All about my life

Friday, 26 August 2016

Aplikasi My JNE, Kalau Ada yang Mudah Kenapa Enggak?

Dear Friends,
Menjadi orang yang gemar berbelanja online, mau tak mau pasti berhubungan dengan yang namanya ekspedisi atau jasa pengiriman barang. Biasanya perusahaan jasa ekspedisi ini sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan e-commerce terkait. Meskipun ada juga perusahaan e-commerce yang memiliki divisi pengiriman barang sendiri. Beberapa perusahaan jasa ekspedisi yang saya kenal, salah satunya adalah JNE. Saya memang paling sering menggunakan ekspedisi ini, baik ketika mengirimkan barang atau dokumen maupun ketika berbelanja online. Kadang toko online dimana saya berbelanja meminta saya untuk memilih jasa ekspedisi yang akan digunakan. Jadi, ya saya pilih JNE saja. Alasannya karena JNE adalah perusahaan jasa ekspedisi (kurir) yang memiliki reputasi baik dan pelayanannya cukup memuaskan.

sumber www.jne.co.id

Pengalaman Tak Terlupakan Menggunakan Jasa JNE

Saya jadi ingat pengalaman saya bersama JNE tiga tahun lalu, tepatnya pada tahun 2013 ketika saya masih tinggal di kota Purworejo. Saat itu saya baru saja lulus S1 dan ingin mencoba peruntungan dengan mendaftar CPNS di Dirjen PAUDNI Jakarta. Tanggal 7 Oktober 2013 adalah hari terakhir dokumen-dokumen dan surat lamaran harus dikirimkan. Padahal hari itu saya baru saja menerima ijazah dan  semua persyaratan harus lengkap hari itu juga. Singkat cerita, semua persyaratan dan kelengkapan untuk melamar baru siap sekitar pukul 21.00 WIB. Saya hampir menyerah, karena kantor pos jelas sudah tutup sejak sore. Saya menelpon suami dan beliau menyarankan pada saya untuk segera mencari agen atau konter JNE. Saya bersikukuh bahwa tidak ada agen atau konter ekspedisi yang masih buka selarut itu. Tetapi suami tetap meminta saya untuk mencoba datang ke konter JNE. Meski sangsi kalau konter JNE masih buka, akhirnya saya mau juga mencoba untuk datang kesana. Ternyata benar kata suami, konter masih buka ketika saya tiba di sana. Akhirnya saya bisa mengirimkan dokumen malam itu juga. Akhirnya saya bisa ikut tes seleksi penerimaan CPNS di Dirjen PAUDNI Jakarta. Saya benar-benar berhutang budi pada JNE.

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi My JNE

Hari Sabtu (20/08/2016) lalu saya bersama rekan-rekan blogger dan media diundang JNE untuk gathering di Here and Now Sky Bar, Hotel Louis Kienne Semarang. Dalam acara gathering tersebut hadir pula Bapak Mayland Hendar Prasetyo selaku Head of Division Marketing JNE, Bapak Marsudi selaku Head of Regional Jawa Tengah dan Ibu Murah Lestari yang merupakan Branch Manager JNE Semarang. Selain berbincang santai dengan para blogger dan media, pihak JNE juga menjelaskan beberapa layanan terbaru dari JNE.

Sumber : Twitter @JNE_ID
Sebelum dikenal dengan nama JNE, awalnya perusahaan jasa kurir (ekspedisi) dan logistik ini bernama  Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Perusahaan yang didirikan oleh H. Soeprapto Suparno dan Johari Zein pada tahun 1990 ini berdiri dengan modal 100 miliar rupiah tanpa investor asing. Perusahaan yang bergerak di bidang penanganan kegiatan kepabeanan, dokumen serta impor kiriman barang kini berkembang menjadi perusahaan kurir terbesar di Indonesia. 

Kini JNE memiliki tak kurang dari 5000 kantor cabang serta agen dan memiliki 16 ribu karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Jawa Tengah sendiri, JNE telah memiliki 9 kantor cabang, 14 kantor cabang mitra dan 478 agen counter di seluruh Jawa Tengah. Kini semakin banyak layanan-layanan yang dikembangkan, itulah mengapa 80% dari perusahaan e-commerce bekerjasama dengan JNE. Baru-baru ini JNE menerima penghargaan dari Popular Brand Award 2016 dan untuk kedua kalinya menerima penghargaan sebagai Top Brand Award 2016. Tak mudah bagi JNE mempertahankan prestasi dan reputasi ditengah persaingan yang begitu ketat. Namun JNE membuktikan dengan terus memperbaiki sistem layanan dan melakukan inovasi-inovasi terkait dengan layanan yang dibutuhkan masyarakat. Dengan melakukan pelayanan yang baik, responsif  dan terus berinovasi dalam berbagai layanan membuat masyarakat sebagai pengguna jasa JNE tak bisa pindah ke lain hati.

