Tips Hidup Sehat di Usia Cantik



Dear friends,

Alhamdulillah kemarin saya menginjak usia 41 tahun, usia dimana banyak orang bilang "usia cantik". Padahal kenyataannya usia 40an itu kebanyakan wanita udah nggak pede dibilang cantik. Pasalnya, usia 40 kulit sudah mulai mengendur, kerut-kerut mulai terlihat, badan mudah lelah dan berbagai masalah lainnya. 

Saya sendiri di usia 40an saat ini nggak mau kalah sama umur. Makin banyak aktivitas dan pekerjaan yang saya lakukan, meskipun sudah tak selincah dulu. Sejak tahun lalu, saya mulai mengatur dan memperbaiki kembali pola hidup sehat. Saya mulai  olahraga lagi meski hanya jalan kaki dan senam di rumah. Saya juga mengubah pola makan sehat, seperti mengurangi konsumsi karbo, gula dan gorengan serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. 

Agar tubuh tetap sehat dan berumur panjang, ada beberapa gaya hidup sehat yang layak diikuti. Di samping itu, kita juga bisa mencoba beberapa kebiasaan baik yang bermanfaat. Apa saja gaya hidup sehat dan kebiasaan baik tersebut?

1. Olahraga yang teratur
Olahraga adalah investasi bagi kita yang ingin berumur panjang. Dengan olahraga yang teratur, sistem kekebalan tubuh meningkat, sehingga tubuh tak mudah terserang bakteri atau radikal bebas. Olahraga juga terbukti menyehatkan saraf, tulang, aliran darah, serta membersihkan racun dalam tubuh.

2. Tidur yang cukup
Gaya hidup sehat di usia 40 tahun ialah dengan tidur yang cukup. Cara ini ampuh membuat kinerja organ tubuh normal, daya tahan tubuh terjaga dengan baik, dan terhindar dari serangan penyakit menular.

3. Minum air putih yang cukup
Minum air putih minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter agar tubuh tidak dehidrasi, mencegah kelelahan, menjaga stamina tubuh agar tetap stabil sehingga akhirnya tubuh tidak mudah jatuh sakit. Saya sih biasanya minum air putih lebih dari 2 liter per hari.

4. Jalani pola makan sehat
Menjaga pola makan sehat adalah gaya hidup vital bagi kita yang telah menginjak usia 40 tahunan. Jika tubuh mendapat asupan makanan dengan gizi kurang sempurna, besar kemungkinan tubuh kita akan cepat terserang penyakit. Mengkonsumsi makanan sehat juga membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, loh.

Hindari mengonsumsi makanan siap saji secara berlebihan karena makanan ini biasanya mengandung pengawet berlebih dan lemak jenuh. Kandungan ini bisa mengakibatkan kegemukan, kelainan fungsi otak, serta kelainan fungsi ginjal dan hati. Hindari pula makanan dan minuman terlalu manis karena berisiko menimbulkan diabetes. Kita perlu juga menghindari konsumsi kafein berlebih karena bisa mengganggu pernafasan, penyumbatan aliran darah, dan mengganggu saraf-saraf di bagian kepala.

Setelah itu, coba jalani diet seimbang untuk mengikis penumpukan lemak dalam tubuh. Diet yang seimbang juga berguna mempertahankan kadar gula, garam, dan kolesterol dalam tubuh. Sebagai pelengkap, kita bisa mengonsumsi suplemen makanan sehat yang membantu memenuhi kebutuhan tubuh kita akan nutrisi seimbang.

5. Tetap berpikiran positif
Pola hidup sudah baik, maka jangan lupa untuk selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif, maka kita akan selalu optimistis untuk mengerjakan segala sesuatu dan dapat menyebarkan aura positif kepada orang lain. Jika pikiran kita selalu dipenuhi oleh hal-hal yang positif, hidup pun lebih bahagia dan tubuh semakin sehat.

Menjalani pola hidup sehat dan kebiasaan baik di usia 40 tahunan bukanlah hal yang sulit. Dengan tekad agar bisa menghabiskan waktu bersama orang tercinta lebih lama, pastilah kita bisa menjalani hidup sehat dengan semangat di usia cantik.




1 comment

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com