All about my life

Friday, 1 July 2016

Persiapan Mudik Lebaran ala Saya

Dear Friends,
Persiapan mudik lebaran- Tak terasa sudah 26 hari kita berpuasa. Artinya tinggal 4 hari lagi kita akan bertemu dengan Hari Raya. Bagi yang memiliki kampung halaman, tak sabar rasanya ingin segera pulang ke kampung halaman dan segera bertemu handai taulan. Keriuhan arus mudik lebaran sudah dimulai sejak beberapa hari lalu. Para pemudik sudah mulai memadati jalur mudik, terutama yang menggunakan kendaraan pribadi. Kemacetan sudah terjadi hampir di setiap ruas jalan utama. Pun dengan para pemudik yang menggunakan moda transportasi lain seperti kereta api, pesawat terbang, bus dan kapal laut. Mereka mulai memadati tempat-tempat keberangkatan mereka. 

Saya sendiri baru akan mudik pada H-2 lusa. Kebetulan kampung halaman saya juga masih satu propinsi dan bisa ditempuh dalam waktu 3 hingga 4 jam saja. Tahun ini adalah tahun kedua saya sekeluarga mudik menggunakan mobil. Beberapa tahun sebelumnya kami sekeluarga mudik menggunakan sepeda motor. Berhubung anak-anak sudah semakin besar dan barang bawaan semakin banyak, saya dan suami memutuskan untuk menyewa mobil. Maklum lah kami belum punya mobil sendiri (semoga tahun depan bisa mudik pake mobil sendiri. Aamiin), jadi menyewa mobil adalah solusi terbaik saat ini agar kami sekeluarga bisa mudik dengan aman dan nyaman.

Biasanya saya selalu prepare keperluan mudik 2 hari menjelang keberangkatan, karena barang bawaan cukup banyak. Persiapannya apa saja?

Persiapan Barang Bawaan
Mudik ke kampung halaman tentunya tidak cukup hanya sehari dua hari saja, kan. Tentunya banyak barang yang harus dibawa saat mudik. Pertama kali yang saya lakukan adalah packing pakaian. Packing pakaian ini yang menurut saya paling banyak menyita waktu, karena saya harus memacking pakaian untuk 5 orang sekaligus. Selain pakaian, barang bawaan lain yang tak boleh lupa adalah peralatan mandi, obat-obatan, bekal atau cemilan untuk di jalan dan buah tangan. Namanya aja mudik, jadi biasanya buah tangan adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh sanak keluarga di kampung halaman. 

Ini mau mudik atau mau pindahan yak :p
Bagi teman-teman yang mudik menggunakan kendaraan umum, ada beberapa tips agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak sekali peristiwa kejahatan yang menimpa para pemudik akibat dari kelalaian mereka sendiri. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
  • Jangan membawa terlalu banyak barang bawaan. Bawalah pakaian dan bekal secukupnya agar tidak terlalu repot membawanya.
  • Bawa uang cash secukupnya untuk menghindari kecopetan. 
  • Sebaiknya jangan memakai perhiasan yang terlalu mencolok pada saat melakukan perjalanan. 
  • Jangan menerima pemberian apapun dari orang asing, terutama makanan dan minuman. Bisa saja ini modus pelaku kejahatan 
  • Jangan bepergian sendirian, sebisa mungkin bergabunglah dengan beberapa teman agar bisa saling menjaga dan mengawasi satu sama lain. 
Persiapan Rumah yang Akan Ditinggal Mudik
Selain mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa mudik, tentunya kita juga harus mempersiapkan barang-barang maupun rumah yang akan ditinggal mudik. Sebelum mudik, biasanya saya selalu meninggalkan rumah dalam keadaan bersih. Artinya, sudah tidak ada sisa-sisa makanan, perabotan kotor, atau bahan makanan yang mudah membusuk di dalam kulkas. Saya juga melepas regulator gas dan kabel-kabel listrik untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan selama kita tinggal mudik. Beruntung, keluarga suami tinggal berdekatan jadi saya meminta tolong pada mereka untuk mengawasi rumah selama ditinggal mudik.
Beberapa tips ketika meninggalkan rumah untuk mudik :
  • Lepaskan selang regulator gas dan kabel-kabel listrik yang tidak digunakan seperti peralatan elektronik.
  • Kunci semua lemari, dan bawalah kuncinya.
  • Kunci kendaraan yang ditinggal di rumah dengan rantai dan gembok.
  • Pastikan rumah ditinggalkan dalam keadaan bersih, agar tidak mengundang binatang seperti semut, tikus dan kecoa.
  • Titipkan rumah pada tetangga atau sanak keluarga terdekat (untuk mengawasi kondisi rumah).
Persiapan Asuransi Kecelakaan
Di Indonesia sendiri "mudik" sudah menjadi tradisi tahunan bagi sebagian masyarakat menjelang hari raya. Moment seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang untuk berkumpul bersama sanak keluarga dan handai taulan di kampung halaman mereka masing-masing. Sayangnya, antusiasme masyarakat untuk mudik tidak sebanding dengan kesadaran mereka untuk menjaga keselamatan selama perjalanan. Hal ini terbukti dengan tingginya angka kecelakaan yang terjadi selama arus mudik maupun arus balik. Berdasar data dari Korlantas Polri tahun 2015, prosentase kecelakaan tertinggi adalah pemudik yang menggunakan sepeda motor sebesar 74,77 %, disusul kendaraan pribadi sebesar 16 % dan bus sebesar 3,67 %. Tingkat kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi kecelakaan juga masih rendah. Padahal nggak ada salahnya kalau kita mempersiapkan diri dengan asuransi kecelakaan. Ibarat kata sedia payung sebelum hujan, lah.

