Uang THR, Untuk Apa Saja?

Dear Friends,
Apa yang biasanya selalu ditunggu-tunggu menjelang Lebaran? Yups, THR atau Tunjangan Hari Raya. Saya sendiri sekarang hanya menerima THR dari suami saja. Alhamdulillah, hehe. Suami menyerahkan sepenuhnya pada saya urusan THR ini. Meski begitu, tentu saya tidak bisa menghabiskannya tanpa perhitungan. Biasanya THR dari suami akan saya keluarkan sesuai dengan post nya masing-masing. 
Apa saja?

Uang THR
THR untuk Orangtua
Saat ini tinggal Bapak, satu-satunya orangtua yang saya miliki. Meski beliau tak pernah meminta tapi rasanya memberikan sedikit rejeki yang kita miliki akan mampu menyenangkan hatinya. 

Zakat Mal
Saya dan suami menyisihkan sebagian THR untuk zakat mal (bukan zakat mall lho ya..hehe). Besarannya adalah 2,5% dari total penghasilan suami selama satu tahun.
Membeli Keperluan Lebaran
Salah satu pengeluaran yang bisa dibilang tetap adalah membeli keperluan Lebaran. Entah itu kue-kue, bingkisan, baju untuk anak-anak dan oleh-oleh. Kalau ada rezeki lebih biasanya suami meminta saya mengirim bingkisan Lebaran ke beberapa orang yag membutuhkan.
Membayar Sewa Mobil untuk Mudik
Tahun ini untuk kedua kalinya saya mudik mengguakan mobil sewaan (rental). Sudah tahu kan ya alasannya. yang utama karena barang bawaan keluarga saya yang banyak, jadi akan lebih nyaman kalau menyewa mobil. Sewa mobil di momen hari raya lebih mahal tarifnya, jadi mau tidak mau saya harus menyiapkan dana lebih untuk menyewanya.
 
Biasanya sih setelah Lebaran usai, uang THR pun ikut usai alias habis. Tapi dua tahun ini (entah kenapa 2 tahun melulu) saya bisa menyisihkan sebagian THR untuk hal lain. Tahun lalu, saya bisa merenovasi kamar dengan uang sisa THR. Sedangkan untuk tahun ini saya bisa menyisihkan untuk keperluan anak sulung saya yang akan masuk SMK Farmasi. Alhamdulillah :)




Posting Komentar

12 Komentar

  1. Alhamdulillah ya mbak, uang THR-nya bisa disisihkan untuk tabungan. Aku selalu salut sama mereka yang mudik karena pasti banyak pengeluaran dan pastinya harus pintar-pintar mengelola uang THR agar bisa digunakan secara maksimal...

    www.talkativetya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, alhamdulillah..soalnya uang dikeluarkan sesuai kebutuhan saja :)

      Hapus
  2. karena lebaran kali ini barengan sm kenaikan kelas anak2 n ajaran baru..
    THR buat bayar uang tahunan anak2, uang masuk TK dek Paksi dan beli peralatan sekolah baru buat mrk. baju lebaran mrk malah ga saya belikan yg baru mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. mbak Ophi, karena barengan jadinya pengeluaran dobel ya
      Saya juga hanya membelikan baju buat si bungsu aja..hehe

      Hapus
  3. Semoga berkah ya mbaa THR nyaa

    BalasHapus
  4. Untuk di tam=bung mba :) manakala ada kebutuhan mendadak bisa di ambil dan kita ingat siapa yang ngasih THR tersebut :)

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah taun ini aku jg bisa nabung dari THR. Kikiki. Biasanya ludes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...semoga makin banyak tabungannya, biar bisa travelling kemana-mana ya :D

      Hapus
  6. Banyak banget ya keperluan untuk tahun ini mbak Ika, Alhamdulillah bisa cukup :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..Alhamdulillah ya mbak Wati, meskipun tidak berlebih tapi harus bersyukur, berapapun yang kita dapat :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com