All about my life

Thursday, 11 February 2016

Ingin Cantik dan Sehat? Konsumsi Buah Ini Secara Teratur

credit. pixabay
Dear Friends,
Ingin Cantik dan Sehat? Konsumsi Buah Ini Secara Teratur. Salah satu buah favorit saya adalah pepaya. Dalam seminggu pasti lebih dari sekali saya dan keluarga mengonsumsi buah berdaging merah ini. Buah yang bernama latin "carica papaya" ini berasal dari negara Meksiko, sebuah negara di Amerika Selatan yang akhirnya menyebar hingga ke Asia. Pohon pepaya memang tergolong pohon buah yang mudah dibudidayakan. Jenisnyapun bermacam-macam. Ada pepaya Bangkok, pepaya California, pepaya Cibinong, pepaya Hawai hingga pepaya gunung atau Carica. Hampir seluruh bagian dari pohon pepaya ini bisa dimanfaatkan, loh. Batangnya biasanya dimanfaatkan untuk jamu. Daunnya, selain dimanfaatkan sebagai jamu juga bisa dikonsumsi sebagai sayur. Buahnya bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara. Dari buah yang masih mentah hingga yang sudah matang.
Buah pepaya bisa juga dikatakan sebagai buah yang murah tapi nggak murahan. Kok bisa? Iya lah, ternyata buah yang identik dengan rasa manis dan daging buah yang tebal  ini memiliki banyak manfaat. Konon, buah pepaya tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tapi juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Nggak percaya? Baca ini dulu, deh!

Lihat nih, kandungan gizi dan vitamin yang terdapat pada buah pepaya cukup banyak. Diantaranya ada :
  • Vitamin A, B6, C, E, K
  • Asam Folat
  • Koli
  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Zat Besi
  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Serat/ Fiber
dokpri. Pepaya, salah satu buah favorit

Lalu, apa saja sih manfaat si pepaya ini untuk kesehatan dan kecantikan kita? 

1] Memperkuat Sistem Imun
Kandungan vitamin A, C dan beta karoten yang diperlukan tubuh untuk memperkuat sistem imun, terdapat pada buah pepaya. Pepaya bisa menjadi pilihan yang sehat untuk mencegah penyakit seperti flu, demam hingga infeksi.

2] Menyehatkan Tulang
Pepaya memiliki kandungan yang mampu menyuplai kebutuhan kalsium untuk tulang. Dengan mengonsumsi pepaya kebutuhan kalsium untuk kesehatan tulang dapat terpenuhi. 

3] Anti Inflamasi
Kandungan zat anti inflamasi pada pepaya dapat menghilangkan rasa sakit pada penderita osteoporosis, edama dan arthritis, lho. Enzim ini juga dipercaya memiliki sifat mencegah kanker.

4] Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan kalium, vitamin dan serat yang terdapat pada pepaya membantu tubuh untuk mencegah penyakit jantung. Merubah pola makan dengan meningkatkan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolesterol dan membantu mencegah penyakit jantung. 

5] Mencegah Penyakit Asma
Risiko berkembangnya penyakit asma lebih rendah pada seseorang yang mengonsumsi nutrisi tertentu. Salah satunya beta karoten yang terdapat pada pepaya. 

6] Mempercepat Penyembuhan Luka
Pepaya dapat ditumbuk dan digunakan untuk membalur luka dan mencegah infeksi pada daerah kulit yang terbakar. Enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep.

7] Melancarkan Pencernaan
Enzim papain yang terkandung dalam pepaya berguna membantu pencernaan. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air cukup tinggi yang sangat baik untuk mencegah sembelit dan melancarkan BAB sehingga menyehatkan saluran pencernaan. 

8] Baik Untuk Menurunkan Berat Badan
Enzim yang terdapat pada pepaya muda lebih banyak dibandingkan pada pepaya matang. Enzim ini memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme tubuh jadi lebih optimal dan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik. 

9] Menjaga Kulit Tetap Sehat
Kandungan vitamin C dan E pada pepaya membantu mengatasi kulit kering serta meremajakan kulit. Dengan rajin mengonsumsi pepaya kulit kering dan kusam dapat teratasi. Cobain, deh.

10] Merawat Kulit
Buah pepaya yang sudah berfermentasi dapat membantu melarutkan sel-sel kulit mati , memberikan kesegaran dan kesegaran kulit, membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.

Ternyata banyak buah pepaya ini kaya akan manfaat, ya. Selain bisa menjaga kesehatan, bisa juga digunakan untuk merawat kecantikan. Kalian Ingin Cantik dan Sehat? Konsumsi Buah Ini Secara Teratur!



55 comments:

  1. setiap hari sarapannya pasti pepaya nih saya mbak,stok wajib ada^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip...pasti sehat dan tambah cantik dong mb Hanna... ;)

      Delete
  2. Kebetulan sekarang lagi musim pepaya mbak,pesta pepaya. Aku suka banget sama buah - buahan kandungan seratnya tinggi, jadi nggak bikin susah BAB. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...siip, insyaAllah selalu sehat dan makin cantik ya dek ;)

      Delete
  3. Sama mba..saya juga suka banget pepaya. Sering dibuat campuran jus mix sayur-buah biar manis dikit hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata banyak yang suka ya sama pepaya. Buah yang kaya manfaat...ooh bisa juga begitu ya, biar nggak bosen ;)

      Delete
  4. inipun buah fav di keluargaku mbaa... yg paling penting krn dia bisa melancarkan pencernaan ke belakang ;).. mana murah dan enak... ada sih yg ga suka ama baunya... utk itu aku akalin ama perasan jeruk nipis dan sedikit gula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..toss mbak, memang ada sih..jenis pepaya yang baunya cukup menyengat. Boleh juga tuh tips nya :)

