Dalam sebuah dapur pasti terdapat segala macam perlengkapan yang kita butuhkan untuk memasak. Beberapa perlengkapan ini harus kita lengkapi karena tanpa tanpa ini kita tidak dapat memasak makanan untuk keluarga kita. Satu barang yang wajib kita miliki di dapur adalah kompor. Jika dulu kita menggunakan kompor berbahan bakar minyak tanah, namun seiring berjalannya waktu saat ini banyak ibu rumah tangga yang menggunakan kompor berbahan bakar gas. Kompor dengan bahan bakar gas lebih efisien dan mempunyai nyala api yang bagus sehingga makanan yang kita masak lebih cepat matang. Tentu saja, harga kompor gas ini jauh lebih mahal dibanding dengan harga kompor minyak. Kompor gas ada berbagai macam jenis, namun tetap saja harganya tidak murah. Karena kompor memiliki peran penting di dapur, maka kita harus tahu bagaimana cara merawatnya. Nah, dengan rajin merawat kompor pasti kompor gas kita akan lebih awet. Saya sendiri memiliki kompor gas yang dibeli suami sejak sebelum kami menikah. Itu artinya sudah lebih dari 16 tahun kompor gas itu menemani kami. Itu karena saya dan suami selalu merawatnya.

Cara merawat kompor gas agar tetap awet adalah sebagai berikut :
1.  Memasang regulator dengan benar
     Kita harus dapat memasang regulator dengan benar agar api nyala api lebih bagus.
2.  Meletakkan kompor gas terpisah dari tabung
     Hendaknya meletakkan tabung gas terpisah dari kompor

Memasang regulator degan benar tidak hanya akan membuat nyala kompor gas kita lebih bagus tetapi bisa juga dapat membuat kompor gas awet dan aman. Meletakkan kompor gas lebih jauh dari tabung gas juga akan membuat kompor gas aman. Cara lain merawat kompor gas (baca : disclosure) adalah selalu membersihkan kompor setelah selesai dipakai. 

Saya yakin, membersihkan kompor adalah suatu hal yang tidak sulit karena sekarang ini banyak kompor yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan. Kompor akan awet dan selalu nampa bagus bila kita rajin membersihkannya. Cara yang lebih mudah agar kompor awet adalah : 
  • Meletakkan kompor di ruangan yang mempunyai udara cukup.
  • Mematikan kompor apabila tidak dipergunakan.
Tujuan meletakkan kompor di ruangan yang  memiliki aliran udara cukup adalah agar  udara di dalam ruangan tidak pengap. Mematikan kompor setelah digunakan atau saat tidak digunakan adalah salah satu cara untuk merawat kompor gas. 

Bagaimana? Mudah bukan cara merawat kompor gas dengan baik.