Cegah Kanker dengan Lakukan Kebiasaan Ini!


Dear friends,

Cegah kanker dengan lakukan kebiasaan ini. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Hampir 90% orang yang terkena kanker sulit untuk diobati apalagi jika sudah stadium 2 ke atas. Untuk mencegahnya kita harus ekstra hati-hati dalam segala hal, mulai dari gaya hidup, pola makan, maupun lingkungan sekitar.

Apa itu kanker?

Menurut Wikipedia, kanker juga biasa disebut neoplasma ganas merupakan penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya, bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Nah, tiga karakter ganas inilah yang membedakan antara kanker dan tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, namun ada beberapa yang tidak, contohnya seperti leukemia.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Untuk mendiagnosis kanker biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan cara biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Kebanyakan kanker dapat menyebabkan kematian. Beberapa kasus yang terjadi pada survivor cancer seperti Ria Irawan, Julia Perez contohnya. Mereka sudah menjalani perawatan bertahun-tahun tetapi akhirnya tidak dapat bertahan.

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Meski begitu, jika diketahui sejak dini dan melakukan perawatan rutin, kanker bisa disembuhkan kok. Ada banyak juga survivor cancer yang bisa sembuh dari kanker. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal didiagnosis kanker.

Bagaimana Cara Agar Terhindar dari Kanker?

Penyakit kanker biasanya muncul ketika si penderita memiliki pola hidup yang tidak sehat.  Biasanya kanker terdeteksi jika sudah mencapai stadium lanjut. Kebanyakan dari penderita tidak menyadari bahwa mereka sudah terkena kanker.

Berbanding terbalik dengan biaya pengobatan, cara mencegah kanker sebenarnya murah dan mudah. Menerapkan gaya hidup sehat merupakan dasar dari cara mencegah terjadinya kanker. Seperti ungkapan "lebih baik mencegah dari pada mengobati" maka untuk mencegah kanker diperlukan pengetahuan yang luas, serta disiplin dalam menjaga kualitas hidup.



Agar penyakit kanker tidak menghinggapi tubuh kita, lakukan cara-cara sederhana seperti berikut ini :

  •  Menjalankan Pola Hidup Sehat
    Sebenarnya jika ada kemauan, mudah sekali menjalankan pola hidup sehat sebagai gaya hidup. Akan tetapi lingkungan sangat memengaruhi seseorang untuk hidup sehat. Bila tidak punya komitmen yang kuat akan hidup sehat, biasanya seseorang akan kembali pada pola hidup tidak sehat. Butuh komitmen yang kuat bagi seseorang yang ingin terhindar dari berbagai penyakit terutama kanker.
  • Tidak Merokok
    Jauhi rokok. Bila kalian seorang perokok, usahakan untuk berhenti. Untuk kita yang tidak merokok, sebisa mungkin menghindari asap rokok. Perokok pasif memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit dibanding perokok aktif itu sendiri.
  • Tidak Minum Alkohol
    Alkohol dalam jumlah tertentu mungkin bisa jadi obat, tetapi jika dikonsumsi dengan berlebihan akan membahayakan bagi kesehatan. Resiko terbesarnya adalah terkena kanker. Daripada mengonsumsi alkohol, lebih baik konsumsi air putih yang baik bagi kesehatan.
  • Rutin Berolahraga
    Banyak orang yang hanya suka berwacana untuk rutin berolahraga ini itu, namun kenyataannya tak pernah dilakukan (ini ngomongin diri saya sendiri. LOL). Padahal olaraga itu cara paling gampang untuk sehat. Nggak perlu pergi ke gym atau beli alat olahraga mahal. Cukup rutin jogging atau jalan kaki di sekitar rumah seminggu 2 sampai 3 kali selama 30 menit hingga 1 jam. Badan akan terasa lebih ringan dan bugar.
  • Konsumsi Makanan yang mengandung Antioksidan
    Makanan yang kaya akan antioksidan bagus sekali untuk mencegah kanker, misalnya bawang putih, daun kelor (moringa), minyak zaitun (olive oil), kurma, anggur, dan sebagainya. Kalian bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi berbagai makanan itu secara rutin.
  • Konsumsi Buah dan Sayuran
    Kebiasaan baik yang akan membawa kita kepada kualitas hidup yang lebih sehat adalah mengonsumsi buah dan sayur. Makan sebutir apel tiap pagi akan membuat kesehatan kita lebih baik. Ingat pepatah "one apple a day, makes doctor away".  Kebiasaan sederhana tetapi bisa membuat hidup kita sempurna. 




Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lakukan kebiasaan hidup sehat sebelum menyesal nanti. Hidup sehat itu mudah dan murah, asalkan kita berkomitmen supaya kualitas hidup kita terjaga dan hidup sehat sampai tua.

Menjaga kesehatan adalah salah satu upaya mencintai diri sendiri. Bagaimana orang lain akan mencintai kita kalau kita tidak mencintai diri kita?

Bagaimana denganmu, teman? Sudahkah memulai hidup sehat? Share cerita sehat kalian di komen, ya!




14 comments

  1. Aku juga suka makan buah-buahan n sayur2an, tp klu olhrg blum rutin. Hehe Kanker memang momok yg menakutkan ya mb

    ReplyDelete
  2. Pola hidup sehat, banyak makan buah, sayur, olah raga emang penting banget. Ditambah pikiran positif nih, buat hidup sehat maksimal.

    ReplyDelete
  3. Bener banget, menerapkan pola hidup sehat, olahraga, dan makan buah-sayuran menjadi cara paling efektif untuk mencegah penyakit kanker. Tentu saja didukung dengan pikiran yang sehat pula.

    ReplyDelete
  4. setuju, yang susah bagiku pola hidup sehat karena masih doyan gorengan dan tepung-tepungan hehehe, sudah gitu mulai malas buah pulak hiks

    ReplyDelete
  5. Sejak papa kena kanker hikmahnya kami semua jadi lebih jaga pola makan dan hidup lebih sehat lagi. Semoga kita selalu sehat ya mbak

    ReplyDelete
  6. Tiap dengar kata kanker jadi deg2an karena kayaknya sekarang makin banyak yang kena. Bener banget nih tipsnya untuk memulai hidup sehat dari sekarang.

    ReplyDelete
  7. Sahabatku bulan lalu baru saja meninggal karena kanker ovarium. Anak sahabatku yang lain meninggal beberapa bulan sebelumnya karena kanker kelenjar getah bening. Semoga dengan ikhtiar kita mengonsumsi makanan sehat bisa bikin daya tahan tubuh semakin meningkat ya mbak Ika?

    ReplyDelete
  8. Buat menghindari penyakit kanker aku sudah melakukan semua itu, selain bnyak konsumsi buah dan sayur aku juga minim rimpang ala dr Zaidul akbar hehe

    ReplyDelete
  9. Menjaga pola makan hidup sehat memang wajib banget ya. Selain menghindari kanker Juga menghindari dari penyakit yang lain.

    ReplyDelete
  10. Kanker, serem ya dengernya. Pola makan sehat, gaya hidup sangat perlu diperhatikan. Tak kalah juga yang penting, pikiran juga mesti stay positif.

    ReplyDelete
  11. Yuk semangat sehat biar panjang umur dan bahagia, jalan-jalan lagiii

    ReplyDelete
  12. aku anaknya males banget olahraga. kalo buah palingan diganti sama jus aja. duh harus mulai ngubah pola hidup nih

    ReplyDelete
  13. Hidup sehatku masih belum terkendali mba Ika wkwkwk malu deh rasanya
    masih kalah denganmu. Ingetin terus aku ya Bun.

    ReplyDelete
  14. One apple a day, makes doctor away and our life healthier.
    Hehehe, edisi nambahin sendiri quote baiknya

    Semangat sehat mbak Ika ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com