Nah, salah satu inovasi terbaru dari JNE adalah aplikasi My JNE.  Aplikasi My JNE ini didedikasikan untuk para pelanggan setia JNE agar semakin mudah mendapatkan pelayanan dari JNE. Dengan aplikasi ini pelanggan tak perlu repot membuka website melalui PC atau laptop untuk mengetahui proses pengiriman barang atau dokumennya. Mulai dari cek tarif (ongkir), lokasi counter atau agen terdekat hingga status pengiriman kini bisa melalui smartphone. Cukup download aplikasi My JNE melalui Google Play Store dan mendaftar, kita akan segera mendapatkan kemudahan dalam menggunakan layanannya.

Dokpri : Pasang dulu aplikasi My JNE di smartphone kita
Dokpri : Beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi My JNE
Dokpri : My JNE bisa langsung digunakan
Beberapa fitur yang ada pada aplikasi My JNE, antara lain :

Search Air Way Bill



Fitur ini dipergunakan untuk mengetahui status pengiriman barang kita. Tinggal masukkan no resi kemudian klik search, hasilnya sudah bisa diketahui. Bisa juga dengan cara memotret kode barcode yang ada di resi. Tinggal pilih cara yang kita suka saja.

Check Tariff



Fitur chek tariff dipergunakan untuk mengecek tarif ongkir perjenis layanannya ke mana saja. Jadi sebelum mengirimkan barang kita sudah punya bayangan, berapa rupiah biaya yang akan kita keluarkan untuk ongkos kirim barang tersebut.

JNE Nearby



Nah, kalau fitur JNE Nearby ini dipergunakan untuk mencari lokasi counter atau agen JNE yang terdekat dengan lokasi atau domisili kita. Tetapi kita harus aktifkan terlebih dahulu GPS smartphone kita, ya. Yang jelas, dengan fitur JNE Nearby ini kita nggak akan pusing karena muter-muter mencari counter atau agen JNE.

My COD



COD ini singkatan dari Cash On Digital. Bukan dietnya om Deddy Corbuzzier loh. Eh, itu mah diet OCD ya? Hehe. Fitur My COD ini semacam rekening virtual yang bisa digunakan oleh pembeli dan penjual online agar transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Pembeli dan penjual online harus sama-sama memiliki akun di My COD. 
Jadi fitur My COD ini bisa dipergunakan untuk mempermudah transaksi antara pembeli dan penjual. Nggak perlu repot pergi ke bank atau ke ATM untuk transfer. Cukup melalui My COD, transaksi jual beli jadi mudah dan cepat.
Seandainya ada trouble dalam transaksi, uang kita bisa ditarik kembali ke wallet My COD. Tuuh, enak kan.

My COD Wallet



Fitur My COD Wallet ini berisi data-data diri kita. Selain itu ada empat fitur di dalamnya, antara lain Transfer, Top Up, Cash Out dan History. Fitur Transfer dipergunakan ketika kita melakukan transaksi. Namun sebelumnya kita harus mempunyai deposit terlebih dahulu. Fitur Top Up dipergunakan ketika akan mengisi deposit. Sedangkan Cash Out dipergunakan ketika kita menghendaki pengembalian uang.

Jadi friends, semudah itu caranya menggunakan aplikasi My JNE. Kalau ada yang mudah, kenapa enggak?

Sumber :
Gambar logo JNE dari website www.jne.co.id
Foto dari Twitter JNE @JNE_ID
Gambar screenshoot milik pribadi penulis


16 comments:

  1. gambar2nya bagus dan jelas mbak...gudluk ya ...

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat banget ini MyJNE kalo buat cek tarif sama fitur My COD nya, jadi lebih enak gitu kalo belanja online, ga perlu takut ketipu hehe. Anyway artikelnya informatif mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Diko. Aplikasi My JNE ini memang bermanfaat banget, terutama buat para pelaku bisnis online.
      Hihi..alhamdulillah :D

      Delete
  3. Aku sdh unduh aplikasi MyJNE. Mmg ngebantu bgt kok. Informatif skali mbak tulisannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, mbak Archa kan juga pebisnis online. Betul kan, aplikasi My JNE membantu banget :D

      Delete
  4. My COD itu loh mba yg bikin ngiler para olshop. Pembeli jd gak takut ditipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nggak ada yang tertipu2 lagi ya mbak Sari?

      Delete
  5. Aku juga seringkali pakai aplikasi MyJNE, dan emang membantu banget buat cek tarif sama tracking paket

    ReplyDelete
  6. Aku punya dan pake aolikasi my jne juga loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, mempermudah kalo kita belanja online ya mbak :)

      Delete
  7. Meskipun saya hampir nggak pernah pakai JNE, tapi sudah tahu sejak lama tentang jasa pengiriman ini mbak. Pernah sih saya belanja online ngirimnya pakai JNE dan kantor saya juga pernah pakai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Anjar. Banyak juga kantor-kantor yang menggunakan jasa JNE untuk pengiriman barang

      Delete
  8. Aku sejak instal my jne, jadi makin rajin belanja online. Muahahahaha alesan aja xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..toss kalo itu, sama kayak akuuh :p

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com