Jangan Lakukan Hal Ini Kalau Tak Ingin Gagal Ikut Lomba!

Dear Friends, 
Jangan lakukan hal ini kalau tak ingin gagal ikut lomba!  Judulnya "ngeplak" banget ya (terutama buat yang nulis). LOL. Saking seringnya gagal ikutan lomba, akhirnya saya bikin deh tulisan ini. Bukan untuk menggurui sih,  hanya sekedar berbagi pengalaman saja. Ini juga sekaligus jadi pengingat, supaya besok-besok nggak gagal lagi kalau mau ikutan lomba.

Sebenarnya apa aja sih, yang biasanya menjadi penyebab kegagalan kita ikut lomba?

sumber : akuinginsukses
Lupa Deadline
Saya pernah gagal ikut lomba dan itu membuat saya nyesel setengah mati karena lupa deadline. Pas mau nulis ternyata udah lewat deadline lombanya. Huhu. Padahal lomba itu hadiahnya gede dan kece, diantaranya ada Iphone idaman saya. Tahu sendiri kan, harga iphone terbaru sekarang berapa? Kalau harus beli pake duit sendiri kayaknya harus nabung dulu beberapa tahun. Keburu ganti type dan mode lagi, kan. Nyesel banget, deh *kayak udah pasti menang aja. LOL.
Makanya sekarang saya tandai atau tulis gede-gede lomba yang akan saya ikuti, biar nggak lupa deadline.

Menunda-nunda Waktu untuk Menulis
Biasanya kalau ada lomba, saya selalu bookmark link nya. Cuma bookmark doang sih, haha. Waktu lomba yang biasanya panjang membuat saya terlena dan selalu menunda untuk mulai menulisnya.

"Besok aja ah, kan masih lama"
"Ah, deadline masih lama, ntar aja ah nulisnya"
"Masih ada waktu, besok aja lah nulisnya. Paling juga sejam dua jam jadi"

Iya, bisikan-bisikan setan itu yang membuat saya menunda-nunda untuk menulis. Akibatnya bisa ditebak lah. Pada hari H deadline lomba, saya kalang kabut. Nggak ada ide mau nulis apa, padahal waktu terus berjalan. Ditambah lagi timeline Facebook sudah penuh dengan postingan-postingan peserta lomba lain. Duuh, jadi makin stress dan nggak bisa konsen lagi, kan?

Menulis Tanpa Konsep
Kesalahan ini sering banget saya lakukan. Duduk di depan laptop, menatap nanar layar monitor tanpa mengetik satu kata pun. Menulis tanpa konsep, bagaikan berjalan di dalam kegelapan. Meraba-raba. Nggak ada bayangan sama sekali tentang apa yang akan ditulis. Yekan. Tahu-tahu waktu deadline tinggal 10 menit lagi. Akhirnya lewat deh, nggak jadi ikut lomba. Hadeuh. Makanya sekarang sebelum menulis, saya menentukan dulu konsep apa yang akan saya tulis. Jadi, waktu saya nggak akan habis karena bengong di depan laptop. 

Menganggap Enteng Tema Lomba
"Ah, temanya gampang banget. Santai aja, aku pasti bisa nulis dalam beberapa menit". Jujur, saya juga sering banget meremehkan sebuah tema lomba. Kesombongan saya justru membuat saya terlena. Ide-ide yang seharusnya muncul dan dituliskan mendadak hilang. Tema yang sebelumnya saya anggap enteng mendadak jadi susah untuk saya tuliskan. Kalau sudah begini, mau apa? 

Tidak Percaya Diri
Rasa tidak percaya diri ini biasanya muncul begitu mengetahui siapa rival kita dalam mengikuti lomba. Apalagi kalau melihat peserta lainnya adalah orang-orang yang langganan juara. Pokoknya begitu mendengar namanya sudah keder duluan. Baca postingan peserta lain yang bagus-bagus malah nyali kita makin mengkeret. Akhirnya, batal deh ikutan lomba. Padahal, belum tentu juga dia yang menang kan. Tipe juri kan beda-beda, siapa tahu tulisan kita menemukan takdirnya untuk menang. Yekan. *ngomong sambil ngaca, sis!

Mudah Terpengaruh Orang Lain
Kadang kita dengan mudahnya terpengaruh orang lain. Misalnya ada seseorang yang biasanya getol ikutan lomba, tiba-tiba nggak ikut lomba, eh kita ikut-ikutan. Karena ada yang nggak ikut, kita jadi batal ikut lomba, deh. Padahal lumayan tuh, kalo banyak yang nggak ikutan kan peluang kita untuk menang lebih besar.