      Delete
  5. Recomanded banget... suka sekeluarga kita sama ini buah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..sip deh, cara sehat dengan mudah dan murah ya mb Hap? :D

      Delete
  6. Setuju mbak Ika, pepaya memang banyak manfaatnya ya terutama untuk memperlancar BAB, dan harganya termasuk murah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul mb Anjar, makanya untuk kebutuhan buah..yang wajib ada itu pepaya..hehe

      Delete
  7. Buah pepaya memang khasiatnya banyak ya mba, tqpi entah kenapa aku kok kurang suka ya... hahaha. Mungkin karena aromanya :D. Tapi kalo pepaya muda yang dibikin rujak itu aku mau makannya.. hihihi *pilih pilih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..aromanya gimanaaa gitu ya mb Molly...pepaya mengkal malah lebih banyak enzimnya lho mba..

      Delete
  8. Buah yg paling gampang dicari dan selalu ada di toko buah atau supermarket.nadia jg suka jd sering bgt beli pepaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buah yang gampang dicari karena ada terus sepanjang tahun ya mbak..hehe

      Delete
  9. Buah murah meriah ini. Tapi ... entahlah, sejak beberapa waktu lalu kok rasanya saya kurang beruntung berkenaan dg buah ini. Dapet yg jelek mulu, gak manis, kadang keras. Hiks... padahal hemat bgt mamam buah ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang agak susah ya milih pepaya yang bagus. Kalo saya suka pepaya California mb Wid...udah ketahuan dari bentuk, warna dan rasanya. Enaak

      Delete
  10. saya agak pemilih kalau urusan buah karena gak terlalu suka. Paling mangga yang saya suka banget. Tapi kalau lagi gak musim, pepaya memang salah satu buah pilihan yang menurut saya aman di lidah saya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangga juga favorit di keluarga saya...kalo lagi nggak musim ya pepaya ini gantinya..hehe

      Delete
  11. Saya gak terlalu suka dengan buah ini. Entah kenapa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal ini buah yang menyehatkan lho mb Nisa...hehe

      Delete
  12. Kurang suka pepaya.. :(

    tapi kalau adanya pepaya tetep aku makan ko daripada ga makan buah :P

    ReplyDelete
  13. okeee ini lagi ngupas pepaya, udah kuning jadi bisa dihajarrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjooot...mb Ev mah tiap bulan ada yang ngirimin buah, jadi makin sehat pastinya :)

      Delete
  14. Ak wajib banget sehari setengah pepaya california :D karena biar lancar BAB .eh ternyata banyak ya khasiat lainnya. Thanks for sharing ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyaaak banget manfaatnya mbak Maya...lanjutkan kebiasaan sehatnya yah

      Delete
  15. Ini salah satu buah yang harus aku konsumsi saban minggu krn aku sering mengalami masalah konstipasi...ngebantu banget ini buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo makan buah ini masalah konstipasi teratasi ya mbak?

      Delete
  16. waahh. baru tau ternyata selain bagus buat pencernaan bagus juga buat kecantikan kita ya mba

    sehat luar dalem dong ya
    saya cukup males makan buah2an huhuhu..harus segera rubah pola makan ni

    ReplyDelete
  17. Wihii... untung suka pepaya. Banyak sekali manfaatnya ternyata.. is iss iss...

    Tapi sayangnya banyak yg anggap remeh sama pepaya. Lihat deh di pasar kasian banyak yg akhirnya busuk begitu aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kalo tahu manfaatnya pasti pada buru2 beli pepaya..hihi

      Delete
  18. saya juga suka pepaya, tapi belum tiap hari makan. Selama ini tahunya cuma buat melancarkan pencernaan biar teratur ke belakang. Ternyata manfaatnya segudang. Besok beli pepaya ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tahu kan manfaat lain pepaya? buruan beli..hehehe

      Delete
  19. sukaaa mba, murmer..apalgi kalo matangnya pas

    ReplyDelete
  20. Aku sukanya yang masih mengkel, buat rujakan, hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus juga buat diet tuh..yang mengkal..*sambil ngaca :p

      Delete
  21. aseg, aku makin cintrong deh jadinya sm ni buah mbk ika, bsok beli lagi ah

    ReplyDelete
  22. aku suka pepaya, yg california itu nanem banyak dibelakang rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah asik dong, tinggal petik-petik aja kalo pengen makan pepaya...hehe

      Delete
  23. di rumahku yang suka pepaya cuma aku saja, pepaya buat aku enak dan membantu melancarkan pencernaan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dirumahku suka semua mbaak...selain melancarkan pencernaan banyak juga manfaat lainnya lho mba..

      Delete
  24. Itu buah kesukaan saya bu,,, di meja makan selalu ada, karena banyak mengandung vitamin dan mineral bagus untuk pencernaan,,,

    ReplyDelete
  25. Yaps, melancarkan BAB...ibu biasanya membelikan pepaya kalau anak2nya ada yang ngeluh susah BAB :D

    ReplyDelete
  26. Aku gak gitu doyan sih sama pepaya. Hihi. Tapi nganu, karena paling murah jadi sering diburu. Hahaha. FCers kawe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..padahal enak lho pepaya, bisa lancar acara nganunya :p

      Delete
  27. Wah, pepaya, enak nih, saya suka juga dengan buah ini, selain enak dimakan juga ada banyak dari manfaatnya buat kesehatan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip...selain itu murah meriah harganya :)

      Delete
  28. Suka sekali pepaya...kebetulan...
    Apalagi puasa-puasa seperti sekarang penting ya supaya tidak down
    TFS

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com