baru terpikirkan, entah kalau nanti bertambah lagi ya. Semoga Allah mudahkan saya dan suami mewujudkan apa yang kami manifestasikan tahun ini. Aamiin. 

Dan pada akhirnya, saya tak akan berlari untuk mengejarnya, mungkin akan berjalan saja semampu dan sekuat saya. 


Posting Komentar

14 Komentar

  1. Seru banget ya tahun kemarin. Semoga semua resolusi untuk tahun ini terkabul. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, alhamdulillah. Aamiin, terima kasih doanya mbaa

      Hapus
  2. Bismilah mba semoga resolusinya tercapai. Dimudahkan sm Gusti Allah. Lancar2 kehamilannya sampe lahiran nantiii 🥰

    BalasHapus
  3. Selamat ya mbaa..mau punya baby lagi..semoga sehat selalu bunda n baby-nya.. Semoga semua resolusi 2024 nya terkabul. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Allah, aamiin mbaa, terima kasih sdh mendoakan. Harapannya semua manifsetasi saya bisa terwujud tahun ini

      Hapus
  4. Semoga tahun 2024 lebih baik lagi dan lebih banyak rejeki lagi ya, Mbak. Saya juga pengen banget Umroh. Semoga kita segera banyak rejeki ya agar bisa cepat Umroh.

    BalasHapus
  5. Bismilah...semoga semua semua impian dan harapan di tahun ni kesampean ya mbak. Sehat2 selalu ya bumil

    BalasHapus
  6. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, dan semua harapan bisa tercapai. Semoga diberi kemudahan dan kelancaran saat kelahiran nanti. Sehat ibu dan debay nya.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah mbak Ika turut senang mau punya baby lagi semoga lancar hingga persalinan...dan tercapai apa yg diingankan

    BalasHapus
  8. Masya Allah hadiah ultah mba Ika nanti adalah debay, semoga sehat sehat ya mbak. Dan semoga resolusinya terwujud, bisa berangkat haji atau umroh bareng suaminya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa, hadiah spesial tahun ini. Aamiin, makasih doanya mbaaa

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com