Mengapa Sarapan Sehat Itu Penting? Ini Alasannya

Dear Friends,
Menurut penelitian ahli gizi dari Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan), 7 dari 10 anak Indonesia usia 7-12 tahun kekurangan gizi karena tidak pernah sarapan. Padahal anak-anak di rentang usia tersebut sangat membutuhkan gizi untuk pertumbuhannya. Kalau sampai anak-anak kekurangan gizi, bagaimana mereka akan dapat tumbuh optimal?

Sarapan Sehat
Ternyata, tak hanya anak-anak saja yang membutuhkan sarapan. Orang-orang dewasa seperti kita juga membutuhkannya. Tapi kebanyakan dari kita sering mengabaikan sarapan, dengan berbagai alasan. Karena buru-buru lah, tidak sempat menyiapkan sarapan lah hingga malas untuk sarapan karena alasan diet. Padahal saat kita tidur malam, kita telah berpuasa setidaknya selama 7-8 jam. Saat kita istirahat, tubuh kita akan menurunkan aktivitas metabolisme dan menggunakan energi serta nutrisi dari dalam tubuh. Ibarat sebuah kendaraan yang membutuhkan bensin  maka tubuh kitapun membutuhkan energi dari makanan. Melewatkan waktu sarapan akan membuat kita melampiaskan rasa lapar pada makanan yang mengandung lemak dan kalori untuk menghilangkan rasa lapar.

Tapi, sarapan seperti apa yang baik untuk tubuh kita? Apakah sarapan dengan porsi yang banyak? Apakah sarapan yang mengacu pada 4 sehat 5 sempurna? Ternyata bukan. Sarapan sehat bukan karena kuantitas makanan yang kita makan tetapi kualitas dari makanan tersebut. Setidaknya makanan (sarapan) yang kita makan mengandung 3 jenis nutrisi yaitu Makronutrisi, Mikronutrisi dan Phytonutri.
  • Makronutrisi terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein yang berfungsi sebagai penambah energi, pembentukan hormon.
  • Mikronutrisi terdiri dari vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatkan fungsi tubuh, antioksidan dan memperbaiki kerusakan sel.  
  • Phytonutrisi merupakan nutrisi yang hanya terdapat secara alami pada tumbuhan yang berfungsi mencegah semua penyakit kronis termasuk kanker dan membantu detoksifikasi tubuh.

Hidup sehat seimbang
Lalu, apakah kita bisa menyeimbangkan asupan gizi dan nutrisi yang kita butuhkan? Nyatanya hingga saat ini 2/3 masyarakat perkotaan mengalami kelebihan makronutrisi dan kekurangan mikronutrisi. Dan yang paling memprihatinkan masyarakat memiliki phytonutrisi yang sangat minim.
Untunglah, kini Melilea hadir untuk memberikan solusi bagi kita. Sebagai pelopor makanan organik, Melilea menyediakan sumber mikronutrisi dan phytonutrisi dengan konsep WholeFood. Konsep WholeFood adalah konsep seperti mengonsumsi makanan seperti saat makanan tersebut berada di alam, karena Melilea hanya menggunakan bahan dengan klasifikasi organik bintang 5. Dan semua nutrisi yang kita perlukan ada pada Melilea. Produk-produk Melilea sangat aman di konsumsi, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Jadi, kita bisa menyiapkan sarapan sehat nan praktis ala Meliea untuk seluruh anggota keluarga.
Itulah mengapa sarapan sehat sangat penting, karena sarapan bisa menjadi sebagai sumber energi, mampu mengontrol berat badan, mengembalikan metabolisme tubuh, meningkatkan konsentrasi, meregenerasi sel kulit dan mampu menjaga kesehatan jangka panjang.
Sarapan memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan kita, makanya jangan lewatkan waktu sarapan. Yuk, sarapan sehat!


Posting Komentar

50 Komentar

  1. Uniknya justru di pagi hari inilah kesibukan luar biasa terjadi, sampai2 susah buat sarapan dan akhirnya beli di luar. Padahal kalau mau dibiasakan, sarapan sehat bisa dibuat praktis, menurut saya.
    Produk melilea yg pernah saya konsumsi baru susu kedelainya saja. Yang lainnya baru liat *telat ya-_-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya waktu kecil saya sudah dibiasakan sarapan, cuma sering lewat karena buru-buru, paling hanya sekedar minum teh dan makan cemilan. Sekarang saya mengharuskan anak-anak untuk sarapan, setelah tahu betapa pentingnya sarapan :)

      Hapus
  2. Sebenernya sudah tau kalo sarapan itu penting, tp kok ya sering telat karna ngurusin kerjaan RT kalo pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang aku selalu mengusahakan bangun lebih awal untuk nyiapin sarapan buat suami dan anak-anak... bikin sarapannya yang praktis-praktis aja mbak hehe

      Hapus
  3. Sekarang udah komit gak akan melewatkan sarapan pagi demi kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip mbak Ety, jangan melewatkan sarapan meskipun hanya sarapan praktis

      Hapus
  4. Udah lama cuma bisa sarapan yang ringan , seperti buah. Tapi kalo pas gak ada stok,ya udah minum teh dan cookies 3 biji udah cukup :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak Wati...aku juga sudah nggak bisa sarapan yang berat-berat..