Nah, beberapa hal itulah yang biasanya membuat saya gagal ikut lomba. Belajar dari pengalaman itu, saya nggak ingin teman-teman juga melakukan hal yang sama. Jadi, kalau nggak mau gagal ikut lomba, jangan lakukan hal-hal yang bisa membuat kalian gagal ikut lomba.




Posting Komentar

61 Komentar

  1. akhir-akhir ini saya sering jadi deadliner, abis gimana masih ada utang tulisan yg mesti didahulukan. Tapi soal menyepelekan ini emang nggak boleh sama sekali. Saya biasanya sambil ngedraft dikit2 dan edit gambar.
    Karena sekali aja ada pikiran sombong gitu, kelar hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...jadi galau ya, di satu sisi harus menuntaskan utang tulisan, di sisi lain pengen ikutan lomba, hehe
      Skala prioritas, mbak

      Hapus
  2. Ya ampun Mba Ikaaa, aku banget ini . Huwaaa. Sebenernya kalau nggak mau keder dan jiper dengan peserta lain, kita harus posting duluan. Abis itu udah.
    Kalau menunda-nunda, terus lihat postingan peserta lain yang uwow bagus2 amat, langsung keder, nggak pede dan akhirnya nggak jadi ikut. Hiks hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun, Nyaaak. kadang kurang pede atau jiper masih ada, tapi yowes lah sekarang mantep aja, yang penting ikut. Siapa tahu aja, tulisan kita berjodoh dengan hadiahnya, haha

      Hapus
  3. yang menunda-nunda itu, saya banget Mba Ikaa :(
    kalo dulu, sebelum ikut lomba selalu ngintipin tulisan teman-teman, tapi itu malah membuat saya jadi gak percaya diri, sekarang cara itu udah gak kulakukan lagi, pokoknya nulis aja dulu, perkara tulisanku bagus atau gak urusan belakangan, hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..bener banget mbak Ira, yang penting sekarang bisa ikutan lomba. Gitu aja lah...mau menang atau kalah, urusan belakangan ya mbak :)

      Hapus
  4. Kelemahan utama yang terakhir itu. Aku mudah baper juga. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...aku juga, Nisa. Lagi berusaha ngilangin itu, ah. Jadi siri sendiri aja

      Hapus
  5. Semua pasti pernah melakukn salah satunya, ya? :'D

    BalasHapus
  6. Intinya, nggak meremehkan, tapi juga jangan terlalu minder. Dibawa santai. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups...bener banget mbak Esti, jangan meremehkan tapi nggak boleh terlena juga.

      Hapus
  7. Duh, kayaknya yg ditulis di atas aku semua mbak ika, piye ikih.. hiksss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..toss mbak Wahyu, kok sama denganku :p

      Hapus
  8. eerrrrrrrr ini saya banget... makanya gak pernah menang lomba.. hiks

    BalasHapus
  9. Hihi...GA Mbak Wati, bakmi mewah, lewat semua gara-gara poin di atas. Hahaha.

    BalasHapus
  10. Ini bener banget mba awalnya semangat tp pas ilang ide tar aja deh. Dan tau2 detlen sudaj. Huwa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbaak Untari, kebiasaan banget kayak gitu aku :p

      Hapus
  11. smuanya ada di akuuuhhhh, makanya aku sering kalah, :(
    kudu berbenah mmg y mbk, gk boleh gt, makasih udh ngingetin eikeh mbk,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun sama Muma...makanya aku lagi perbaikan eh introspeksi diri niih.. :D

      Hapus
  12. Entah kenapa ide suka mak bedunduk muncul baru mendekati deadline 😫😫

    BalasHapus
  13. jangan kapok terlibat drama lomba.

    Menang ga menang yg penting apdet tulisan di blog. :D
    Aku lagi mentok ide soalnya. Liat tema lomba, yaudahlah tulis itu aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...hihi, ada dramanya malah seru ya

      Hapus
  14. Minder duluan sama klewat deadline biasanya

    BalasHapus
  15. Hiks...hampir smua yg diatas itu aku banget mbak tambahin baper sama para blogger kece maka lengkaplah sudah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...aku juga sama, say. Mbaper setelah ga jadi ikut lomba dan banyak teman-teman kita yang menang :D

      Hapus
  16. Itu aku banget awal2 ngeblog mbak. Sekatang mah uda nemu prinsip sejati blogging : "penting gak penting, yang penting nulis" nulis aja sesukanya, sesuai mood yg kita punya. Banyak2in aja ikut lomba. Pasti tar ada yg nyantol juga. Hihihi *biar PD nih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini bener banget mbaak...sekarang yang penting mah nulis aja ya..

