Thursday, 8 June 2017

# Health # Lifestyle

7 Manfaat yang Akan Kita Dapatkan Bila Mengonsumsi Teh Hijau

Dear Friends,

Sudah menjadi tradisi di keluarga saya setiap pagi dan sore, ngeteh bersama. Biasanya Ibu selalu membuatkan teh manis hangat buat kami sekeluarga. Teh bikinan Ibu memang istimewa. Tehnya memang merk biasa, tapi karena Ibu membuatnya dengan penuh cinta makanya tehnya terasa istimewa. 
Kebiasaan minum teh itu masih terbawa hingga saat ini. Setiap pagi dan sore, saya rutin membuatkan teh untuk keluarga saya. Suami yang dulu nggak pernah ngeteh, sekarang jadi ketagihan, deh. Cuma bedanya, kalau dulu Ibu membuatkan teh hitam dengan aroma melati, sekarang saya ganti jadi teh hijau. Sesekali aja saya minum teh hitam, pas lagi kangen sama Ibu. 

teh-hijau


Kenapa saya pilih teh hijau?

Menurut sumber yang saya baca, kandungan dan manfaat teh hijau itu banyak loh. Terutama untuk kesehatan. Siapa sih yang nggak mau hidup sehat?

Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang diolah dengan metode pengukusan. Hal ini sangat baik karena kandungan katekin di dalam teh hijau tidak akan hilang. Teh hijau juga dinilai memiliki kandungan kafein yang jauh lebih rendah daripada kopi. Jadi kalau kita mengonsumsi teh hijau tidak perlu khawatir akan adanya efek tertentu. Selain itu di dalam teh hijau terkandung antioksidan penting, yaitu polifenol. Manfaat jenis antioksidan ini sangat vital bagi tubuh. 

Apa aja sih yang akan kita dapatkan kalau rutin mengonsumsi teh hijau?

1. Sistem Imun Meningkat

Teh hijau ini memiliki kandungan antioksidan berupa flavonoid dan polifenol yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini mencegah kita supaya nggak mudah sakit dan tubuh lebih kuat dalam menangkal serangan virus dan infeksi. Kandungan vitamin C yang terdapat pada teh hijau juga berperan penting, loh. Orang-orang yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah akan mudah jatuh sakit atau tertular virus. 

2. Terhindar dari Osteoporosis

Salah satupenyakit yang cukup ditakuti oleh orang-orang menjelang usia lanjut adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Bayangkan bila kita terkena osteoporosis. Kita nggak akan bisa bergerak bebas karena sedikit saja bergerak, resikonya adalah cedera. Nah, teh hijau memiliki kandungan fluoride yang cukup banyak dan berfungsi untuk menjaga tingkat kepadatan tulang, sehingga membantu mencegah timbulnya masalah kerusakan tulang. Termasuk  menurunkan resiko penyakit osteoporosis.

3. Terhindar dari Penyakit Neurologis

Teh hijau mengandung polifenol yang bermanfaat untuk melindungi bagian organ otak yang berfungsi untuk mengatur kemampuan ingatan dan menyerap informasi. Minum teh hijau ini secara rutin untuk mencegah kerusakan sel di otak dan mencegah penyakit neurologis seperti parkinson dan alzheimer.

4. Kulit Kita Lebih Sehat

Sejumlah penelitian menemukan adanya manfaat teh hijau untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Minum teh hijau secara rutin membantu kita memiliki kulit yang lebih segar dan bercahaya. Senyawa antidioksidan berupa polifenol berfungsi mencegah penuaan dini. Nah, kalian yang ingin memiliki kulit yang indah, coba deh konsumsi teh hijau secara rutin ya. 

5. Terhindar dari Penyakit Kanker

Para ilmuwan di Penn State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa senyawa yang terkandung di dalam teh hijau mampu menargetkan sel-sel abnormal. Epigallocatechin-3-gallate (EGCG), merupakan suatu senyawa yang ditemukan dalam teh hijau yang mampu membunuh sel-sel kanker mulut tanpa merusak sel normal. Senyawa polifenol dalam teh hijau juga membantu menargetkan sel mitokondria dan mengurangi kemampuan pelindung dari sel-sel kanker. Mitokondria adalah "powerhouses" atau bagian dari sel-sel yang bertanggung jawab untuk mengubah gula dan oksigen menjadi energi, yang diperlukan agar sel dapat berfungsi dengan semestinya. 

6. Kadar Kolesterol Turun

Teh hijau mengandung senyawa tanin yang berkhasiat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Senyawa tanin ini bekerja untuk melawan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Keberadaan LDL bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan plak di arteri, yang akan menimbulkan masalah penyumbatan di arteri. Ini sangat berbahaya, loh.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa kandungan zat katekin yang ada di dalam teh hijau bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol di dalam usus, sehingga dampak buruk dari mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol bisa diminimalisir. Nah, untuk menghindari masalah kolesterol tinggi, sebisa mungkin kita harus membatasi segala bentuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kita juga disarankan secara rutin mengonsumsi teh hijau yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. 

7. Berat Badan Turun

Siapa nih yang pengen punya berat badan ideal? *langsung ngacung. Saya sendiri termasuk perempuan yang memimpikan punya berat badan ideal. Makanya saya mulai rutin mengonsumsi teh hijau. Harapannya sih, bisa langsing seperti dulu lagi. Etapi alasan utamanya sih, lebih ke manfaat untuk kesehatannya. Kalau nantinya bisa langsing, saya anggap sebagai bonus. Hehe.

