5 Hal yang Harus Dikuasai Agar menjadi Freelancer Sukses

5-hal-yang-harus-dikuasai-agar-menjadi-freelancer-sukses

Dear friends,

5 hal yang harus dikuasai agar menjadi freelancer sukses. Freelancer adalah sebuah pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin mendapatkan uang ekstra atau sekadar mencari pengalaman. Meski penghasilan seorang freelancer tidaklah menentu, namun jika ditekuni dan dilakukan dengan benar, penghasilan seorang freelancer bisa melebihi mereka yang memiliki pekerjaan tetap, lho. 

Nah, untuk menjadi seorang freelancer yang sukses, setidaknya kita harus memiliki syarat dan kemampuan berikut ini. 

Apa saja?

Menjadi seorang freelancer bukan soal hard skill saja, tetapi juga soft skill. Jika kita sudah punya hard skill yang dibutuhkan untuk jadi freelancer, saatnya melengkapi diri kita dengan sederet soft skill yang tak kalah penting. Pasalnya, hard skill bisa saja dimiliki banyak orang.

Namun, soft skill ini bisa membedakan kamu dari para freelancer yang lainnya. Apa aja sih soft skill yang harus kita kuasai ini?

Kemampuan Memanage Waktu

Skill manajemen waktu sangat penting bagi freelancer. Pasalnya, freelancer bisa bekerja kapan saja. Hal ini memang merupakan salah satu kelebihan dari kerja lepas. Akan tetapi, bagi orang yang kurang bisa mengelola waktunya dengan baik, bekerja sebagai freelancer justru bisa jadi suatu hal yang menantang.

Tanpa kendali diri yang baik, akan sulit bagi kita  untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang sudah dijanjikan dengan klien. Jika sampai terjadi hal seperti ini, kita akan dianggap kurang profesional dan tidak menghasilkan pekerjaan yang memuaskan.

Nah, salah satu cara yang paling jitu agar bisa lebih baik dalam mengelola waktu adalah dengan menggunakan tools untuk membantu kita dalam hal manajemen waktu. 

Kemampuan Sales dan Negosiasi 

Kemampuan sales dan negosiasi adalah dua skill berikutnya yang dibutuhkan oleh freelancer karena bekerja sendiri, kamu harus bisa memasarkan jasamu secara mandiri pada calon klien yang potensial. Bukan hanya menarik calon klien saja, kamu juga nantinya harus menjalin hubungan agar orang-orang mau menggunakan jasamu lagi dan lagi.

Saat ada yang tertarik menggunakan jasamu, kita juga harus pintar-pintar bernegosiasi agar tidak dibayar terlalu rendah.

Dua skill ini sangat penting untuk memastikan kita akan mendapatkan penghasilan yang stabil dan cukup untuk kebutuhanmu sehari-hari.

Skill komunikasi masih erat hubungannya dengan poin sebelumnya, yaitu sales dan negosiasi. Untuk bisa mempromosikan diri dan bernegosiasi dengan baik, tentunya kita harus memiliki skill dasar komunikasi terlebih dahulu. Dengan kemampuan ini, kita bisa menjadi proaktif saat dikontak klien.

Komunikasi juga tentu dibutuhkan selama kamu bekerja dan menyelesaikan suatu proyek. Klien perlu komunikasi yang jelas agar tahu sudah sampai mana perkembangan pesanannya. Kamu juga harus bisa menjawab pertanyaan mereka dengan baik agar semuanya jelas dan berjalan lancar.

Selain itu, kemampuan tersebut juga dibutuhkan untuk networking dengan freelancer lainnya. Tentunya, ini sangat penting untuk pekerja lepas.

Kemampuan Digital Marketing

Salah satu skill yang perlu dimiliki oleh seorang freelance yakni digital marketing. Dengan memiliki skill digital marketing, cakupan pekerjaan yang bisa kamu ambil pun semakin banyak. Umumnya, profesi sebagai digital marketing akan diminta untuk mengurus search engine marketing, social media marketing, email marketing, PPC, SEO management, dan lain sebagainya. 

Sebagai informasi, saat ini profesi sebagai digital marketing banyak dicari oleh perusahaan, lho. Tak jarang beberapa bisnis dengan skala menengah juga membutuhkan jasa digital marketing untuk menunjang keberlangsungan bisnisnya.

Kemampuan Web Designer

Berbagai bidang bisnis membutuhkan website sebagai media promosi, penjualan produk, dan meningkatkan kredibilitas bisnisnya, maka tidak heran banyak bisnis yang membutuhkan jasa website designer. Untuk menjadi seseorang website designer nampaknya kita harus mulai belajar kemampuan dasar-dasarnya, seperti CSS, HTML, dan Javascript memang tidak mudah tapi jika kita memiliki tekad yang kuat bukan hal sulit untuk mempelajarinya.

Hal ini membuat saya bertekad untuk mulai mempelajarinya. Nggak ada kata terlambat buat belajar, kan. 

Kemampuan Video, Fotografi dan Editing 

Salah satu hard skill yang kini banyak dicari ialah editing video. Hal ini dikarenakan pertumbuhan industri digital kreatif yang juga semakin pesat. Digital kreatif sendiri erat kaitannya dengan pembuatan konten dalam berbagai bentuk, termasuk video. Dalam hal fotografi, jika kita mahir menggunakan tools editing foto seperti Photoshop, itu akan membuat nilai kita semakin tinggi. 

Profesi ini banyak dicari oleh perusahaan maupun agensi, misalnya untuk foto produk, perikanan, hingga foto wedding. 

Kemampuan Manajemen Stress


Banyak suka duka yang sering freelancer alami dari waktu ke waktu. Bukan hanya waktu yang perlu dikelola, tetapi stres juga perlu, lho.Sebagai freelancer, burn out bisa datang kapan saja. Parahnya lagi, ketika burn out datang, semangat bisa hilang seketika. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen stres yang baik. 

Hindari terlalu lama bekerja dalam satu waktu dan pastikan untuk mengambil project sesuai kapasitas kita. Jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, ya. Pasalnya, dampak dari stres tidak hanya mengganggu pekerjaan tetapi berdampak pada kesehatan fisik juga. 

Itulah mengapa kita harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. 

Itulah beberapa kemampuan  yang dibutuhkan untuk menjadi freelancer sukses. Yuk, kembangkan keahlian yang kamu punya dan manfaatkan untuk berkarir sebagai freelancer. 

Jangan cepat puas dengan skill yang sudah kita miliki, ya karena dunia digital selalu berkembang mengikuti jaman. 

Waktu terus berputar, begitu pun teknologi yang semakin berkembang. Terus belajar dan asah skill yang kamu miliki hingga menjadi freelancer yang andal. 

Siap bersaing?




Posting Komentar

2 Komentar

  1. setuju banget sama manajemen stress, mungkin orang menganggap hal ini sepele namun kenyataan sulit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um, kadang kalo lagi stress bener2 ga mau ngapa2in, jadi menunda-nunda kerjaan juga kan

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com