      Hapus
  17. Paling sering yg deadliner. Ketika udah mepet deadline ada aja kendalanya jadi nggak nulis deh. Ditambah ngeper dulu sama yg sering menang lomba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang ide muncul detik-detik terakhir deadline ya, hehe

      Hapus
  18. saya seringnya belum dapat tema oke sampai deadline menjelang. yaudah nyerah deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..kadang ga ada ide ya mbak, buat ditulis :D

      Hapus
  19. Aku seringnya krn ga PD duluan mbak.. Liat pesertanya keren2, waahh mikirnya udh pasti kalah deh :D. Trs aku juga suka blank gitu pas mau nulisnya.. Ujung2 malah jd batal ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sering nggak pede mbak kalo liat peserta lain yang oke-oke banget tulisannya, jadi jiper. Kalo sekarang mah..pokoknya ikut gitu :D

      Hapus
  20. Mbak Ika, aku jarang ikutan lomba. Sekalinya niat ikut, seringnya gagal karena lupa deadline :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...malah santai jadinya ya mbak Eva, nggak ikut lomba-lomba.. :D

      Hapus
  21. Plak plak plak banget... Suka gak jadi nulis krn udah gak pede dulu lihat saingannya :(

    BalasHapus
  22. Saya jg lom pernah menang. Hehe...Ikutan giveaway saya yuk. Masih semalam lho dan yg ikut msh sedikit...��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa dihitung pake jari menangnya..haha

      Hapus
  23. Nah kalau aku agak susah nentuin judul, dan kadang suka lebih banyak gambar tapi kata yang kurangkai jadi dikit,iya ya biar menang yang hadiah utama, aku hanya baru menang uang tunai mayanlah, seringnya voucher ama pulsa, hadiah hiburan dan buku hehehe, kudu banyak belajar ini mah 😀

    BalasHapus
  24. Nah kalau aku agak susah nentuin judul, dan kadang suka lebih banyak gambar tapi kata yang kurangkai jadi dikit,iya ya biar menang yang hadiah utama, aku hanya baru menang uang tunai mayanlah, seringnya voucher ama pulsa, hadiah hiburan dan buku hehehe, kudu banyak belajar ini mah 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku salut banget sama mb Vita..bisa nulis cepet, bahkan rajin ikut lomba :D

      Hapus
  25. Ga pede dan suka prokastinasi itu problemku...hehehe, kadang klk ikut lomba yg syaratnya banyaaak bgt juga suka jd males ikutnya, Mba...takut ada syarat yg kelupaan dipenuhi. Nice sharing, Mba 😊

    BalasHapus
  26. Hehe..iya, kadang ada lomba yang syaratnya ribet ya :D
    kapan-kapan coba ikutan mbak, seru loh

    BalasHapus
  27. Wahh plak banget buat saya yg detlener.hihihi

    BalasHapus
  28. Aku baca ini sambil ngaca dong sist! 🙈🙈

    Beberapa aku banget itu Mba Ika.. Mulai dari lupa deadline, nunda-nunda nulis,😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sambil ngaca kok sis...haha, ini kan aku banget :p

      Hapus
  29. Gampang terpengaruh tulisan orang itu emang bencans, yg tadinya kita pede langsung ngedown begitu tau ada yg lebih cetar hihi, akhirnya gagslkeun diri ikutan lomba, uda tau si bskalan kalah huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...padahal belum tentu juga tulisan orang lain itu yang menang kan ya

      Hapus
  30. Terpengaruh karya orang lain, kayaknya itu deh yg paling sering, keder duluan ngeliat karya sesama peserta lomba yg bagus-bagus, jadinya nulis malah gak konsen. Terus masalah deadline juga suka lupa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...sama mbak, apalagi kalo udah liat postingan bloger2 yang langganan juara.

      Hapus
  31. rasa malas ini membunuh kreatifku huhuhuhu

    BalasHapus
  32. aku mbak udah ngedraft tulisan lalu malas ngelanjutin, baru H-2 deh digarap lalu puyeng karena deadline

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata banyak yang gitu ya...udah ngedraft, males buat ngelanjutin hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com