Teh hijau mengandung antioksidan berupa polifenol katekin berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, manfaatnya dapat mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh dengan mengubah lemak menjadi kalori. Fungsi lainnya adalah mengoptimalkan proses detoksifikasi di dalam tubuh dan menekan nafsu makan yang berlebihan. Ini sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan. 

Tuh kan, ternyata dampak dari mengonsumsi teh hijau secara rutin begitu dahsyat, loh. Kalian yang ingin terhindar dari beberapa penyakit tadi, coba deh mulai konsumsi teh hijau secara rutin.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan. 


38 comments:

  1. wah baru tau khasiatnya teh hijau, aku pribadi siy ga terlalu suka minum teh mba sekarang padahal dulu lagi zamannya masih kuliah suka banget bikin teh manis meski bukan teh hijau sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata khasiatnya banyak kan? Kalo bisa minum teh hijaunya ga usah pake gula, nggak pahit kok :D

      Delete
  2. Banyak juga manfaatnya. Ah, tapi ssya tetap masih milih kopi mba hshe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak loh. Aku juga suka kopi, tapi diimbangi teh dong, biar sehat

      Delete
  3. Replies
    1. Ho oh, enak dan bayak khasiatnya ya

      Delete
  4. Sama kaya ibuku juga biasanya pagi sore rutin bikin teh. Minum teh sambil kumpul bareng keluarga nyamaan banget yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pas minum teh bareng sambil nonton TV atau sambil ngobrol. Ya Allah kangen banget masa itu.. :(

      Delete
  5. Aku juga suka teh hijau. Meski sama anak-anak dibilang rasanya aneh :)

    ReplyDelete
  6. Teh hijau memang banyak antioksidan, bagus untuk kesehatan, ortuku kusarankan ganti teh hijau kalau mau ngeteh 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Vit, makanya aku juga sekarang minum teh hijau ini

      Delete
  7. Aku suka ngeteh mbak..tp klo yg teh hijau blm nyoba..kpn2 nyoba deh

    ReplyDelete
  8. Aku nggak kuat minum teh hijau mba :") asam lambungku naik pol tiap konsumsi ini huhu syedihhh padahal manfaatnya banyak yak

    ReplyDelete
  9. Mo minum rutin ah x aja bisa langsing hahhahah...

    ReplyDelete
  10. Wkwkwk...pasti bisa langsing lagi

    ReplyDelete
  11. Aq suaaaak smua jenis teh. Teh ijopun suka 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya mbak Indri...aku juga mulai suka teh hijau ini

      Delete
  12. Setiap habis makan saya selalu minum teh hijau, mungkin udah kebiasaan aja sih mbak. Banyak manfaaatnya jadi dikonsumsi tiap hari juga tak masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo udah terbiasa malah enak. Efeknya juga sudah terasa kan mbak

      Delete
  13. Aku suka dikasih gula, efektif gak ya buat ngurangi berat badan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lebih baik ga dikasih gula mbak Arin :p

      Delete
  14. Sbnrnya aku udh tau teh hijau memang lbh sehat.. Tapi rutin mau konsumsinya ini yg belum bisa :D. Dulu pas kuliah aku homestay dgn keluarga chinese mba. Dan mereka suka ngeteh hijau.. Ibu pemilik rumah itu udh umur 70 pas aku msh di sana. Tp dia dan kluarganya sehat semua, msh aktif jalan dan ga kliatan kalo dia udh 70an. Dia sendiri bilang kok, minum teh hijau tiap hr. Tp jgn teh2 hijau yg banyak dijual di pasaran yg udh jadi :p. Itu mah udh ada kandungan gulanya. Sama aja khasiatnya udh ga sebagus dgn yg kita seduh sendiri tanpa gula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak Fanny, lebih baik nyeduh teh hijau sendiri. Aku pengen bisa rutin minum teh hijau ini

      Delete
  15. Aku dulu rutin minum mbak soalnya memang suka sama teh, sekarang sudah berenti, mau mulai lagi ah soalnya manfaatnya banyak ya terutama untuk kangker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak Ev, mulai minum lagi teh hijau nya

      Delete
  16. Dulu, waktu masih gadis, suka bgd minum teh hijau, bagi aku bikin badan seger rasanya mbk, nah sjk jd mamak2 udh gk pernh minum teh hijau lg, tp abis baca tulisan dikau ini mbk, aku jg pgn ngeteh hijau lageeeee,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan...ayok minum teh hijau lagi yuuk

      Delete
  17. Semacam kudu segera ngganti kopi hitam dengan si teh hijau nih.
    Atau kalau berat, selang seling dulu boleh kan ya mbak?

    *tossmugkopi
    *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai kurangi kopi yuk Bunsal, ganti dg teh hijau
      boleh lah selang seling, kalo langsung cut ntar malah kaget

      Delete
  18. Teh hijau rasanya pahit. Tapi kadang bikin nagih :D

    ReplyDelete
  19. Pernah beberapa kali nyoba teh hijau. Tapi aku orangnya nggak rutin. Cuma kalau kepingin saja.

    ReplyDelete
  20. mbak, saya baca dari produk teh hijau sendiri, kalau minum teh hijaunya sebaiknya tidak setiap hari mbak. kurang bagus berarti ya mbak minum teh hijau tiap hari

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1