      Hapus
  5. Kadang terburu waktu bikin ngak sarapan padahal penting yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..iya, kalo buru-buru siapin aja sarapan praktis mbak

      Hapus
  6. Aku slalu sarapan mbak, soalnya kalo telat sarapan pasti badan gemetar mata kunang kunang dan hati jadi resah... alah.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..gitu ya mbak Din, bagus lah...harus sarapan biar nggak resah hati

      Hapus
  7. Kadang saya malas sarapan karena tergesa-gesa berangkat kerja, mbak Ika. Padahal sebenarnya sarapan itu penting ya. Apalagi sarapan makanan bergizi seperti melilea ini, dijamin aktifitas kita semakin lancar ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski sedikit, kita harus meluangkan waktu sebentar buat sarapan mbak Anjar..supaya ada energi untuk beraktivitas

      Hapus
  8. saya suka minum susu kedelainya melilea, enakkk..
    tapi sarapannya suka ga sempet :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo doong, sempatin sarapan...biar berenergi sepanjang hari..:D

      Hapus
  9. Saya jarang banget sarapan kalau minum pasti. Tapi sarapan penting sekali setelah baca artikel ini. Ada penjelasan bahwa kita sudah puasa 7-8 jam besoknya pasti perlu energi lagi dong :)
    Terima kasih sharingnya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..sering dburu waktu ya Teh. Makasih sudah mampir.. :)

      Hapus
  10. Ya iyalah mba masa anak kecil aja yang butuh sarapan :D pasti nya orang dewasa juga butuh tuh mba yang namanya sarapan :D hha

    BalasHapus
  11. Aku selalu melupakan sarapan, jadilah berat badan gak isa terkontrol hik hik hik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lagi-lagi melewatkan sarapan ya

      Hapus
  12. Alhamdulillah mbak saya belum pernah meninggalkan saran pagi dan juga menu makan yang sehat karena itu dikeluarga sudah menjadi menu pokok agar hidup yang lebih sehat.

    BalasHapus
  13. Aku sampe skr ga bisa sarapan menu besar mbak. Paling roti selembar atau sereal aja. Klou kebanyakan malah mual. Apalagi sekarang lg hamil sarapan buah tok yg lain kluar lg dgn suksesnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting tetap ada asupan makanan saat sarapan say..

      Hapus
  14. Setujuuu.. saya juga yang selalu sarapan mba ika...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip Manda, supaya selalu berenergi ya :D

      Hapus
  15. aku paling gak bisa mbak kalo gak sarapan. pasti loyo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kaan...betapa pentingnya sarapan ya dek Ocha :D

      Hapus
  16. Aku sering lupa sarapan mbaaa... ntar jam 9 gitu baru deh kepyur2 berasa lemes dan mendamba sarapan sedhunak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..nek sarapane sedhunak ya malah ngantuk biasane mbak Uniek :D

      Hapus
  17. Sarapan emang penting ya,konon kata dr Oz orang yg gk sarapan pagi hari bikin memory cepet menyusut😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Tanty, karena biasanya perut lapar jadi nggak fokus, kan. Akibatya memory menyusut :D

      Hapus
  18. Saya dari kecil nggak terlalu suka sarapan, paling cepet makan pagi itu jam 10.00. Kalaupun ada yang masuk, paling banter air putih. Dulu sempat setahun penuh sarapan buah, kerasa enak banget di pencernaan, cuma harga buah nggak karu=karuan jadinya balik lagi ke nggak pernah sarapan seperti kebiasaan lama. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...sudah kadung terbiasa nggak sarapan ya mas Eko? Tapi anak-anak nya harus tetap di motivasi untuk sarapan, lho :D

      Hapus
  19. Mbak setiap pagi saya itu selalu ngomporin murid saya utk sarapan, tapi ada-ada saja murid saya yang nggak sarapan. Dan kenyataan nih ya, pasti yang nggak sarapan tuh ya pas udah sekitar pukul 8.00an lah langsung ndlosor nyelehke kepala, loyo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..soalnya mereka nggak ada energi untuk berfikir, jadi banyak yang loyo dan nggak fokus. Ayo tetep di semangati anak-anaknya bu Guru :D

      Hapus
  20. Wah iya, aku kalau nggak sarapan bingung nggak bisa mikir, jadi lemot gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuuh kaan, karena kalo nggak sarapan kita nggak ada energi untuk berpikir..hehe

      Hapus
  21. Wah jadi ngga boleh skip sarapan nih saya, makasih bunda tulisannya menampar saya untuk tidak melupakan sarapan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, diusahakan untuk selalu sarapan meski sedikit :)

      Hapus
  22. saya termasuk orang yang jarang sarapan Mba Ika apalagi kalo bangunnya kesiangan, udah nggak mikirin sarapan lagi, yang ada di pikiran adalah gimana caranya biar nggak telat ke kantor, kalo telat potong gaji soalnya, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..berarti solusinya mbak Ira harus bangun lebih pagi, biar bisa sarapan..hehe :D

      Hapus
  23. Aku selalu dan wajib kalau sarapan, Nyah. Maklomlah kecil begini energi yang dikeluarkan besar. Kalau nggak sarapan lemes menghadapi hari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi pekerja kantoran sepertimu yang kerjaannya bejibun, kalo nggak sarapan berabe tuh.. :D

      Hapus
  24. Hidup sehat memang harus 'dipaksakan' agar terbiasa, ya, Mba? Cuman ya itu, pagi hari adalah wkt paling sibuk sehingga ini ga sempat itu tak sempat. Haha. Itu mah saya.
    Tapi mulai bbrp bulan terakhir ini saya mulai membiasakan diri dengan sarapan sehat lho, cuma blm pernah nyoba produk2 Melilea. Kudu nyoba juga nanti, ah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..apalagi wanita pekerja seperti mbak Al yang mobilitasnya tinggi, harus memulai hari dengan sarapan. Kalo tidak, bisa-bisa kerjanya tidak fokus karena kurang energi, jadi nggak semangat deh..hehe

      Hapus
  25. Diriku males sarapan mak...klo pagi bawaanya melaku2..hehe

    BalasHapus
  26. Diriku males sarapan mak...klo pagi bawaanya melaku2..hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com