Saat ini PasarPolis.com tengah bekerjasama dengan PT. Zurich Topaz Life untuk menjalankan kampanye "Mudik Aman" sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dan tetap berhati-hati selama perjalanan mudik. Kampanye ini merupakan komitmen PasarPolis.com dan PT. Zurich Topaz Life dalam memberikan perlindungan terhadap para pemudik dengan nilai tanggungan hingga Rp. 25.000.000,-. Tahun ini merupakan tahun kedua PasarPolis.com memberikan 1.000.000 asuransi gratis selama masa mudik, dimana 200.000 dari polis tersebut akan diberikan kepada para pengemudi GOJEK yang melakukan perjalanan mudik.


Untuk mendapatkan polis asuransi kecelakaan dari PasarPolis.com dan PT. Zurich Topaz Life, kunjungi saja website www.mudik.pasarpolis.com dan lengkapi data diri seperti nama lengkap, jenis kelamin, kota, tanggal lahir, nomor handphone dan alamat email. Kemudian PasarPolis.com akan mengirimkan polis asuransi dari Zurich Topaz Life langsung ke alamat email yang didaftarkan. Polis asurnsi ini akan berlaku selama 30 hari sejak kita mendaftar. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera daftar!

 
 
Inilah persiapan mudik ala keluarga saya. Semoga perjalanan mudik kita aman dan lancar hingga sampai di kampung halaman ya, temans. Jaga keselamatan dengan tertib berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas selama perjalanan. Ingat keluarga besar yang menunggu di kampung halaman.

42 comments:

  1. banyak banget barang bawaan nya :) Asuransi kecelakaan itu sangat penting untuk keperluan mudik ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..iya
      Asuransi kecelakaan penting, buat antisipasi kalo terjadi apa-apa, bro

      Delete
  2. Mbaa kata cak lontong mudik itu gak usah bawa banyak baju, kan bukan mau minggat :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..betoool. Tapi karena takutnya males nyuci, jadi bawa bajunya banyaak..

      Delete
    2. kalau pake mobil enaknya emang pas bawa barang, bisa sepuasnya, kabeh dibruske nang bagasi.

      Delete
    3. Haha..iya, kursi belakang di lipet, biar barangnya masuk semua..:D

      Delete
  3. cabut selang gas..ya betul mbak jangan sampe lupa...

    ReplyDelete
  4. Met mudik ya mbak say,pokoknya selalu berdoa bismillah setelah sukses dgn persiapan dan perlengkapan mudik hingga selamat sampai tujuan☺

    ReplyDelete
  5. Selamat mudik Mba Ika.
    Kalau pakai mobil bawaannya segambreng begitu mah gak masalah.
    Hihihi, kalau saya naik kereta bawa segitu banyak, alaaaaamaaak rempong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..soalnya anakya juga segambreng mbak Ety
      Kalo pake angkutan umum, nggak bakalan bisa sebanyak itu barang bawaannya :D

      Delete
  6. Banyak sekali barang bawaannya Mbak. :D
    Semoga mudiknya lancar ya.

    ReplyDelete
  7. selamat mudik mbak, semoga selamat sampai kampung halaman

    ReplyDelete
  8. Wah, asik yg mudik yah. Hihiii... Giliran aku nungguin jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...asiik, Jakarta aman ada yang nungguin :p

      Delete
  9. Barang bawaannya banyek sekalii mbaa. Mau berapa minggu mudiknya? Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma seminggu sih..haha
      anaknya kan banyak, jadi barangnya juga banyak :D

      Delete
  10. Kucing2 dititpin kmn mbak?klo mo mudik aku mesti bingung cri orang buat dititipi muezza and the gank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Moci sama si Moka dititipin sodaranya suami say...jadi aman deh
      Trus gimana si Mueza n the Gank?

      Delete
  11. Saya juga mudik tapi pas H+2 Mbak. Ini kali pertama mudik sama Kak Ghifa jadi agal deg deg ser juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo mudik bawa bayi memang sedikit repot. Tapi seru kan? Biar jadi pengalaman juga buat kak Ghifa

      Delete
  12. Hi..hi..mbak, mau mudik atau pindahan tuh..! Banyak amat :))

    ReplyDelete
  13. Banyak banget yang dibawa Mbak Ika, hehehe. Aku mudik h plus 3 lebaran insyaallah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..maklum, aku keluarga besar mbak Wahyu..
      selamat mudik juga ya mbak?

      Delete
  14. podoooooo kayak mau pindahan xD daripad aada yang ketinggalan malah malesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia...repot dikit nggak pa2, yang penting nggak ada yg ketinggalan ya Mi?

      Delete
  15. Eh busyet mudik bawan nya banyak banget hahaha

    ReplyDelete
  16. banyak banget bawaannya Mba Ika :)
    btw selamat idul fitri yah Mba, minal aidin walfaizin, mohon maaf bila selama ini ada salah-salah kata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya mbak Ira
      Maaf lahir batin juga ya ;)

      Delete
  17. wuidihhh mbak sumpah bawaannya banyak bangettt, itu semobil aja udah penuh sama barang2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..maklum aku keluarga besar, jadi bawaannya bejibun mbak Ev :p

      Delete
  18. banyak ajah bawaaanya, Mbak. Dulu saya banyak bawaannya saat anak-anak masih kecil. Sekarang lebih simpel hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..mungkin nanti kalo anak-anak sudah lebih besar, bawaannya malah makin simpel ya Mak Chi :D

      Delete
  19. Aku mudiknya msh Jepara, jd bawaannya simple2 aja. Tp tetep kudu jaga keselamatan

    Maaf lahir batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lahir batin juga Jiaaaahh..
      enak dong mudiknya masih tetep sekota

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com